Berapa Lama Ulasan Negatif Bertahan di eBay?

Anda sangat senang mendapatkan penjualan di eBay! Siapa yang tidak akan senang? Setiap penjualan adalah kemenangan bagi penjual eBay.

Setiap item yang terjual adalah hasil dari kerja keras dan ketekunan Anda dalam riset produk, pemasaran, dan menjaga hubungan pelanggan.

Namun, pekerjaan Anda tidak berakhir di sana – dan begitu juga hubungan Anda dengan pembeli! Bahkan, proses setelah penjualan adalah yang paling penting karena sistem umpan balik eBay.

Akankah Anda mendapatkan umpan balik positif atau umpan balik negatif?

Anda tidak akan tahu dengan pasti sampai pembeli Anda meninggalkan komentar di toko eBay Anda.

Jadi, jika Anda mendapatkan beberapa umpan balik negatif, apakah itu berarti akhir dari karier eBay Anda?

Apakah itu berarti Anda tidak akan dapat menjual lagi karena tidak ada pembeli yang ingin membeli produk dari Anda?

Untungnya, jawabannya adalah TIDAK. Kami memiliki semua informasi yang Anda butuhkan untuk memahami sistem umpan balik di eBay dan bagaimana itu memengaruhi Anda sebagai penjual.

 

Gambaran Singkat tentang Sistem Umpan Balik eBay

eBay adalah salah satu situs e-commerce pertama yang menginnovasi sistem persentase umpan balik di platformnya. Hanya masuk akal bahwa mereka menerapkan sistem ini.

Bertransaksi online dengan orang asing adalah hal yang berisiko. Anda memberi mereka uang hasil kerja keras Anda dengan harapan bahwa mereka akan memberi Anda barang yang mereka janjikan.

Sebagian besar penjual jujur dan pembeli puas dengan barang yang mereka beli.

Tetapi ada beberapa kasus di mana pembeli tidak puas, sehingga mereka memiliki opsi untuk memberikan peringkat negatif dan menjelaskan mengapa mereka tidak puas.

Persentase umpan balik adalah salah satu cara bagi pembeli untuk menilai kepercayaan dan keandalan seorang penjual.

Peringkat penjual ditempatkan tepat di bawah nama penjual, sehingga sulit bagi pembeli untuk mengabaikannya saat membeli dari platform tersebut.

Jika Anda memiliki persentase umpan balik di atas 99%, itu memberi tahu pembeli bahwa aman untuk membeli dari Anda.

Bagi penjual, peringkat umpan balik juga merupakan indikator seberapa baik Anda berkinerja di eBay. Jika skor umpan balik Anda rendah, kemungkinan besar metrik lain Anda juga terpengaruh.

Oleh karena itu, hal ini mendorong Anda untuk memeriksa apa yang salah sehingga Anda dapat meningkatkan dan mendapatkan umpan balik positif.

 

Bagaimana Cara Menghapus Umpan Balik Negatif di eBay?

Sekarang saatnya beralih ke inti dari artikel ini – mencari tahu cara menghapus penilaian negatif pada akun penjual eBay Anda.

Ada empat metode dengan cara Anda dapat menghapus umpan balik negatif tersebut.

 

Metode 1: Penghapusan Otomatis melalui eBay

Pilihan pertama untuk menghapus umpan balik negatif adalah secara otomatis melalui eBay. Ada beberapa keadaan yang memungkinkan Anda menghapus umpan balik dari seorang pembeli di situs eBay Anda di mana itu tidak pantas.

Cara paling umum bagi eBay untuk menghapus peringkat negatif adalah ketika ada Kasus Barang Belum Dibayar yang sedang berlangsung. Pembeli yang belum membayar item tidak dapat memberikan peringkat negatif pada penjual.

Oleh karena itu, jika mereka meninggalkan peringkat negatif dalam situasi ini, itu akan dihapus dari akun penjual setelah penyelesaian kasus Barang Belum Dibayar.

