Cara Memberikan Pengembalian Dana Sebagian di eBay

Ini adalah salah satu tantangan utama menjadi penjual eBay: tidak semua pelanggan Anda akan puas.

Berbagai masalah eBay bisa muncul dari setiap transaksi, dan salah satu yang paling umum adalah ketika seorang pembeli tidak puas setelah barang tiba, baik karena barang rusak atau karena pembeli berubah pikiran dan ingin meminta pengembalian dana.

Ada sistem di eBay yang memudahkan penjual eBay untuk mendapatkan dukungan dari pelanggan yang tidak puas dan mencari pengembalian dana.

Jika terjadi sesuatu yang di luar kendali Anda, Anda dapat memberikan pengembalian dana sebagian.

Jadi, apa itu pengembalian dana sebagian? Bagaimana cara memberikannya kepada pelanggan Anda, dan apa manfaat dari memberikan pengembalian dana sebagian?

 

Apa Itu Pengembalian Dana Sebagian di eBay?

Pengembalian dana sebagian adalah alat yang tersedia bagi penjual eBay melalui seller hub.

Ini memungkinkan Anda, sebagai penjual, untuk memberikan pengembalian dana kepada pelanggan yang memintanya, namun tidak sebesar biaya penuh dari transaksi asli.

Dengan pengembalian dana sebagian di eBay, Anda tidak perlu lagi repot menghadapi permintaan pengembalian dari pelanggan atau beban tambahan biaya pengiriman pengembalian.

Meskipun Anda menerima pengembalian barang di toko eBay Anda, pengembalian dana sebagian adalah opsi yang baik – dan lebih nyaman – untuk kedua belah pihak dalam menyelesaikan masalah di eBay.

Jumlah yang Anda kembalikan kepada pelanggan berdasarkan sistem pengembalian dana sebagian di eBay akan sebanding dengan seriusnya masalah atau jenis masalah tertentu yang diakui pembeli.

Ketika seorang pembeli membuka permintaan pengembalian dana, mereka akan diminta untuk memberikan rincian terkait dengan permintaan mereka.

Semua rincian yang diberikan akan digunakan untuk menentukan jumlah pengembalian dana, dan apakah pelanggan layak mendapatkan pengembalian penuh atau sebagian.

Pengembalian dana sebagian di eBay adalah cara yang baik untuk menyelesaikan masalah dengan pelanggan dan menghindari umpan balik negatif.

Anda dapat membahas rincian pesanan dengan pelanggan sebelum mengirimkan pengembalian dana.

Ketika seorang pembeli mengajukan masalah eBay kepada eBay, maka kemungkinan besar mereka akan mendukung pelanggan.

Anda dapat menghindari potensi masalah di masa depan yang dapat mengakibatkan umpan balik negatif dengan menawarkan solusi kepada pembeli saat Anda memberikan pengembalian dana sebagian.

Ini adalah salah satu alat yang tersedia di seller hub Anda, jadi pastikan untuk memanfaatkannya saat bernegosiasi dengan pembeli sehingga Anda dapat menghemat waktu, usaha, dan uang dalam jangka panjang.

Memberikan pengembalian dana sebagian lebih masuk akal, terutama jika Anda memiliki cukup dana di akun Anda, karena Anda tidak perlu lagi menanggung biaya pengiriman pengembalian yang ekstra.

 

Kapan Harus Memberikan Pengembalian Dana Sebagian

when to issue a partial refund

Tujuan utama dari sistem pengembalian dana sebagian eBay adalah memungkinkan penjual untuk memberikan pengembalian dana sebagian kepada pembeli, terutama ketika pembeli mengklaim menerima barang yang salah atau barang tersebut rusak.

Terdapat juga pembeli yang mengklaim bahwa barang tidak sesuai dengan deskripsi penawaran, sehingga pembeli berubah pikiran.

Dalam kasus ini, Anda memiliki beberapa opsi lain untuk mengelola klaim tersebut.

  • Permintaan Pengembalian – Salah satu opsi adalah bagi pembeli untuk mengajukan permintaan pengembalian. Ketika Anda menerima pengembalian, ini dapat menyebabkan kerugian yang signifikan bagi Anda. Anda harus memberikan pengembalian dana penuh setelah menerima pengembalian dan menanggung biaya pengiriman asli barang.
  • Pengembalian Dana Penuh – Anda juga dapat memberikan pengembalian dana penuh ketika pembeli tidak puas dengan barang mereka. Ketika Anda memberikan pengembalian dana penuh, pembeli tetap menyimpan barang tetapi Anda harus mengirimkan pengembalian sejumlah total transaksi asli.
  • Penggantian atau Pertukaran – Opsi ini memungkinkan penjual mengirimkan barang ganda sebagai pengganti barang serupa. Banyak penjual memilih opsi ini ketika pembeli tidak puas karena barang yang sebenarnya tidak sesuai dengan deskripsi penawaran.

 

When to issue a partial refund

Saat ini, penjual eBay tidak diizinkan untuk memberikan pengembalian dana sebagian jika pembeli belum menerima barang.

Penjual juga dapat memberikan pengembalian dana sebagian ketika pikiran pembeli berubah setelah menerima barang.

Namun, ada masalah saat menggunakan permintaan pengembalian di eBay. Sebagian besar penjual menerima barang yang dikembalikan dalam kondisi buruk dibandingkan dengan saat dikirimkan dalam transaksi asli.

