eBay vs Bonanza: Apakah Bonanza Merupakan Alternatif Terbaik untuk eBay?

E-commerce sedang mengubah cara orang berbelanja.

Dunia ritel sebagaimana kita kenal sepenuhnya berubah dari apa yang pernah ada satu atau dua dekade yang lalu. Jika Anda terbiasa berbelanja online, Anda tahu apa yang saya maksud!

Namun, mari kita perhatikan dengan cermat statistik dan angka terlebih dahulu.

Menurut Forbes, penjualan e-commerce ritel secara global terus tumbuh sejak tahun 2021, dan diperkirakan akan terus berlanjut hingga 2026. Pada Januari 2021, penjualan e-commerce mencapai $5.2 Triliun, tetapi pada Januari 2023, nilainya kini mencapai $6.3 triliun.

Sumber yang sama menyatakan bahwa hampir 21% dari penjualan ritel akan terjadi secara online pada tahun 2023. Persentase ini diproyeksikan akan mencapai 24% pada tahun 2026.

Dengan ini diingat, jelas bahwa menjual secara online adalah usaha yang menguntungkan. Tetapi sebelum Anda mulai menjual, ada satu keputusan penting: platform mana yang harus Anda pilih?

Ada berbagai platform online, dan pilihan Anda bisa menjadi perbedaan antara membangun toko online yang sukses atau tidak.

Dua platform yang menonjol bagi calon penjual online: Bonanza vs eBay. Saya akan membahas kedua pilihan e-commerce ini dan mana yang harus Anda pilih untuk meningkatkan penjualan toko online Anda.

Mari kita telusuri kedua platform ini untuk membantu meluncurkan toko online Anda dan meningkatkan peluang kesuksesan Anda.

Ikhtisar Artikel

Apa itu Bonanza?
Fitur-Fitur Situs Penjualan Bonanza
Impor Produk
Fitur Obrolan Langsung
Impor Umpan Balik eBay
Google AdWords

Lalu Lintas Berbayar
Picture Burner
Biaya Berjualan di Bonanza
Bonanza vs eBay: Mana yang Lebih Baik?
Apakah Bonanza Legal?
Pemikiran Akhir

 

Apa itu Bonanza?

Dikenal sebagai alternatif terbaik untuk eBay, Bonanza adalah pasar online di mana pemilik akun Bonanza dapat memasukkan daftar barang yang dijual. Pasar online ini diluncurkan pada tahun 2007 setelah pemiliknya mengalami penjualan barang yang tidak berhasil di Seattle.

Saat ini, Bonanza merupakan salah satu tempat terbaik untuk memulai penjualan online. Ini adalah platform di mana penjual skala kecil dapat menjual produk, mirip dengan eBay atau platform e-commerce lainnya.

Namun, beberapa variasi kecil dalam cara Bonanza bekerja membuatnya menjadi alternatif yang baik bagi siapa pun yang ingin menghasilkan uang secara online.

Berbeda dengan eBay, Anda tidak perlu melakukan pembayaran di muka jika Anda mendaftar akun Bonanza. Namun, Anda perlu membayar biaya komisi untuk setiap penjualan yang berhasil Anda lakukan di situs web ini.

Situs web ini adalah platform yang berorientasi pada penjual, menjadikannya pilihan yang ideal bagi mereka yang baru memulai penjualan online.

Lebih dari 40.000 penjual dan sekitar 22 juta produk terdaftar di Bonanza. Oleh karena itu, basis penggunaannya tidak sebesar eBay, tetapi menargetkan penjual online kecil, seperti mereka yang membuat dan mendesain produk mereka sendiri.

Bonanza adalah pasar online yang sesuai untuk siapa pun yang ingin membuat barang-barang buatan tangan, seperti perhiasan buatan tangan, kosmetik, mainan, aksesori, dan kerajinan.

 

Fitur-Fitur Situs Penjualan Bonanza

Apa yang membuat pasar Bonanza menjadi alternatif terbaik untuk eBay?

Sebelum Anda menjual online melalui platform ini, bermanfaat untuk memeriksa fitur-fitur situs penjualan Bonanza untuk membantu menentukan apakah menjual di Bonanza adalah pilihan terbaik Anda.