Skenario lain di mana ini berlaku adalah ketika seorang pembeli mengajukan Klaim Garansi Uang Kembali, tetapi setelah penyelidikan kasus tersebut ditemukan berpihak pada Anda sebagai penjual.

 

Metode 2: Tinjauan manual melalui eBay

Ada juga tinjauan manual yang dilakukan oleh eBay atas permintaan Anda untuk menghapus umpan balik negatif di profil Anda.

Tinjauan ini berlaku untuk skenario terbatas, seperti ketika ada upaya pengiriman yang gagal, atau ketika pembeli menggunakan kata-kata kasar atau komentar tidak pantas lainnya bersama dengan umpan balik mereka.

 

Metode 3: Menggunakan layanan independen

Opsi ketiga untuk menghapus umpan balik negatif di toko eBay Anda adalah dengan menggunakan layanan independen seperti NetNeutrals. Mereka dapat menyelesaikan perselisihan dengan imbalan biaya.

Mereka akan mengajukan temuan mereka ke eBay untuk membantu memperbaiki kasus Anda. eBay kemudian akan memutuskan apakah mereka akan menghapus umpan balik dari akun Anda atau tidak.

Sayangnya, menyewa NetNeutrals dan layanan independen lainnya berada di luar kisaran anggaran bagi sebagian besar penjual di eBay.

Oleh karena itu, gunakan layanan mereka hanya ketika berurusan dengan pesanan bernilai tinggi yang dapat secara serius memengaruhi peringkat penjual Anda.

 

Metode 4: Meminta kepada Pembeli

Cara terakhir untuk menghapus umpan balik negatif adalah dengan meminta kepada pembeli. Anda dapat mengajukan permintaan revisi umpan balik dan berkomunikasi mengenai masalah tersebut serta menawarkan solusi yang diterima.

Jika Anda mengekspresikan ketulusan dalam menyelesaikan masalah yang menyebabkan umpan balik tersebut pada awalnya, kebanyakan pembeli akan bersedia untuk mengabulkan permintaan Anda.

 

Kebijakan Ekstorsi Umpan Balik eBay

eBay feedback extortion policy

Penjual harus mengetahui kebijakan ekstorsi umpan balik eBay, yang merupakan salah satu cara untuk melindungi bisnis Anda sebagai penjual.

Ekstorsi umpan balik terjadi ketika seorang pembeli mengancam akan memberikan komentar atau umpan balik negatif pada toko Anda jika Anda menolak untuk memenuhi tuntutannya, seperti pengembalian dana atau pengembalian barang.

Di sisi lain, mereka akan berjanji untuk memberikan umpan balik positif jika Anda memenuhi tuntutan tersebut.

eBay tidak mengizinkan pendekatan ini berdasarkan kebijakan ekstorsi umpan balik di situs tersebut.

Tidak ada pengguna, baik pembeli maupun penjual, yang dapat menggunakan umpan balik sebagai alat untuk mendapatkan sesuatu sesuai keinginan mereka.

Jika Anda adalah penjual, Anda dapat di-suspend karena menggunakan taktik ini.

 

Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Menghapus Umpan Balik Negatif di eBay?

Salah satu dari empat metode di atas untuk menghapus umpan balik negatif pada akun eBay Anda akan berlaku dalam waktu 48 hingga 72 jam.

Jika Anda memiliki argumen yang kuat, umpan balik akan dihapus dalam waktu 48 jam atau kurang.

 

Dapatkah Pembeli Memberikan Umpan Balik Negatif Setelah 30 Hari?

Seorang pembeli dapat memberikan umpan balik tentang transaksi dengan penjual yang mereka lakukan dalam 60 hari terakhir.

Oleh karena itu, ya, seorang pembeli masih bisa memberikan umpan balik setelah periode 30 hari.

×

Start your eCommerce Journey with ZIK

Start your eCommerce Journey with ZIK

Start your eCommerce Journey with ZIK