Pemahaman eBay Cassini: Bagaimana Mengalahkan Algoritma eBay pada 2023

Untuk menghasilkan penjualan di toko eBay Anda, pelanggan harus menemukan Anda terlebih dahulu.

Setiap penjual serius di eBay harus mengetahui kompleksitas algoritma eBay untuk mengalahkannya dan mencapai puncak hasil pencarian.

Semakin tinggi peringkat pencarian Anda, semakin banyak pelanggan yang dapat melihat produk dari katalog eBay Anda, sehingga meningkatkan peluang Anda untuk melakukan penjualan dari istilah pencarian yang relevan.

Tentu saja, tidak ada jaminan pasti ketika berhubungan dengan algoritma mesin pencari eBay.

Namun, jika Anda dapat mengoptimalkan kinerja SEO eBay Anda, Anda sudah satu langkah lebih dekat untuk menjangkau lebih banyak pelanggan dan meningkatkan penjualan.

Dalam panduan ini, Anda akan menemukan tips untuk mengoptimalkan strategi SEO eBay Anda dan mengembangkan bisnis Anda dengan cepat.

Secara khusus, Anda akan mempelajari tentang mesin pencari eBay Cassini untuk tahun 2023 dan faktor-faktor yang harus Anda pertimbangkan tentang cara meningkatkan daftar produk Anda dan mengonversinya menjadi penjualan.

 

Apa itu Mesin Pencari eBay Cassini?

Sebelum Anda dapat terjun ke dalam dunia kompleks tips SEO eBay, pertama-tama Anda perlu memahami bahwa optimasi daftar eBay bekerja seperti mesin pencari tradisional seperti Google.

Tujuan algoritma ini adalah untuk menemukan pencocokan terbaik untuk istilah pencarian dan frasa kata kunci yang dimasukkan oleh pengguna ke dalam bilah pencarian.

Sebagai contoh, pengguna eBay yang mencari produk tertentu akan dipasangkan dengan produk yang relevan dari penjual eBay.

Algoritma eBay mempertimbangkan berbagai item untuk peringkat seperti judul daftar eBay, kategori produk yang benar, dan kata kunci fokus, antara lain.

Dalam beberapa kasus, penilaian dari pelanggan eBay juga bisa memainkan peran.

Inti dari masalah di sini adalah bahwa eBay ingin pelanggan mendapatkan pengalaman belanja terbaik dari situs web mereka.

Oleh karena itu, mereka telah mengoptimalkan mesin pencari eBay dan algoritmanya sedemikian rupa sehingga akan memberikan mereka persis apa yang mereka cari.

Jika pengguna eBay memiliki pengalaman positif, mereka lebih mungkin untuk kembali ke situs web untuk kebutuhan belanja masa depan mereka.

 

Bagaimana Cara Kerja Mesin Pencari eBay?

how does eBay cassini work

Jika Anda ingin meningkatkan hasil peringkat pencarian Anda di eBay – seperti yang diinginkan semua pemilik toko eBay – penting untuk mengidentifikasi faktor-faktor peringkat pencarian yang kritis.

Dengan eBay, tiga faktor utama memengaruhi kinerja daftar peringkat Anda:

• Optimasi mesin pencari

• Kinerja penayangan

• Kinerja toko

Mari kita analisis masing-masing faktor ini untuk sepenuhnya memahami bagaimana Anda dapat meningkatkan lalu lintas eBay ke toko Anda dan meningkatkan penjualan pada daftar produk eBay Anda.

 

1. Optimasi Mesin Pencari

Jika Anda bukan pemula dalam penjualan dan bisnis online, maka Anda sepenuhnya menyadari apa itu SEO (search engine optimization).

Prinsip di balik peringkat situs web Anda di Google berfungsi sama dalam peringkat pencarian eBay.

 

Kata Kunci

Kata kunci merupakan inti dari strategi SEO eBay Anda.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menemukan istilah pencarian terbaik dan kata kunci fokus untuk dioptimalkan berdasarkan produk yang Anda jual di katalog eBay Anda.

