Berapa Lama Pembeli Bisa Mengembalikan Barang di eBay?

Jadi, Anda membuat beberapa penjualan di toko eBay Anda bulan lalu?

Itu menarik! Tetapi jangan terlalu bersemangat – BELUM. Kebijakan pengembalian eBay adalah sesuatu yang harus Anda kenal sebagai penjual.

Kebijakan ini dibuat oleh eBay untuk melindungi pembeli dari barang yang cacat atau barang yang tidak sesuai dengan deskripsi.

Tetapi berapa lama Anda harus menunggu permintaan pengembalian jika seorang pembeli eBay menginginkan pengembalian dana?

Harapannya, Anda tidak akan menghadapi masalah ini.

Namun, permintaan pengembalian adalah kenyataan yang sulit bagi semua bisnis ritel dan e-commerce.

Entah karena alasan tertentu, seorang pembeli tidak puas dengan pembelian mereka dan mereka ingin mengembalikan barang atau meminta pengembalian dana penuh atau sebagian.

Terkait dengan hal ini, sebagai penjual eBay, penting bagi Anda untuk mengetahui apa yang harus dilakukan saat ini terjadi, dan berapa lama waktu yang Anda miliki untuk menunggu.

Lanjutkanlah untuk mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana Anda bisa merespons permintaan pengembalian dan cara membuat transaksi ini berjalan dengan lancar.

Pada akhirnya, Anda ingin memastikan pengalaman positif bagi pelanggan dan mengetahui cara mengatasi pengembalian dana dan barang adalah bagian penting dari itu.

Mari kita mulai?

 

Poin Penting

  • ✔ eBay memungkinkan penjual untuk menetapkan kebijakan pengembalian mereka sendiri, tunduk pada Jaminan Uang Kembali eBay.
  • ✔ Pembeli umumnya memiliki waktu 30 hari sejak tanggal perkiraan pengiriman untuk memulai pengembalian.

Sebelum Anda Memulai

  • ✔ Kenali prosedur pengembalian eBay dan kebijakan Jaminan Uang Kembali.
  • ✔ Pahami implikasi kebijakan pengembalian Anda terhadap penilaian penjual dan pengalaman pelanggan Anda.

 

Gambaran Umum Kebijakan Pengembalian eBay

the eBay return policy

Pertama-tama, setiap penjual eBay harus tahu bahwa eBay tidak memiliki kebijakan pengembalian standar.

Oleh karena itu, eBay memperbolehkan penjual untuk membuat kebijakan pengembalian sendiri di toko mereka.

Tidak jarang menemukan penjual yang tidak menawarkan pengembalian di toko mereka.

Ini berarti bahwa penjual eBay pribadi dapat memilih untuk tidak menerima permintaan pengembalian dari pembeli. Sebagai gantinya, Anda dapat menawarkan kepada pelanggan Anda pengembalian penuh atau sebagian.

Juga penting untuk menjelaskan dalam kebijakan pengembalian Anda berapa lama seorang pembeli diizinkan untuk meminta pengembalian atau pengembalian dana untuk pembelian mereka.

Meskipun kebijakan pengembalian eBay dari setiap penjual mungkin berbeda-beda, semuanya tunduk pada eBay Money Back Guarantee.

Anda akan mempelajari lebih lanjut tentang kebijakan uang kembali ini nanti.

 

Cara Memproses Permintaan Pengembalian di eBay

Jika Anda ingin membuat permintaan pengembalian untuk item yang Anda beli, ini mudah dilakukan melalui eBay.

Untuk menghindari masalah selama pengajuan permintaan pengembalian, pastikan untuk meluangkan waktu membaca kebijakan pengembalian penjual eBay tertentu.

Dengan demikian, Anda terinformasi sebelum memutuskan untuk melanjutkan transaksi Anda.

Seperti yang disebutkan di atas, eBay memperbolehkan setiap penjual menulis kebijakan pengembalian mereka sendiri sehingga berbeda dari satu penjual ke penjual lainnya.

Berikut adalah gambaran tentang bagaimana Anda dapat mengajukan permintaan pengembalian di eBay.

 

Langkah 1: Ajukan Permintaan Pengembalian

Pergi ke My eBay dan tentukan item yang ingin Anda kembalikan. Anda dapat memeriksanya dalam riwayat pembelian di akun Anda.

Langkah 2: Kirim Barang ke Penjual

Penjual yang menerima permintaan pengembalian Anda mungkin meminta Anda untuk mengirim kembali barang tersebut kepada mereka. Penjual dapat atau tidak memberikan Anda label pengiriman pengembalian.