 

Impor Produk

Impor produk adalah salah satu fitur utama untuk menjual di Bonanza. Fitur ini memudahkan impor daftar yang sudah ada dari Amazon atau eBay ke Bonanza. Anda dapat melakukannya dengan beberapa klik, mengangkut inventaris Amazon atau eBay Anda ke Bonanza.

Ini menjaga konsistensi daftar Anda di berbagai saluran penjualan. Ini membantu Anda menghemat waktu saat mengelola daftar Anda di berbagai platform dengan mudah, sehingga lebih mudah untuk memaksimalkan potensi penjualan.

 

Fitur Obrolan Langsung

Penjual Bonanza memiliki akses ke fitur obrolan langsung bawaan di platform ini. Fitur obrolan langsung ini berguna karena memungkinkan Anda merespons pertanyaan pelanggan secara real-time.

Beberapa pelanggan mungkin tertarik pada suatu produk tertentu tetapi mungkin memiliki pertanyaan tentang penggunaannya atau kondisinya sebelum memutuskan untuk membelinya.

Fitur obrolan langsung bermanfaat karena penjual Bonanza dapat berkomunikasi langsung dengan pelanggan, terutama jika keduanya online pada saat komunikasi tersebut.

Jika pelanggan memiliki pertanyaan apa pun, pertanyaan tersebut dapat segera dijawab. Ini akan membantu pelanggan memutuskan untuk membeli produk dan menciptakan rasa mendesak yang dapat meningkatkan penjualan di toko online Anda.

Pada saat yang sama, Anda dapat memanfaatkan fitur obrolan untuk membangun hubungan dan memperkuat kepercayaan dengan pembeli Anda.

Menanggapi pertanyaan pelanggan dengan cepat dapat meningkatkan kredibilitas Anda sebagai penjual dan membentuk hubungan dengan pelanggan.

 

Impor Umpan Balik eBay

Jika Anda baru memulai penjualan di Bonanza, dapat sulit untuk membangun kepercayaan di antara calon pelanggan Anda.

Kepercayaan adalah faktor berharga yang akan membantu Anda membangun toko online yang sukses. Bonanza memiliki fitur unik yang disebut impor umpan balik eBay. Dan fitur ini sangat berguna dalam situasi ini.

Alat ini menilai skor Anda di eBay menggunakan umpan balik terakhir 1000. Oleh karena itu, Anda dapat memanfaatkan kredibilitas Anda di eBay untuk membangun kepercayaan di kalangan calon pelanggan.

Bahkan jika akun Anda baru, ini dapat membantu Anda menarik pembeli yang mungkin tertarik pada produk Anda.

 

Google AdWords

Fitur penjualan utama lainnya dari Bonanza adalah akses ke Google AdWords. Bonanza memiliki sejarah panjang dengan Google, yang menguntungkan penjual yang ingin produk mereka mencapai lebih banyak orang.

Daftar Bonanza Anda juga akan muncul dalam iklan Google Shopping, memberikan produk Anda lebih banyak kesempatan untuk dilihat – dan terjual.

 

Jika Anda ingin mengoptimalkan paparan produk Anda, Anda juga dapat menggunakan lalu lintas berbayar untuk meningkatkan daftar Anda di Bonanza. Dengan sedikit investasi, Anda dapat menampilkan produk Anda di mitra afiliasi Bonanza, pelanggan Bonanza, pelanggan eBay, dan pengguna Bing!

Bahkan jika calon pembeli tidak berada di Bonanza, mereka dapat menemukan produk Anda dan berpotensi mengubah paparan itu menjadi penjualan.

 

Picture Burner

Setiap penjual online tahu Anda memerlukan gambar produk yang baik untuk mendorong pembeli berbelanja produk Anda. Sayangnya, tidak semua penjual dapat mengakses alat fotografi profesional, seperti perangkat lunak pengeditan, untuk mendapatkan gambar beresolusi tinggi.

Background Burner dari Bonanza diciptakan untuk tujuan ini. Anda dapat menggunakan alat ini untuk mengunggah gambar Anda dan menghapus latar belakang untuk membuat gambar yang sederhana dan bersih. Menghapus latar belakang pada foto menyoroti produk dan membuatnya kurang mengganggu bagi pembeli.

