Apakah Dropshipping Mati pada Tahun 2023?

Apakah dropshipping mati pada tahun 2023?

Banyak yang tertarik atau bercita-cita memiliki bisnis dropshipping yang sukses sering kali menanyakan pertanyaan ini.

Ukuran pasar global untuk dropshipping telah berkembang secara eksponensial dalam dekade terakhir, sehingga menjadikan industri dropshipping sangat jenuh.

Apakah ini berita baik atau buruk bagi siapa pun yang ingin memulai bisnis tipe ini?

Dan apakah Anda dapat menghasilkan uang secara online menggunakan model bisnis ini?

Apakah ini seuntung yang dibicarakan?

Panduan ini adalah yang Anda butuhkan untuk membantu Anda menafsirkan apakah ada potensi untuk membangun bisnis dropshipping yang menguntungkan atau apakah tidak ada lagi pasar untuknya.

Sebelum Anda meluncurkan toko belanja online Anda untuk produk dropshipping, baca terlebih dahulu.

 

Dropshipping vs Model Bisnis Lainnya

Dropshipping vs other Business Models

Jika Anda merasa bahwa dropshipping bukan pilihan yang cocok untuk Anda, ada model bisnis lain yang dapat Anda eksplorasi.

Alternatif pertama untuk bisnis dropshipping adalah program FBA oleh Amazon.

FBA merupakan singkatan dari Fulfillment by Amazon di mana Anda membayar biaya untuk mengirimkan produk Anda ke pusat pemenuhan Amazon di mana karyawan mereka dapat mengelola inventaris Anda, mengemas, dan mengirim pesanan pelanggan atas nama Anda.

Anda akan memanfaatkan layanan pelanggan, pengemasan, dan keuntungan lainnya dari bekerja dengan platform Amazon untuk menggebrak bisnis online Anda.

Pilihan lain untuk model bisnis adalah cetak sesuai permintaan. Ini mirip dengan model bisnis dropshipping. Ketika pelanggan melakukan pesanan, Anda akan memberi tahu pemasok Anda tentang pesanan tersebut.

Pemasok akan mencetak pesanan klien dan mengirimkannya kepada pelanggan. Cetak sesuai permintaan berbeda dari dropshipping karena opsi kustomisasi.

Oleh karena itu, harapkan biaya awal yang lebih tinggi dan margin keuntungan yang lebih rendah dengan model bisnis ini.

 

Mengapa Memilih Dropshipping?

Untuk membantu Anda menjawab pertanyaan apakah dropshipping sudah mati, mari kita lihat lebih dekat model dropshipping dan pro dan kontranya.

Keuntungan utama dropshipping pada tahun 2023 adalah sebagai berikut:

• Biaya awal yang rendah

• Banyak pilihan pemasok dropshipping

• Mudah untuk memulai

• Mudah untuk tumbuh dan berkembang

• Beberapa platform yang dapat dipilih

Kerugian utama yang dapat diharapkan ketika melakukan dropshipping adalah sebagai berikut:

• Kurangnya branding pribadi untuk toko online Anda

• Margin keuntungan rendah (meskipun ini dapat bervariasi berdasarkan produk yang dipilih)

• Waktu pengiriman sulit untuk diestimasi

• Kualitas produk mungkin tidak baik (ini bisa menjadi uji coba dengan pemasok dropshipping Anda)

 

Apakah Dropshipping Mati pada Tahun 2023 atau Masih Menguntungkan?

Dropshipping masih jauh dari kata mati.

Sebenarnya, model bisnis ini terus tumbuh, berdasarkan analisis Google Trends. Dalam lima tahun terakhir, bisnis dropshipping terus berkembang, dan permintaan untuknya juga meningkat.

Semuanya tentang membangun taktik dan strategi yang tepat untuk bisnis e-commerce Anda agar dapat tumbuh.

Berikut adalah statistik penting tentang dropshipping pada tahun 2023 yang menunjukkan bahwa bisnis ini masih jauh dari kata mati:

• 35% dari total penjualan Amazon berasal dari dropshipping

• 30% dari bisnis e-commerce telah mengadopsi model bisnis dropshipping

 

Dropshipping Tidak Mati: Tips untuk Toko Dropshipping Sukses pada Tahun 2023

Tips for a Successful Dropshipping Store

Jika Anda ingin memiliki toko dropshipping yang sukses, Anda perlu mengikuti tips ini tentang cara memulai perjalanan dropshipping Anda.

 

Tip 1: Pilih niche dropshipping Anda

Jenis toko e-commerce yang akan Anda buka sangat penting karena ini akan menentukan produk apa yang akan Anda jual melalui platform. Misalnya, Anda dapat membuka toko umum di mana Anda menawarkan berbagai produk kepada calon pelanggan.