Pastikan untuk membahas siapa yang akan menanggung biaya pengiriman label pengembalian. Anda dapat sepakat bersama tentang layanan kurir yang akan digunakan untuk pengiriman pengembalian.

Penjual harus membayar biaya pengiriman pengembalian jika alasan pembeli untuk permintaan pengembalian adalah karena barang yang cacat atau rusak, atau barang tidak sesuai dengan yang dijelaskan dalam penawaran.

Namun, jika pembeli mengajukan pengembalian karena alasan lain selain yang ditentukan (atau diterima) oleh eBay, Anda harus membayar biaya pengiriman pengembalian.

Langkah 3: Terima Pengembalian Dana

Setelah proses pengiriman pengembalian selesai, pembeli seharusnya mengharapkan pengembalian dana penuh untuk barang yang dibayar pembeli dalam transaksi asli.

Jika penjual gagal mengembalikan uang Anda, pastikan untuk segera menghubungi eBay, terutama jika Anda sudah mengirimkan barang kembali kepada mereka.

 

Berapa Lama Pembeli Memenuhi Syarat untuk Mengembalikan Barang?

Menurut eBay, pembeli dapat mengembalikan barang dalam waktu 30 hari kalender sejak tanggal perkiraan pengiriman terakhir.

Oleh karena itu, pembeli harus menilai dalam batas waktu tersebut apakah mereka puas dengan produk yang mereka beli dari situs eBay atau akan mengembalikannya kepada penjual.

Banyak pembeli merasa tidak puas dengan produk karena tidak sesuai dengan rincian yang diberikan dalam daftar. Penjual memiliki waktu hingga 8 hari kalender untuk merespons permintaan pengembalian barang.

Setelah label pengiriman pengembalian diminta, penting bagi penjual untuk segera merespons. Anda dapat memberikan pembeli salah satu dari dua pilihan.

Pilihan pertama adalah mengirimkan penggantian untuk barang yang salah atau rusak.

Pilihan kedua adalah menawarkan pengembalian sebagian atau pengembalian penuh, tergantung pada apa yang berlaku dan sesuai dengan kebijakan pengembalian Anda.

Anda juga dapat mengembalikan uang kepada pembeli dan membiarkannya menyimpan barang tersebut. Dalam kebanyakan kasus, biayanya sekitar sama dengan Anda harus membayar label pengiriman pengembalian.

Penjual harus berusaha untuk merespons permintaan pembeli untuk mengembalikan barang karena ini dapat memengaruhi umpan balik situs eBay Anda.

Jika Anda ingin menjaga peringkat positif sebagai penjual, penting untuk menangani masalah ini dengan baik dan segera.

Setelah Anda menerima barang yang dikembalikan, inspeksilah dengan cermat. Pastikan bahwa itu sesuai dengan kebijakan eBay tentang produk yang dikembalikan.

Jika Anda dapat memverifikasi kualitas barang yang dikembalikan, Anda harus mengeluarkan pengembalian dalam enam hari kerja. Biaya nilai akhir di eBay akan mencerminkan sebagai kredit pada faktur penjual Anda berikutnya.

 

Bagaimana eBay Money Back Guarantee Bekerja?

eBay Money Back Guarantee didirikan oleh raksasa e-commerce untuk menjamin pembeli atas barang yang mereka beli.

Pembeli yang meminta pengembalian harus menunjukkan alasan permintaan, seperti barang tidak sesuai deskripsi, barang salah, atau bagian yang hilang.

Jika toko tertentu tidak mengizinkan pembeli mengembalikan barang, kebijakan jaminan uang kembali memastikan bahwa mereka setidaknya bisa mendapatkan uang kembali.

Anda bisa mendapatkan pengembalian, baik Anda membayar melalui Paypal atau kartu kredit.

Jaminan uang kembali eBay mencakup biaya barang yang Anda beli dan pengiriman asli. Pembeli tidak perlu membayar tambahan untuk perlindungan tambahan.

Jika penjual tidak menerima pengembalian, Anda dapat memulai langkah-langkah berikut untuk mendapatkan uang kembali Anda.

 

Langkah 1: Hubungi Penjual

Jika barang belum tiba dalam periode pengiriman yang diestimasi, atau Anda menerima barang tidak sesuai dengan yang dijelaskan dalam penawaran, Anda berhak meminta pengembalian penuh (atau pengembalian sebagian).

Untuk melakukannya, buka My eBay dan kemudian pilih item tertentu dalam riwayat pesanan Anda. Hubungi penjual mengenai item tersebut dan sampaikan alasan mengapa Anda meminta pengembalian.