 

Biaya Berjualan di Bonanza

Biaya adalah salah satu alasan mengapa Bonanza dianggap sebagai alternatif terbaik untuk eBay.

Jadi, berapa yang harus Anda bayar ketika menjual di pasar ini?

Dan berapa banyak yang dapat dibawa pulang oleh penjual dari barang yang terjual?

Pertama, Bonanza tidak mengenakan biaya selama proses pendaftaran. Anda juga tidak perlu membayar biaya daftar, berbeda dengan eBay. Sebaliknya, mereka hanya akan mengurangkan sejumlah kecil dari nilai tawaran akhir untuk barang yang terjual.

Biaya yang lebih tinggi yang Anda bayarkan untuk mendaftar di Bonanza juga setara dengan tingkat paparan produk Anda melalui saluran lalu lintas berbayar, seperti Google Shopping.

Tingkat Ekonomi mengharuskan Anda membayar 2.5% pada biaya nilai tawaran akhir untuk pembelian lalu lintas organik. Tingkat berikutnya disebut Dasar, yang menampilkan produk Anda kepada 1,2 juta pembeli dengan komisi 9% untuk setiap penjualan.

Tingkat berikutnya adalah Standar, yang memiliki biaya 12% pada biaya nilai tawaran akhir untuk mengakses hingga 2,5 juta pembeli online. Biaya Superior adalah 19% untuk kesempatan memamerkan produk Anda kepada 4,1 juta pembeli.

Dan kemudian tingkat Elite Max berada pada 30% biaya penjual, yang memberikan kesempatan produk Anda untuk dipamerkan kepada lebih dari 6 juta pembeli online.

Penjual dapat memilih keanggotaan Bonanza, yang dapat dibayar bulanan atau tahunan. Meskipun berbagai tingkat keanggotaan dapat bervariasi dan membingungkan, terutama bagi penjual baru, biaya yang lebih rendah membuat menjual di Bonanza menjadi usaha yang menguntungkan.

Biaya saat ini untuk semua penjualan adalah biaya transaksi sebesar $0,25 bagi setiap penjual Bonanza yang tidak memiliki akun keanggotaan aktif. Selain dari biaya transaksi, penjualan yang dihasilkan di Bonanza tunduk pada biaya nilai tawaran akhir.

Biaya Nilai Tawaran Akhir juga berdasarkan pada Nilai Tawaran Akhir, yaitu jumlah yang dibayar pembeli untuk setiap item yang dijual.

Biaya lain yang harus Anda pertimbangkan ketika Anda berencana untuk menjual melalui pasar Bonanza. Menggunakan skema Periklanan Bonanza dapat menjadi investasi yang berharga untuk meningkatkan penjualan dan mengekspos pembeli Anda pada lebih banyak produk.

Biaya iklan aktual Anda akan bergantung pada banyak faktor, seperti pengaturan iklan yang Anda pilih saat mendaftar. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang Periklanan di Bonanza dan biaya lainnya untuk membantu Anda memilih pengaturan yang tepat.

Berikut adalah ikhtisar biaya penjualan Bonanza:

  • Semua non-anggota harus membayar biaya transaksi sebesar $0,25 untuk semua penjualan di atas biaya nilai tawaran akhir.
  • Penjual dapat meminta pengembalian dana atas biaya nilai tawaran akhir dalam waktu 180 hari sejak tanggal transaksi. Jika Anda mengajukan permintaan pengembalian dana setelah 180 hari, permintaan Anda tidak akan dihormati.
  • Nilai tawaran akhir tetap sama, apakah dibeli melalui opsi “Beli Sekarang” atau “Tawaran Terbaik”.

Bonanza vs eBay: Mana yang Lebih Baik?

Bonanza vs eBay adalah dua tempat teratas untuk menjual barang secara online. Bonanza muncul sebagai alternatif terbaik jika Anda tidak ingin membayar biaya yang lebih tinggi pada akun eBay Anda.

Mari kita lihat empat area dasar yang perlu dipertimbangkan untuk membantu Anda memilih antara Bonanza vs eBay.