Ada banyak keuntungan dalam memilih jenis toko ini karena Anda dapat menambahkan produk paling menguntungkan ke toko Anda dan tidak terbatas dalam niche yang Anda pilih.

Namun, ini dapat menjadi kompetitif dan kurang memiliki diferensiasi, sehingga sulit bagi Anda untuk menarik pelanggan setia.

Di sisi lain, Anda dapat memilih untuk mendirikan bisnis dropshipping niche. Anda dapat fokus pada berbagai niche seperti produk rumah, perlengkapan hewan peliharaan, atau fashion.

Tergantung pada jenis niche yang Anda pilih, Anda dapat menemukan pemasok dropshipping yang dapat menyediakan produk untuk toko Anda.

Penting untuk melakukan penelitian tentang pro dan kontra setiap pilihan dan memilih apa yang Anda yakini terbaik untuk tujuan bisnis Anda.

 

Tip 2: Pilih platform dropshipping Anda

Ada beberapa platform yang dapat Anda pilih untuk toko dropshipping Anda. Pilihan platform ini sangat penting karena Anda dapat memanfaatkan popularitas platform e-commerce tersebut untuk keuntungan Anda.

Oleh karena itu, ini dapat secara langsung memengaruhi kemampuan Anda untuk memaksimalkan keuntungan dan penjualan.

 

Dropshipping eBay

Salah satu platform paling populer untuk dropshipping adalah eBay. Tetap menjadi salah satu opsi teratas bagi dropshipper pada tahun 2023.

Kebijakan utama eBay adalah bahwa Anda hanya dapat melakukan dropshipping dengan menggunakan harga grosir dan dari pemasok.

Kebijakan ini diterapkan untuk meminimalkan penyebaran penipuan di eBay. Pastikan Anda menemukan pemasok dropshipping yang baik untuk memenuhi syarat dalam bisnis dropshipping eBay.

Kebijakan penting lainnya untuk dropshipper eBay adalah menjamin waktu pengiriman. Selalu menjadi tanggung jawab dropshipper ketika ada masalah selama proses pengiriman barang.

Jika Anda tidak memenuhi salah satu kebijakan di atas oleh eBay, Anda bisa mengalami penurunan peringkat penjual, pembatasan pembelian, kehilangan perlindungan pembeli, atau yang lebih buruk, suspensi akun.

Ketika Anda melakukan dropshipping dengan eBay, Anda dapat mencantumkan hingga 200 produk secara gratis. Oleh karena itu, biaya masuk yang rendah adalah salah satu alasan mengapa dropshipping eBay menjadi salah satu pilihan paling populer bagi mereka yang ingin menawarkan layanan dropshipping.

Keuntungan lain dalam memilih eBay sebagai platform adalah risiko rendah yang terlibat mengingat reputasi situs web, popularitas pasar, dan biaya yang lebih rendah dapat berarti margin keuntungan yang lebih tinggi.

Menjual produk di eBay sebagai dropshipper dimulai dari $7.95 per bulan untuk akun penjual (atau $4.95 untuk paket tahunan).

Ada juga fitur tambahan seperti iklan yang dipromosikan yang dapat Anda gunakan untuk memanfaatkan jangkauan ketika Anda menjual produk melalui eBay.

 

Dropshipping Shopify

Shopify adalah platform lain yang populer bagi mereka yang tertarik pada model bisnis dropshipping.

Platform e-commerce ini memungkinkan Anda untuk terhubung langsung dengan pemasok dropshipping yang akan memilih, mengemas, dan mengirim produk Anda untuk Anda.

Tidak ada investasi minimum yang terlibat dalam model bisnis ini.

Selain biaya awal yang rendah, memulai bisnis ini mudah karena formatnya yang disederhanakan. Tidak perlu menyimpan dan mengelola inventaris, yang dapat menambah biaya operasional jika Anda harus menyewa gudang.

Sementara itu, menemukan pemasok untuk produk dropshipping berarti Anda memiliki akses ke berbagai produk. Anda dapat menghilangkan kerumitan pengiriman barang sendiri karena pemasok dapat mengurusnya untuk Anda.

Dengan demikian, Anda dapat fokus pada pemasaran toko online Anda dan menghasilkan aliran pendapatan yang stabil.

Biaya rendah untuk memulai toko dropshipping Shopify berarti Anda dapat menggunakan dana yang dialokasikan untuk pemasaran bisnis Anda.

Dengan demikian, Anda dapat mengalahkan pesaing Anda dan mencapai target penjualan Anda.