Penelitian kata kunci eBay adalah dasar yang menyatukan kinerja mesin pencari Anda.

Mulailah penelitian kata kunci Anda di dalam bilah pencarian eBay. Ketik produk yang Anda cari dan lihat saran pencarian lain untuk produk tersebut.

Saran pencarian di bilah pencarian merupakan indikasi dari istilah pencarian teratas yang digunakan oleh pengguna eBay untuk pencarian yang relevan.

Anda dapat memulai dengan kata kunci ini saat mengoptimalkan daftar Anda.

Anda tidak perlu menggunakan semua kata kunci yang disarankan dan hanya memilih yang paling relevan dengan produk atau toko Anda.

Anda perlu memasukkan frasa kata kunci yang telah Anda targetkan untuk toko eBay Anda ke dalam judul daftar Anda.

Secara langsung, judul yang dioptimalkan dengan baik akan memberi tahu algoritma eBay dan pengguna eBay tentang apa produk Anda.

Selain judul, Anda dapat mengoptimalkan daftar Anda dengan menambahkan kata kunci ke deskripsi produk.

Gunakan berbagai kata kunci pendek dan panjang sehingga Anda dapat menargetkan istilah pencarian yang tepat digunakan untuk mencari produk yang serupa dengan yang ada di situs web eBay Anda.

Penting untuk dicatat bahwa Anda sebaiknya tidak berlebihan dalam menggunakan strategi kata kunci dan hindari penggunaan kata kunci berlebihan.

Tulis deskripsi untuk daftar produk Anda dengan mempertimbangkan pertanyaan pencarian nyata dari pengguna manusia.

Idealnya, Anda harus menempatkan kata kunci fokus pada judul dan sisanya dari frasa kata kunci yang ditargetkan pada deskripsi.

Selain itu, judul yang terlihat spam dapat membuat pelanggan enggan dan memberi mereka kesan bahwa toko Anda tidak dapat dipercaya.

Oleh karena itu, tidak ada gunanya menggunakan metode ini.

Tip penting lain saat membuat daftar di toko eBay Anda adalah hindari menggunakan kode HTML.

Ini dapat memperlambat waktu muat halaman Anda, terutama jika Anda memiliki terlalu banyak gambar di toko Anda.

Ini bisa berdampak signifikan pada kinerja peringkat pencarian Anda. Lebih baik menjaga agar tetap bersih dan ringkas.

 

Harga

Harga adalah faktor kritis lain dalam kinerja pencarian eBay Anda. Tidak dirahasiakan bahwa eBay adalah salah satu pasar online terbesar di internet.

Oleh karena itu, tidak jarang untuk bertemu dengan penjual eBay lain yang memiliki produk yang sama dengan Anda.

Tentu saja, penjual-penjual ini juga telah melakukan riset dan mengoptimalkan produk mereka agar muncul dalam hasil pencarian eBay.

Tugas Anda adalah tetap berada di atas kompetisi dan meneliti skema harga dari para pesaing ini.

Anda dapat meningkatkan penjualan dengan menurunkan harga untuk menarik lebih banyak pelanggan.

Strategi ini tidak selalu berhasil; beberapa pelanggan tidak keberatan membayar sedikit lebih mahal untuk produk berkualitas dan layanan pelanggan yang sangat baik.

Oleh karena itu, Anda juga harus mempertimbangkan hal-hal lain yang akan membantu membawa pelanggan ke toko Anda.

 

Kebijakan Pengiriman dan Pengembalian

Hal ini membawa kita ke aspek penting berikutnya dari kinerja optimasi mesin pencari Anda di eBay: biaya pengiriman dan kebijakan pengembalian.

Ketika menyiapkan atau memperluas toko eBay Anda, penting untuk meninjau kebijakan pengiriman dan pengembalian Anda karena ini dapat sangat memengaruhi pengalaman pelanggan. Seberapa cepat Anda mengirimkan produk Anda?

