Cara Menjual Buku di eBay

Jadi, Anda memiliki perpustakaan buku, duduk di tumpukan “untuk dibaca” yang sepertinya tidak pernah Anda baca.

Atau mungkin Anda sudah membacanya dan ingin memberikannya kepada pemilik baru untuk memberi mereka kehidupan kedua.

Sekarang, mungkin Anda masih jauh dari memiliki stok yang cukup untuk membuka toko buku, tetapi masih ada cara bagi Anda untuk menghasilkan uang yang cukup dengan menjual buku dengan mencantumkannya di eBay.

Panduan ini akan menunjukkan cara!

Panduan ini bertujuan untuk menghilangkan semua keraguan dalam mencantumkan dan menjual buku Anda di eBay. Mulai dari menemukan buku terbaik untuk dijual, melakukan riset produk, hingga mencantumkan produk Anda.

Kami berharap dapat membimbing Anda langkah demi langkah untuk memulai dengan cepat.

 

Tidak ingin membaca seluruh artikel? Tidak masalah, Anda dapat menonton video di bawah ini sebagai gantinya

 

Tinjauan Artikel

 

Cara menemukan buku terbaik untuk dijual di eBay

Pertanyaan umum yang sering diajukan oleh pengguna adalah bagaimana cara menemukan produk terbaik untuk dijual dalam suatu industri tertentu, serta apakah mereka harus menjual produk baru atau bekas.

Untuk menjawab ini, kita akan melakukan penelitian menggunakan alat riset kategori ZIK Analytics untuk mengetahui seberapa layak niche kita, dan jenis buku apa yang sebaiknya kita pertimbangkan untuk dijual.

ebay category research books

ZIK Analytics adalah alat riset eBay yang memungkinkan Anda menemukan produk terlaris di eBay melalui database mereka yang luas dan algoritma properti.

Jika Anda belum memiliki akun, Anda dapat mendaftar untuk uji coba 7 hari di bawah ini.

zik analytics trial
Untuk melakukannya, cukup masuk ke tab riset kategori di dalam ZIK, dan isi informasi yang diperlukan tentang buku Anda.

Sebagai contoh, dalam contoh kami, kami menyebutkan bahwa kami mencari barang “bekas” dan mencari kategori “buku” di alat riset kategori.

selling used books

Ketika Anda mengklik tombol pencarian sekarang, Anda akan disajikan dengan beberapa analisis yang berisi jumlah penawaran, barang terjual, persentase penjualan, dan harga rata-rata produk.

Anda juga dapat melihat grafik tren Google yang menunjukkan bagaimana tren niche tersebut menurut Pencarian Google.

google trends graph

Data ini akan memberi Anda gambaran umum tentang jenis buku yang ingin Anda jual. Kami menggunakan ini sebagai titik konfirmasi pertama kami untuk mengetahui bahwa niche yang ingin kami jual layak.

 

Jenis buku apa yang laku di eBay?

Sekarang setelah kami menemukan bahwa niche tersebut menguntungkan, langkah berikutnya adalah menggali lebih dalam dan melihat genre-individu yang sedang laku.

Kami melakukannya dengan menggulir ke bawah ke daftar produk di ZIK dan membuka tiga penawaran pertama dari buku paling banyak dibeli di eBay.

Daftar produk ini memberikan berbagai statistik seperti nama penjual eBay, negara tempat mereka berada, total penjualan mereka, judul buku terlaris mereka, jumlah kopi yang terjual untuk buku tersebut, harga jual rata-rata buku untuk semua pesanan, dan tempat pengiriman buku tersebut.

Ketika Anda membuka salah satu dari penawaran ini, Anda akan diarahkan ke penawaran eBay sebenarnya di mana Anda dapat menganalisis lebih lanjut penawaran tersebut.

survival books

Dari penelitian kami, kami menemukan bahwa tiga buku teratas semuanya adalah buku “informatif” – seperti buku-buku survival, buku teks, dan buku anak-anak.

Dengan informasi ini, sekarang kita dapat melanjutkan dan menggali lebih dalam menggunakan ZIK Product Research Tool untuk menemukan produk khusus yang akan dicantumkan di eBay.

 

Menemukan buku yang menguntungkan untuk ditambahkan ke toko Anda

Dari langkah di atas, kita tahu bahwa tiga genre yang menjadi fokus kita adalah Survival, Buku Teks, dan Buku Anak-anak.

Dari sini, kita cukup pergi ke tab riset produk di dalam ZIK Analytics dan mencari salah satu dari genre di atas untuk menyelami lebih dalam dan menemukan produk untuk dijual. Sebagai contoh kita, mari fokus pada buku anak-anak.