Jika barang rusak, atau ketika barang yang dimaksud termasuk dalam kategori penjualan yang disetujui di eBay, ada dua opsi yang dapat dilakukan.

  • Opsi 1: Penjual yang menawarkan pengembalian gratis dapat memberikan pengembalian dana sebagian sebesar 50% kepada pelanggan. Jumlah diskon ketika Anda memberikan pengembalian bertujuan untuk menutupi nilai barang, yang hanya bermanfaat untuk barang bernilai rendah.
  • Opsi 2: Penjual yang tidak menawarkan pengembalian gratis harus mengurangkan 10-20% dari jumlah pengembalian karena penyesalan pembeli atau perubahan pikiran pembeli.

 

Cara Memberikan Pengembalian Dana Sebagian

How to issue a partial refund on eBay

Ada beberapa langkah yang terlibat dalam memberikan pengembalian dana sebagian di eBay tergantung pada metode pembayaran yang berlaku untuk transaksi asli.

Catat langkah-langkah ini untuk memberikan pengembalian dana sebagian tergantung pada metode pembayaran yang tercatat.

 

1. Memberikan Pengembalian Dana Sebagian Melalui Paypal

Memberikan pengembalian dana sebagian melalui Paypal adalah salah satu cara paling mudah untuk mengelola pengembalian dana sebagian di eBay karena Paypal memudahkan dan menyederhanakannya.

Anda memiliki waktu hingga 180 hari sejak transaksi asli untuk memberikan pengembalian dana sebagian kepada pembeli.

  • Pergi ke tab ‘aktivitas’ di bagian kepala beranda. Dari daftar transaksi, pilih transaksi spesifik yang ingin Anda berikan pengembalian dana sebagian.
  • Pilih opsi ‘refund this payment’.
  • Dengan default, jumlah penuh akan ditampilkan saat memulai permintaan pembeli di Paypal. Anda dapat mengedit jumlah berdasarkan jumlah pengembalian yang diinginkan.
  • Periksa apakah semua rincian lainnya benar sebelum Anda mengonfirmasi transaksi dan memberikan pengembalian dana sebagian kepada pembeli.

 

2. Memberikan Pengembalian Dana Sebagian Melalui Managed Payments

Jika Anda menggunakan pembayaran yang dikelola untuk toko eBay Anda, Anda dapat memberikan pengembalian dana sebagian dari seller hub Anda:

  • Pilih rincian pesanan dari akun penjual eBay Anda. Pilih opsi kirim pengembalian dana dari menu dropdown.
  • Tentukan alasan mengapa Anda ingin memberikan pengembalian dana.
  • Anda dapat menentukan jumlah pengembalian, baik berdasarkan barang atau berdasarkan pesanan.
  • Klik opsi kirim pengembalian dana ketika Anda telah memastikan bahwa rincian terkait transaksi tersebut benar.

 

Ketika Anda menawarkan pengembalian dana sebagian melalui fitur pembayaran yang dikelola, opsi pengembalian dana sebagian tingkat pesanan.

Mengirimkan pengembalian dana sebagian per item adalah proses yang mudah dimengerti karena Anda mengetahui nilai pasti dari setiap item.

Untuk pengembalian dana sebagian tingkat pesanan, cara kerjanya sedikit berbeda karena jumlah pengembalian dana dibagi secara proporsional di setiap item dalam pesanan.

Keputusan untuk menawarkan pengembalian dana sebagian melalui pembayaran yang dikelola harus dilaksanakan dalam waktu 60 hari (dibandingkan dengan 180 hari di Paypal) sejak transaksi asli.

Hal ini penting bagi pembeli untuk diingat saat meminta pengembalian dana penuh atau sebagian.

 

Pemikiran Akhir tentang Pengembalian Dana Sebagian di eBay

Sistem pengembalian dana sebagian adalah salah satu alat yang disediakan bagi penjual eBay untuk menjaga transaksi yang terbuka dan jujur dengan pembelinya.

Ini tersedia sebagai alat untuk menyelesaikan perselisihan dan memastikan bahwa Anda dapat menghindari umpan balik negatif.

Penjual yang menawarkan pengembalian dana sebagian juga dapat memenuhi syarat untuk kredit biaya di eBay.

Kredit biaya yang Anda terima sebanding dengan jumlah pengembalian dana yang diterima pembeli Anda untuk transaksi atau biaya yang Anda bayarkan.

Jika pelanggan Anda puas, maka Anda dapat menjaga kelangsungan bisnis Anda.

Pengembalian dana eBay mungkin berdampak pada margin keuntungan Anda, tetapi itu akan membantu menjaga keberlanjutan bisnis Anda dalam jangka panjang.

 

FAQs tentang Pengembalian Sebagian di eBay

Dapatkah saya memberikan pengembalian sebagian di eBay?

Ya, Anda dapat memberikan pengembalian sebagian kepada pembeli Anda atas berbagai alasan, dan dalam jangka waktu yang ditentukan sejak pesanan asli.

 

Apakah eBay masih mengenakan biaya jika saya mengembalikan dana?

eBay akan mengeluarkan biaya nilai akhir setelah Anda dan pembeli menyelesaikan masalah eBay Anda. Biaya nilai akhir akan ditahan jika pembeli meminta eBay untuk meninjau kasus tersebut.

×

Start your eCommerce Journey with ZIK

Start your eCommerce Journey with ZIK

Start your eCommerce Journey with ZIK