Berapa banyak hari yang Anda izinkan pelanggan untuk mengembalikan produk yang rusak atau tidak memuaskan?

Apakah Anda menawarkan pengiriman gratis?

Jika tidak, berapa biaya pengiriman?

Anda perlu membuat kebijakan toko Anda ramah pengguna.

Dengan melakukan ini, Anda dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan untuk membeli dari toko eBay Anda dan mengalahkan banyak penjual yang merupakan pesaing Anda.

Singkatnya, kata kunci adalah faktor paling penting dalam peringkat pencarian Anda, tetapi bukan satu-satunya faktor.

Semua tiga faktor – kata kunci, harga, dan kebijakan pengiriman dan pengembalian – harus diperhitungkan untuk meningkatkan penempatan Anda dalam hasil pencarian.

 

2. Kinerja Penayangan

listing performance for eBay

Area berikutnya yang perlu difokuskan untuk mengoptimalkan kinerja SEO eBay adalah kinerja penayangan. Dalam aspek ini, terdapat tiga faktor utama yang harus Anda pertimbangkan:

• Tingkat Klik

• Tingkat Konversi

• Riwayat Penjualan

Daftar eBay yang dioptimalkan dengan baik dapat memakan waktu sekitar beberapa jam sebelum diindeks oleh algoritma dan muncul dalam hasil pencarian eBay untuk istilah pencarian yang relevan.

Namun, bukan tentang tetap berada di puncak peringkat pencarian yang merupakan tantangan, tetapi tetap berada di sana.

Algoritma pencarian eBay menggunakan beberapa faktor yang membantu mereka menentukan seberapa baik kinerja peringkat pencarian Anda.

 

Tingkat Klik

Tingkat klik adalah salah satu faktor terpenting yang akan menjadi dasar peringkat Anda dalam algoritma mesin pencari.

Ini merujuk pada jumlah kali orang mengklik daftar produk Anda ketika muncul dalam hasil pencarian.

Beberapa faktor memengaruhi tingkat klik Anda, seperti seberapa baik judul Anda dioptimalkan dan gambar yang digunakan bersama dengan daftar eBay.

Anda juga dapat menawarkan diskon kepada calon pelanggan untuk meningkatkan tingkat klik pada produk Anda.

 

Tingkat Konversi

Tingkat konversi adalah langkah selanjutnya dalam faktor kinerja daftar Anda untuk mendapatkan peringkat tinggi di mesin pencari eBay.

Tingkat konversi merujuk pada berapa banyak pelanggan yang mengklik katalog produk eBay Anda dari hasil pencarian yang akhirnya membeli produk tersebut.

Meningkatkan tingkat konversi adalah topik tersendiri yang bisa lebih dalam dijelajahi.

Namun, Anda dapat fokus pada strategi yang jelas seperti bijak dalam menentukan harga, memberikan diskon dan penawaran pengiriman gratis, dan menawarkan layanan pelanggan yang sangat baik.

 

Riwayat Penjualan

Pada pandangan pertama, mungkin tampak bahwa faktor optimasi mesin pencari ini sesuatu yang di luar kendali Anda. Namun, ada strategi untuk membantu Anda mendapatkan riwayat penjualan yang lebih tinggi di eBay.

Ketika pelanggan mencari suatu produk tertentu secara online, mereka dapat melihat berbagai informasi tentang produk tersebut seperti judul, harga, dan deskripsi, antara lain.

Pelanggan juga dapat melihat riwayat penjualan untuk produk tertentu, seperti berapa banyak item tersebut telah terjual selama periode waktu tertentu.

Salah satu cara untuk meningkatkan riwayat penjualan Anda adalah dengan mulai menjual produk terlaris di eBay. Anda juga dapat menawarkan produk-produk ini dengan keuntungan marjinal.

Tujuannya adalah untuk awalnya meningkatkan riwayat penjualan Anda. Seiring waktu, Anda dapat menyesuaikan harga Anda untuk meningkatkan margin keuntungan Anda juga.