Masukkan “Buku Anak-anak” di dalam toolbar riset produk ZIK. Anda akan disajikan dengan informasi berikut.

children book stats

Kita bisa melihat bahwa statistik keseluruhan untuk genre ini sangat bagus!

Kita gulir ke bawah dan mencari produk mana yang paling banyak terjual, dan kita melihat bahwa dengan menarik, sepertinya sebuah kotak set tampak paling menonjol dengan statistik yang bagus, khususnya kotak set untuk “a diary of a wimpy kid”.

top selling children books

Langkah berikutnya adalah mencari sumber produk ini.

 

Mencari buku untuk dijual di eBay

sourcing books

Sekarang Anda tahu buku mana yang akan memberi Anda keuntungan dan Anda juga sudah menentukan genre di mana Anda akan menjual buku di eBay.

Dalam contoh kami, kami menjual buku anak-anak “Diary of a Wimpy Kid box set”.

Sekarang, langkah berikutnya adalah mencari tahu dari mana kita akan mendapatkan produk tersebut.

Di bawah ini, kita akan membahas tiga cara dasar di mana Anda dapat memperoleh barang untuk dijual di toko eBay Anda. Mereka adalah menjual barang bekas, dropshipping, atau arbitrase nyata.

 

Menjual buku bekas di eBay

Katakanlah secara kebetulan Anda memiliki kotak set “Diary of a Wimpy Kid” yang tergeletak di sekitar. Ini tentu saja adalah opsi terbaik untuk Anda.

Apakah itu berarti bahwa perjalanan penjualan eBay Anda akan berakhir secara tiba-tiba setelah Anda menjual salinan ini? Tidak, tentu tidak!

Anda dapat menemukan buku-buku serupa dengan ini atau bahkan salinan yang persis sama di berbagai tempat yang berbeda seperti penjualan barang bekas, toko barang bekas, dan bahkan di beberapa toko buku.

Anda harus sedikit kreatif dengan ini, tetapi ada banyak tempat untuk mencari buku bekas yang akan dijual di toko Anda.

TIPS MENARIK: Baru mulai menjual di eBay?

Anda dapat melihat panduan untuk pemula di sini untuk membantu Anda dengan pendekatan A-Z untuk memulai penjualan di eBay.

Sekarang, Anda juga tidak terbatas untuk menjual buku tertentu ini. Kami sarankan untuk melihat rak buku Anda dan menemukan semua buku lama Anda yang dalam kondisi “dapat dijual” dan membersihkannya agar terlihat presentabel untuk dijual.

Anda dapat menilai permintaan untuk buku-buku ini dengan menggunakan alat riset produk ZIK yang kami tunjukkan dalam langkah sebelumnya untuk mendapatkan gambaran tentang permintaan dan harga.

 

Arbitrase Ritel

Arbitrase ritel adalah proses mencari produk dari pengecer dan menjualnya – dalam hal ini, di eBay dengan keuntungan. Anda dapat membeli barang dalam jumlah besar dengan diskon, atau cukup mencari toko yang menjualnya dengan harga di bawah apa yang Anda anggap menguntungkan di eBay.

TIPS MENARIK: Anda dapat mengkonfirmasi profitabilitas setelah memperhitungkan biaya dan biaya lainnya dengan menggunakan kalkulator eBay kami di sini

Jika Anda dapat mendapatkan produk ini secara efektif dari pengecer lokal yang memiliki akses terus-menerus ke stok, Anda akan berada dalam posisi fantastis untuk menghasilkan keuntungan dari produk ini selama berbulan-bulan, jika tidak bertahun-tahun mendatang.

Hal hebat tentang ini adalah bahwa tidak semua orang akan dapat mengakses pengecer ini, sehingga peluang persaingan Anda dapat berkurang.

Untuk arbitrase nyata, biasanya disarankan untuk memiliki sedikit anggaran sebelum Anda memulai, terutama jika Anda berencana untuk membeli dan menyimpan produk dalam jumlah besar.

Kompromi di sini adalah bahwa begitu Anda memiliki produk di tangan, Anda memiliki kendali penuh atas produk yang dikirimkan kepada pelanggan Anda, yang akan memungkinkan Anda mengatasi beberapa masalah yang dialami dengan model lain seperti dropshipping.

 

Dropshipping

Jika Anda memiliki dana terbatas atau hanya ingin bisnisnya lebih sedikit campur tangan, maka dropshipping cocok untuk Anda.

Dropshipping adalah proses menjual barang (dalam hal ini, buku) tanpa harus membelinya sebelum terjual.