 

Langkah 2: Hubungi eBay.

Jika penjual tidak responsif terhadap permintaan pengembalian Anda dalam batas waktu pengembalian (tiga hari kerja), Anda dapat menghubungi eBay secara langsung.

Buka Pusat Resolusi untuk memulai kontak dengan eBay.

Perhatikan, banyak orang bertanya apakah mereka bisa menghubungi nomor layanan pelanggan eBay untuk langkah ini, tetapi secara umum melalui Pusat Resolusi adalah pendekatan yang jauh lebih cepat.

 

Langkah 3: Tunggu Tanggapan dari eBay.

Umumnya, permintaan pengembalian akan ditangani dalam waktu tidak lebih dari 48 jam.

Tunggu selama kerangka waktu tersebut, dan Anda dapat mengharapkan umpan balik dari tim dukungan pelanggan eBay mengenai permintaan Anda untuk jaminan uang kembali.

eBay menentukan apakah Anda memenuhi syarat untuk pengembalian dana berdasarkan alasan yang disebutkan dan kategori produk.

Namun, ada pengecualian kategori ketika Anda ingin memanfaatkan kebijakan pengembalian atau jaminan uang kembali dari eBay.

Sebaiknya periksa apakah Anda memenuhi persyaratan dan kriteria kelayakan ini untuk memastikan bahwa Anda dapat mendapatkan uang Anda sesegera mungkin.

 

Tips Sebelum Menerima Pengembalian

tips before you accept returns

Berikut adalah beberapa panduan yang perlu dipertimbangkan sebelum Anda menerima permintaan pengembalian di eBay:

  • Anda harus memiliki jendela pengembalian setidaknya selama 30 hari untuk menjadi penjual eBay yang mendapat rating tertinggi.
  • Pastikan bahwa barang dalam kondisi baik atau bahkan lebih baik, dalam kondisi yang sama setelah dikembalikan. Periksa kebijakan eBay tentang kondisi barang yang dikembalikan.
  • Hubungi eBay untuk melihat apakah Anda dapat menghapus umpan balik negatif dari toko Anda jika Anda menerima pengembalian.
  • Semua barang harus dikirim dalam waktu tujuh hari sejak saat pengajuan permintaan pengembalian. Jika pembeli gagal melakukannya, kasusnya ditutup dan tidak dapat dibuka kembali.
  • Hati-hati dengan penipuan. Pastikan Anda mendokumentasikan setiap langkah transaksi dan memberi tahu eBay tentang potensi penipuan pengembalian.

 

Hal yang Perlu Dihindari

  • ✘ Hindari mengabaikan detail kebijakan pengembalian dan tidak mematuhi panduan dari eBay.
  • ✘ Jangan mengabaikan atau menunda untuk merespons permintaan pengembalian, karena hal ini dapat berdampak negatif pada peringkat penjual Anda.

 

Cara Mencegah Masalah

  • ✔ Komunikasikan dengan jelas kebijakan pengembalian Anda di daftar barang Anda untuk mengelola harapan pembeli.
  • ✔ Bertindak dengan cepat terhadap permintaan pengembalian untuk menjaga hubungan positif dengan pelanggan dan reputasi penjual.

 

Inti Permasalahan

Jika Anda sebagai pembeli di eBay, pastikan Anda mengetahui hak-hak Anda terkait permintaan pengembalian. Deskripsi produk pada situs eBay harus akurat dan jujur.

Jika Anda menerima barang yang salah, atau barang yang tidak sesuai dengan deskripsi dalam penawaran, Anda berhak untuk meminta pengembalian dan penggantian (atau pengembalian dana).

Dengan demikian, penjual dapat menyelesaikan masalah dan memberikan produk yang sesuai atau mengembalikan dana (jika Anda tidak ingin melanjutkan pembelian).

Yang pasti, ada jangka waktu yang harus diperhatikan untuk memastikan bahwa semua permintaan valid dan akan dihormati oleh eBay.

Selain itu, Anda bisa kehilangan uang Anda karena telah membayar barang yang tidak dapat Anda gunakan.

Di sisi lain, penjual harus segera mengambil tindakan terhadap setiap permintaan pengembalian di akun penjual mereka.

Tidak mampu menangani pengembalian dengan baik bisa menyebabkan umpan balik negatif pada profil penjual Anda.

Ini dapat merugikan bisnis eBay Anda secara keseluruhan, atau Anda dapat dihukum jika menolak menerima pengembalian meskipun alasan yang disebutkan adalah valid.

×

Start your eCommerce Journey with ZIK

Start your eCommerce Journey with ZIK

Start your eCommerce Journey with ZIK