Berikut adalah beberapa poin penting tentang dropshipping dengan Shopify untuk membantu Anda memutuskan apakah ini adalah platform yang tepat untuk Anda:

• Tema profesional untuk toko dropshipping Anda

• Lebih dari 100 gateway pembayaran untuk kenyamanan pembayaran oleh pelanggan Anda

• Manajemen inventaris yang efisien untuk memastikan Anda selalu memiliki stok untuk produk yang ingin dibeli pelanggan Anda

• Pengalaman pengguna dan pelanggan yang luar biasa dengan tim dukungan yang sangat baik

• Optimisasi mesin pencari dan alat lainnya untuk memasarkan bisnis dropshipping Anda

 

Dropshipping Amazon

Selain eBay, Amazon adalah salah satu platform paling populer untuk bisnis dropshipping.

Anda dapat memanfaatkan toko dropshipping Amazon Anda karena sudah ada jumlah lalu lintas yang signifikan ke situs web Amazon.

Anda juga menikmati kepercayaan merek Amazon saat mengirimkan produk kepada pelanggan.

Sementara itu, tidak ada batasan penayangan yang dikenakan pada akun Anda sehingga Anda dapat mencantumkan sebanyak mungkin produk yang Anda inginkan.

Proses pengaturan akun dan penayangan yang mudah membuatnya ideal bahkan untuk pemula dalam model dropshipping.

Anda dapat mendaftar untuk akun penjual perorangan di Amazon secara gratis. Sementara itu, akun penjual profesional biayanya $39.99 per bulan.

 

Aliexpress Dropshipping

Alasan yang jelas untuk memilih Aliexpress sebagai platform dropshipping Anda adalah akses ke berbagai produk dalam pasar Aliexpress.

Selama Anda dapat menghindari pemasok yang salah, Anda dapat dengan mudah menghasilkan pendapatan dari toko dropshipping Anda.

Anda tidak perlu membuat produk sendiri tetapi dapat menemukan pemasok untuk toko dropshipping Anda dan menargetkan pelanggan dari seluruh dunia.

Seperti platform lain yang terdaftar di sini, Anda hanya memerlukan investasi rendah untuk jenis bisnis ini.

Anda tidak perlu toko fisik untuk menjalankan bisnis ini, yang memberi Anda lebih banyak fleksibilitas dalam mengelola toko online Anda.

 

Walmart Dropshipping

Walmart adalah salah satu peritel terbesar di dunia. Ada lebih dari 10.000 toko di 27 negara.

Perusahaan ini berfokus pada memberikan nilai kepada pelanggan – dari harga rendah hingga layanan pelanggan yang sangat baik.

Oleh karena itu, ini adalah pilihan yang baik untuk dropshipping sehingga Anda dapat memanfaatkan reputasi merek dan berkembang dalam industri dropshipping.

Anda juga dapat mengharapkan lalu lintas tinggi dan biaya pemasaran yang rendah.

Selain itu, Anda memiliki kesempatan untuk menargetkan beberapa kategori sehingga Anda dapat memilih antara toko umum atau toko niche.

 

Apakah Dropshipping Mati? Kesimpulan

Dropshipping tidak mati, terutama pada tahun 2023. Kenaikan terus menerus dalam aktivitas e-commerce hanya menandakan satu hal: bahwa dropshipping akan naik bersama itu juga.

Jika Anda sedang mencari model bisnis yang menguntungkan, teruslah mencari.

Ada ladang emas peluang bagi Anda untuk membangun bisnis online yang sukses dengan dropshipping, selama Anda menginvestasikan waktu dan usaha untuk melakukan penelitian dan mengembangkan strategi bisnis yang baik.

Tidak ada bisnis – baik dropshipping maupun yang lain – yang dapat berhasil jika Anda tidak memiliki rencana yang baik.

Apapun platform yang Anda pilih untuk bisnis dropshipping Anda sendiri, pastikan untuk memaksimalkan platform tersebut dan memasarkan produk Anda dengan baik.

Anda akan menjadi salah satu dari banyak dropshipper yang telah mengubah pekerjaan sampingan mereka menjadi sumber pendapatan utama.

 

FAQs tentang Model Bisnis Dropshipping

Mengapa kebanyakan dropshipper gagal?

Alasan utama mengapa banyak orang gagal dalam bisnis dropshipping adalah bahwa mereka tidak menggunakan platform yang tepat untuk mempromosikan produk mereka.

Dalam beberapa kasus, tidak memilih produk atau pemasok dropshipping yang tepat juga dapat membuat toko online Anda gagal, meskipun dropshipping sendiri adalah model bisnis yang menguntungkan.

Jadi, apakah dropshipping sudah mati?