Dalam metode ini, penjual pilihan Anda akan mengirimkan produk kepada pelanggan Anda atas nama Anda, setelah pembeli Anda membayar produk Anda.

Setelah pesanan ditempatkan di toko Anda oleh pelanggan, peran Anda adalah menempatkan pesanan dengan pemasok Anda dengan harga lebih murah, dan mereka akan mengirimkannya kepada pelanggan Anda atas nama Anda.

Manfaat dari metode ini adalah Anda tidak membuang dana yang terikat pada stok yang tidak terjual, karena Anda hanya menjual produk yang diminati.

Anda juga lebih sedikit campur tangan dalam metode ini karena Anda tidak perlu menyimpan atau mengirimkan fisik produk, yang berarti Anda memiliki lebih banyak waktu untuk berkembang.

Salah satu kelemahan dari dropshipping adalah bahwa Anda tidak memiliki kendali penuh atas rantai pasokan.

Jika Anda menggunakan pemasok internasional, ini juga berarti waktu pengiriman yang lebih lama, sehingga Anda perlu mengelola harapan pelanggan Anda dengan baik.

 

Mendaftarkan buku di toko eBay Anda

listing books

Jadi, kami berhasil menemukan buku yang sempurna untuk dijual, dan pemasok untuk menjaga persediaan kami tetap berjalan. Saatnya untuk memasukkan buku kami ke eBay.

 

Isi rincian deskripsi, rincian pengiriman, serta rincian penjualan dan harga produk Anda

Untuk memulai, cukup kunjungi tab “jual” di akun eBay Anda, dan klik “Buat listing”. Anda perlu mengisi beberapa informasi dasar seperti judul buku Anda untuk mencari listing serupa di eBay.

Dari sini, eBay akan memiliki daftar yang sudah diisi sebelumnya yang terkait dengan judul Anda.

Pilih daftar yang paling relevan, dan Anda akan menemukan bahwa eBay telah melakukan separuh pekerjaan Anda!

Namun, kami tidak berhenti di sini. Langkah berikutnya adalah untuk sepenuhnya melengkapi daftar. Kami mengisi semua informasi terkait buku, seperti yang dijelaskan di bawah.

Untuk mendapatkan eksposur maksimal dalam pencarian eBay, kami menggunakan alat pembuat judul eBay dari ZIK Analytics yang dapat ditemukan di sini.

Ini memungkinkan kami melihat kata kunci apa yang digunakan calon pembeli kami untuk menemukan buku seperti milik kami.

Kami juga ingin memastikan bahwa kami sepenuhnya mengembangkan deskripsi item.

TIPS MENARIK: Saat menulis deskripsi, pastikan untuk menyisipkan beberapa kata kunci yang ditemukan dengan pembuat judul ke dalam konten Anda untuk membantu daftar Anda lebih relevan untuk kata kunci tersebut.

Coba juga sebutkan apakah daftar Anda berupa sampul keras atau sampul kertas serta jumlah halaman dalam buku. Ini akan memberikan pembeli beberapa detail lebih halus yang mungkin tidak disertakan pesaing Anda.

Hal-hal penting lain yang harus diisi sepenuhnya adalah kondisi produk (baru atau bekas?), galeri produk yang sepenuhnya dikembangkan dengan sebanyak mungkin gambar buku Anda sendiri.

Jika Anda mengalami kesulitan mengunggah gambar ke daftar Anda, Anda selalu dapat mencoba menginstal aplikasi eBay dan mengunggah gambar langsung melalui ponsel Anda.

Penting untuk memastikan bahwa gambar diambil dengan kamera berkualitas tinggi jika Anda akan menggunakan aplikasi eBay di ponsel.

Selanjutnya, kita mengisi semua informasi khusus item yang relevan. Yang penting untuk contoh ini adalah “Book Series” dan “Narrative Type”.

Saya memilih “Diary of a Wimpy Kid” untuk seri buku, dan “fiksi” untuk Tipe Narasi.

Selanjutnya, kita memilih harga untuk produk. Anda dapat memilih untuk menampilkan produk Anda sebagai buku harga tetap atau melalui lelang.

Meskipun lelang kadang-kadang dapat menghasilkan lebih banyak, kami selalu lebih suka memilih harga tetap karena kami ingin yakin dengan margin keuntungan kami.

Untuk mendapatkan gambaran tentang harga, Anda dapat melihat daftar yang sudah selesai untuk produk serupa dengan ini. Atau, jika Anda ingin memilih cara yang lebih mudah, ZIK Analytics membuat penentuan harga produk Anda menjadi sederhana.