 

3. Kinerja Toko

improving ebay store performance

Kinerja toko eBay Anda juga dapat memainkan peran kritis dalam seberapa tinggi (atau rendah) peringkat hasil pencarian Anda akan menjadi.

Ada tiga area fokus di sini yang harus Anda perhatikan ketika ingin meningkatkan lalu lintas eBay ke toko Anda:

• Tingkat Penjualan Melalui

• Layanan Pelanggan

• Tingkat Cacat & Keterlambatan Pengiriman

 

Tingkat Penjualan Melalui

Tingkat penjualan melalui adalah metrik jangka panjang yang memiliki dampak signifikan pada kinerja peringkat pencarian eBay untuk toko Anda.

Tingkat penjualan melalui merujuk pada persentase dari inventaris Anda yang terjual kepada pelanggan berdasarkan daftar aktif Anda.

Semakin tinggi tingkat penjualan melalui, semakin banyak produk yang berhasil Anda jual dengan aktif terdaftar. Data ini dihitung di eBay setiap bulan.

Ini adalah indikator yang baik dari tren penjualan di toko eBay Anda, yang juga memberikan gambaran seberapa baik Anda menghasilkan penjualan di situs web.

Sebagian besar penjual eBay setuju bahwa tingkat penjualan melalui sebesar 80% atau lebih tinggi adalah rentang ideal yang harus dikejar.

Jika Anda ingin meningkatkan optimasi daftar eBay Anda, inilah persentase yang harus Anda kejar.

Mesin pencari eBay akan menilai lebih tinggi mereka yang memiliki tingkat penjualan melalui yang lebih tinggi daripada mereka dengan tingkat yang lebih rendah.

 

Layanan Pelanggan

Ya, layanan pelanggan memiliki dampak pada peringkat pencarian eBay.

Inilah sebabnya mengapa Anda perlu menekankan layanan pelanggan yang sangat baik jika Anda ingin meningkatkan kinerja SEO eBay Anda.

Selalu siap menjawab pertanyaan pelanggan dengan sopan dan cepat.

Bahkan jika itu hanya pesan sederhana atau pertanyaan tentang produk, selalu menjadi yang terakhir merespons pelanggan Anda, dan jangan lupa mengucapkan “terima kasih”.

Berguna jika Anda memiliki templat respons untuk setiap jenis kekhawatiran pelanggan, yang akan memungkinkan Anda merespons dengan cepat terhadap setiap pesan.

Komunikasi berkualitas penting untuk kinerja akun penjual eBay Anda; pastikan Anda mengembangkan sistem yang baik di sini.

 

Tingkat Cacat & Keterlambatan Pengiriman

Aspek kinerja akun Anda ini adalah sesuatu yang bisa Anda kendalikan. Hindari cacat pada barang Anda dengan memilih pemasok Anda dengan hati-hati.

Penting juga untuk mengirimkan pengiriman tepat waktu untuk menghindari keluhan pelanggan tentang pengiriman terlambat dan masalah pengiriman lainnya.

Sayangnya, pengiriman dapat menjadi masalah jika Anda menggunakan model bisnis dropshipping.

Berbeda dengan grosir yang memiliki kontrol atas penanganan dan pengiriman produk, Anda tidak memiliki kemewahan yang sama sebagai dropshipper eBay.

Ini saat yang tepat untuk mengingatkan Anda untuk memilih pemasok dropshipping Anda dengan hati-hati untuk menghindari pengaruh negatif pada peringkat akun Anda di eBay.

 

Tips Bonus

Anda dapat membangun strategi SEO eBay yang tangguh dengan menggunakan alat pembuat judul yang handal seperti ZIK Analytics.

Alat ini membantu Anda menghasilkan judul dan deskripsi daftar yang dioptimalkan berdasarkan frasa kata kunci fokus Anda.