Tidak, belum. Namun, Anda harus berinvestasi dalam riset untuk menemukan produk terbaik untuk dijual di toko e-commerce Anda.

Banyak pemilik toko juga terjun ke bisnis ini dengan pikiran bahwa mereka bisa dengan mudah menghasilkan uang.

Namun, Anda perlu menginvestasikan waktu dan usaha untuk mengembangkan bisnis ini sebelum Anda bisa mendapatkan lebih banyak pelanggan dan memaksimalkan keuntungan.

Beberapa pemilik toko berharap kesuksesan dengan model bisnis ini akan terjadi secara instan sehingga mereka langsung berhenti ketika mereka tidak melihat hasil yang segera.

 

Apa yang paling sulit dari dropshipping?

Menemukan pemasok yang dapat diandalkan untuk bisnis dropshipping sendiri adalah hambatan terbesar yang dihadapi oleh mereka yang baru terjun ke bisnis dropshipping.

Anda harus menemukan pemasok terbaik untuk produk dropshipping Anda untuk memastikan bahwa Anda dapat mendapatkan produk berkualitas terbaik dan pengalaman pelanggan terbaik bagi pembeli Anda.

Faktor-faktor ini bergabung untuk menjadikan dropshipping sebagai model bisnis yang menguntungkan dan agar Anda bisa bertahan dalam persaingan ketat di industri dropshipping.

 

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menghasilkan uang secara online dengan dropshipping?

Toko dropshipping seperti bisnis lainnya. Butuh waktu untuk membangun reputasi Anda dan menemukan pelanggan setia. Anda akan menghadapi banyak rintangan sepanjang perjalanan dropshipping Anda.

Anda harus memperlakukannya sebagai bisnis sungguhan, dan ini akan melibatkan biaya di awal – sebuah investasi.

Beberapa pemilik toko online dropshipping dapat mengharapkan menghasilkan pendapatan konsisten dengan model bisnis yang menguntungkan ini dalam enam bulan atau kurang (ada yang lebih).

Anda harus mengambilnya dengan serius, dan Anda akan menyadari bahwa memiliki bisnis dropshipping sendiri akan membawa pendapatan berkelanjutan dari waktu ke waktu.

 

Apakah Anda dapat menghasilkan enam angka dari dropshipping?

Seperti yang disebutkan di atas, Anda memiliki potensi untuk menghasilkan uang secara online dengan bisnis dropshipping.

Meningkatnya jumlah toko e-commerce adalah salah satu alasan mengapa ada potensi besar dengan model bisnis ini.

Jadi, ya, Anda tentu bisa menghasilkan enam angka dari bisnis ini jika Anda konsisten dengan kontrol kualitas untuk memastikan Anda menawarkan kualitas produk terbaik dan jika Anda dapat menarik lebih banyak pelanggan potensial.

 

Apakah dropshipping sepadan?

Ya, dropshipping memiliki beberapa tantangan, sama seperti bisnis sungguhan atau toko fisik. Jika Anda ingin menghasilkan uang secara online melalui model dropshipping, Anda harus mempelajari model bisnis ini.

Juga penting untuk memilih platform yang tepat untuk menjual produk Anda, menemukan pemasok yang dapat diandalkan, menyusun strategi penetapan harga terbaik, dan memilih produk yang paling menguntungkan dengan melakukan riset online.

Anda dapat menggunakan alat seperti ZIK Analytics, yang merupakan salah satu solusi manajemen otomatis untuk menemukan produk terbaik untuk bisnis online Anda.

Atau Anda juga dapat memeriksa tren Google untuk menemukan item terlaris untuk toko e-commerce Anda.

 


Apakah ada risiko dalam dropshipping?

Terdapat banyak risiko yang mungkin Anda hadapi dalam industri dropshipping. Risiko utama adalah Anda tidak dapat secara fisik memegang produk sebelum dikirimkan kepada pelanggan.

Karenanya, kesuksesan bisnis e-commerce Anda sangat bergantung pada menemukan pemasok dropshipping yang dapat menjamin Anda memiliki produk berkualitas.

Selalu ada risiko bahwa Anda akan dipasok dengan produk murah yang mungkin tidak laku dijual secara online.

Risiko lain yang terkait dengan dropshipping adalah dalam hal pemenuhan pesanan dan ukuran pasar global. Untuk yang terakhir, popularitas dropshipping sebagai model bisnis juga berarti Anda memiliki lebih banyak pesaing.

 

Sumber Daya Berguna

Cara Meluncurkan Bisnis Dropshipping yang Sangat Sukses dari Rumah (porch.com)

×

Start your eCommerce Journey with ZIK

Start your eCommerce Journey with ZIK

Start your eCommerce Journey with ZIK