Kami sudah melakukan penelitian produk saat menemukan peluang ini, sehingga kami memiliki gambaran seberapa banyak orang menjual produk ini.

Jika Anda menggunakan salah satu pemasok bawaan, ZIK dengan mudah menghitung keuntungan yang akan Anda dapatkan jika Anda menampilkan produk dengan harga yang sama dengan pesaing Anda.

Jika Anda berhasil mendapatkan produk dari tempat lain, Anda juga dapat menggunakan alat kalkulator eBay ZIK untuk menghitung tepatnya margin Anda dengan memperhitungkan biaya pengadaan dan pengiriman serta biaya nilai jual akhir.

Biaya nilai jual akhir adalah persentase dari harga jual yang Anda bayarkan kepada eBay jika Anda berhasil menjual produk tersebut.

Dari sini, Anda dapat menyesuaikan harga Anda hingga pada titik yang berada dalam kisaran harga yang dibayar pembeli untuk produk tersebut, yang memberi Anda margin keuntungan yang nyaman.

Langkah terakhir adalah memilih rincian pengiriman dan kebijakan bisnis yang berlaku untuk daftar ini. Anda juga perlu mengisi dimensi paket dan berat produk yang terdaftar.

Sekarang Anda dapat melanjutkan dan menekan simpan dan daftar produk Anda!

 

Opsi Pembayaran untuk penjualan Anda

EBay secara alami menawarkan sebagian besar opsi pembayaran (bahkan menawarkan opsi beli sekarang bayar nanti seperti Afterpay), Anda memiliki opsi untuk menawarkan opsi pembayaran lebih banyak yang tidak diterima secara default di eBay seperti Pembayaran Tunai atau Pengambilan Langsung, Transfer Bank, Cek Bank, dan cek pribadi, dll.

Menawarkan opsi pembayaran ini akan membuka peluang ke sejumlah pembeli yang lebih luas, tetapi juga menawarkan perlindungan yang lebih sedikit bagi pembeli dan penjual daripada opsi default karena eBay tidak mencakup semua opsi pembayaran sebagai bagian dari “Garansi Uang Kembali eBay”.

 

Mengemas dan Mengirim Paket

Ini adalah sentuhan terakhir yang akan dilihat pembeli saat mereka menerima buku mereka. Presentasi dan fungsionalitas adalah kunci di sini.

Kami merekomendasikan untuk membungkus barang Anda dengan rapi dan aman di sini, dengan perlindungan seperti bubble mailer untuk buku sampul keras, atau kotak pengiriman kertas keras untuk buku sampul kertas.

Anda memiliki beberapa penyedia pengiriman yang berbeda seperti melalui parcel post, media mail, dll. Banyak penjual menggunakan media mail untuk mengirimkan buku karena merupakan alternatif yang lebih murah.

Ini digunakan khususnya untuk mengirimkan materi pendidikan dan buku secara hemat biaya dan merupakan solusi fantastis ketika Anda menjual buku di eBay.

 

Meringkas Semuanya

Pandemi COVID telah mengambil banyak hal dari kita dan mengganggu kehidupan kita. Ini mengharuskan kita untuk beradaptasi dengan perubahan waktu dan mencari peluang online.

Belajar cara menjual buku di eBay memberi Anda keterampilan yang selalu relevan untuk menghasilkan pendapatan online kapan pun dan di mana pun Anda berada.

Meskipun ada beberapa opsi untuk memulai toko buku online, kami merekomendasikan eBay karena kemudahan penggunaan dan keandalannya.

eBay juga lebih murah jika dibandingkan dengan biaya penjual eBay dan Amazon.

Kami ingin meyakinkan Anda bahwa tim di ZIK Analytics peduli akan kesuksesan Anda dan siap membantu Anda mewujudkan impian Anda.

Kami ingin Anda tahu bahwa kami di ZIK Analytics memperhatikan kesuksesan Anda dan akan membantu Anda melewati proses ini dengan segala cara yang mungkin.

Kami di sini untuk membantu Anda mewujudkan impian memulai bisnis penjualan buku online Anda.

Jika Anda siap untuk melangkah, kami akan senang jika Anda menjadi bagian dari ZIK Tribe. Menjadi anggota dan Anda akan mendapatkan akses ke komunitas penjual dan pelatih yang siap membantu Anda dalam perjalanan Anda, langkah demi langkah.

Ayo, tumbuh bersama ZIK Analytics dan bagikan kisah kesuksesan Anda kepada dunia!

zik analytics trial

×

Start your eCommerce Journey with ZIK

Start your eCommerce Journey with ZIK

Start your eCommerce Journey with ZIK