Ini menghilangkan pekerjaan dari proses optimasi mesin pencari dan menjadikan Anda satu langkah lebih maju dari pesaing Anda.

Anda dapat menggabungkannya dengan tips lain yang Anda pelajari dari panduan ini untuk membantu mengoptimalkan kinerja di mesin pencari Cassini eBay.

 

FAQs tentang eBay SEO

Apakah Anda mencari tips lebih lanjut tentang eBay SEO atau informasi tentang cara mengembangkan strategi eBay SEO yang menang?

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang paling sering diajukan beserta informasi yang sesuai.

 

Apakah listing yang dipromosikan lebih baik di eBay?

Secara teknis, listing yang dipromosikan tidak lebih baik selama Anda memiliki rencana eBay SEO yang solid.

Namun, banyak penjual eBay memilih untuk membayar listing untuk mempercepat proses peringkat lebih tinggi di mesin pencari dan hasil pencarian.

Satu-satunya downside dari listing yang dipromosikan adalah bahwa Anda harus memiliki margin keuntungan yang spesifik untuk dapat membayar layanan tersebut.

Jika tidak, Anda bisa dengan mudah menghabiskan semua keuntungan yang Anda dapatkan dari bisnis eBay Anda.

Sebelum Anda mempertimbangkan listing yang dipromosikan, penting untuk memulai dengan strategi optimasi mesin pencari organik terlebih dahulu.

Meskipun tidak ada jaminan, Anda masih bisa mencapai puncak peringkat pencarian jika Anda tahu cara mengoptimalkannya dengan baik.

 

Bagaimana algoritma pencarian eBay bekerja?

Mesin pencari Cassini untuk eBay menggunakan pendekatan algoritma ‘best match’. Beberapa faktor diperhitungkan saat mengevaluasi setiap daftar dan peringkat pencarian.

Tujuannya adalah untuk mencocokkan istilah pencarian yang digunakan dengan produk yang tersedia, yang melibatkan tingkat klik, kinerja penjualan, dan riwayat penjualan.

 

Bagaimana cara membuat daftar saya lebih tinggi di eBay?

Bertindak strategis saat mengembangkan strategi optimasi mesin pencari eBay Anda. Ini dimulai dengan memilih kata kunci yang tepat untuk ditargetkan untuk produk Anda.

Pastikan Anda memiliki kata kunci yang populer dan long-tail.

Selanjutnya, Anda perlu tahu cara mengoptimalkan daftar eBay Anda menggunakan kata kunci tersebut. Jika tidak, Anda tidak akan mendapatkan peringkat lebih tinggi untuk istilah pencarian yang relevan.

 

Bagaimana cara meningkatkan penjualan di eBay 2023?

Anda perlu mempelajari dan memahami konsep dan prinsip di balik mesin pencari eBay. Ini kritis jika Anda ingin melampaui pesaing Anda.

Perhatikan faktor peringkat yang dibahas dalam panduan ini untuk membantu Anda mengembangkan strategi mesin pencari terbaik untuk meningkatkan penjualan eBay.

 

Bagaimana cara membuat item eBay saya muncul di Google?

Anda dapat menggunakan strategi optimasi mesin pencari yang sama di eBay seperti yang Anda lakukan dengan Google.

Penelitian kata kunci dan mengoptimalkan produk Anda akan membantu Anda muncul di puncak peringkat eBay dan diindeks oleh Google juga.

 

Apa itu algoritma Cassini?

Algoritma Cassini didasarkan pada mesin pencari internal di situs web eBay.

Mesin pencari dan algoritmanya bertanggung jawab untuk mengevaluasi berbagai faktor yang memengaruhi kinerja daftar toko atau produk di eBay.

Fokus algoritma ini adalah untuk menemukan produk yang paling cocok untuk istilah pencarian tertentu untuk meningkatkan peluang mereka menghasilkan penjualan dari pencarian tersebut.

×

Start your eCommerce Journey with ZIK

Start your eCommerce Journey with ZIK

Start your eCommerce Journey with ZIK