 

Biaya

Biaya penjualan adalah tempat terbaik untuk memulai ketika membandingkan eBay dan Bonanza. Sebagian besar pemilik akun eBay mengeluh tentang biaya yang lebih tinggi di eBay dan banyaknya biaya yang harus dibayar, seperti biaya daftar dan biaya tambahan lainnya.

eBay bukanlah pilihan yang baik bagi penjual yang ingin menghasilkan lebih banyak uang karena biaya ini dapat secara signifikan mengurangi keuntungan Anda.

Bonanza mendapatkan keunggulan dalam hal ini karena Anda dapat menghasilkan lebih banyak uang saat menjual melalui platform ini.

 

Pengguna

Pertimbangan penting lainnya saat memutuskan apakah akan menjual di eBay atau Bonanza adalah basis pelanggan. Jelas, eBay memiliki lebih banyak pelanggan yang dapat Anda targetkan untuk melakukan penjualan lebih banyak.

Ini memberi Anda keunggulan karena produk Anda memiliki tingkat paparan yang lebih tinggi dibandingkan dengan Bonanza.

Jika Anda bersedia membayar biaya di eBay untuk memanfaatkan popularitas situs web, Anda berpotensi berhasil dengan bisnis online Anda. Tetapi jika Anda ingin mencapai basis pelanggan yang ditargetkan, maka Bonanza adalah pilihan yang sangat baik.

 

Kemudahan Penggunaan

Kedua situs web menawarkan antarmuka yang mudah digunakan dan desain yang intuitif. Anda dapat menyelesaikan transaksi hanya dengan beberapa klik, bahkan untuk penjual baru.

 

Interaksi dengan Pelanggan

Bonanza dan eBay memberikan kesempatan untuk berinteraksi dengan pelanggan melalui beragam alat pesan mereka. Bonanza, khususnya, menawarkan fungsi obrolan langsung yang memungkinkan Anda merespons pelanggan secara real-time.

Ini membantu Anda membangun hubungan dengan pelanggan dan membentuk kepercayaan di kalangan calon pembeli Anda. Ini juga memudahkan penyelesaian sengketa atau masalah lain, terutama jika Anda mendapatkan ulasan negatif.

 

Apakah Bonanza Legal?

Ya, Bonanza adalah pasar online dan platform penjualan yang sah.

Better Business Bureau memberikan situs web ini rating A+. Rating konsumen rata-rata di platform ini adalah 8.4 dari 10, yang menunjukkan bahwa ini adalah situs web yang aman dan sah.

Ulasan penjual menunjukkan bahwa ini adalah tempat yang sah untuk menjual online, terutama jika Anda mencari pasar yang lebih terarah dan merasa bahwa eBay terlalu jenuh.

Tetapi seperti sebagian besar situs web lainnya secara online, Bonanza tidak sepenuhnya terlindungi dari penipuan. Penting untuk berhati-hati saat menggunakan platform ini untuk menghindari pembeli dan penjual yang tidak jujur.

 

Pemikiran Akhir

Jadi, yang mana yang lebih baik: Bonanza vs eBay?

Akan sia-sia membandingkan keduanya karena eBay memiliki kelebihan dan kekurangan yang jelas, begitu pula dengan Bonanza. Kedua pasar online ini menarik basis pelanggan yang berbeda, sehingga cocok untuk penjual yang berbeda pula.

Cara terbaik untuk membantu Anda memilih dan menentukan apakah Bonanza adalah alternatif terbaik untuk eBay adalah dengan melihat fitur-fitur yang ditawarkan dan membandingkannya dengan tujuan bisnis Anda. Apakah Anda ingin menargetkan lebih banyak pelanggan dan meningkatkan penjualan?

Atau apakah Anda ingin memiliki platform di mana Anda dapat memamerkan kreasi buatan tangan Anda?

Menganalisis fitur-fitur setiap pasar dan melihat apakah mereka sejalan dengan tujuan penjualan online Anda akan membantu Anda membuat keputusan yang terinformasi.

×

Start your eCommerce Journey with ZIK

Start your eCommerce Journey with ZIK

Start your eCommerce Journey with ZIK