eBay vs Etsy vs Amazon – Platform perdagangan online mana yang terbaik untuk tahun 2024

Jika Anda sedang memulai perjalanan e-commerce online Anda, tidak diragukan lagi Anda telah melihat penggunaan pasar online seperti eBay, Amazon, atau Etsy. Setiap platform memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan dalam artikel ini, kami mencoba membandingkannya semua untuk menemukan pemenang yang jelas.

Pes konkuren utama eBay adalah Amazon, yang merupakan raksasa e-commerce dengan pangsa pasar 48% dan penjualan sebesar $233 miliar melalui 650.000 karyawan di seluruh dunia. eBay menempati peringkat kedua dengan pangsa pasar 7,2% dan penjualan tahunan sebesar $11 miliar di pasaran.

Didirikan pada tahun 1994 oleh Jeff Bezos, Amazon juga merupakan perusahaan terbesar di dunia dengan nilai merek sebesar $755 miliar. Ia memiliki lebih dari 100 juta pengguna aktif dan lebih dari 119 juta produk, menjadikannya bisnis e-commerce terbesar di dunia.

 

Apakah Amazon merupakan pesaing dari Etsy?

Amazon dan Etsy adalah dua platform e-commerce yang berbeda. Amazon adalah platform e-commerce terbesar yang mencakup berbagai jenis produk, sedangkan Etsy utamanya menjual barang seni dan kerajinan, barang antik, dan barang vintage.

Pada tahun 2015, Amazon meluncurkan situs produk yang dibuat secara handmade untuk memberikan persaingan sengit terhadap Etsy. Amazon Handmade sekarang menjual produk yang dibuat secara handmade, hadiah, aksesori, item dekorasi, perhiasan, dan produk serupa yang tersedia di Etsy.

Dengan diperkenalkannya Amazon Handmade, berarti bahwa Amazon sekarang menjadi pesaing langsung Etsy, seperti platform lain yang menjual produk seni dan kerajinan.

 

Apakah Etsy lebih besar dari Amazon?

Etsy diluncurkan pada tahun 2005, sekitar satu dekade setelah Amazon. Saat ini, nilai Etsy mencapai lebih dari $2 miliar di Bursa Efek New York.

Meskipun ukuran Amazon jauh lebih besar, kesuksesan Etsy tidak boleh dianggap enteng.

Tidak adil juga untuk membuat perbandingan langsung antara Etsy dan Amazon secara keseluruhan, karena audiens target keduanya sangat berbeda. Lebih masuk akal untuk membandingkan Amazon Handmade dan Etsy, karena dalam hal ini keduanya bersaing untuk mendapatkan pemirsa pembeli yang sama.

Dalam niche ini, Etsy memiliki posisi kuat di mana pembeli di platform tersebut secara khusus mencari produk handmade, vintage, dan kerajinan tangan.

NAMUN, jangan biarkan itu menghalangi Anda untuk memanfaatkan pasar online terbesar di dunia. Amazon mampu tumbuh menjadi kekuatan besar dengan alasan tertentu, dan itu adalah otak yang sama yang menggerakkan mesin Amazon Handmade.

Untuk memberi Anda sedikit perspektif tentang kedua platform ini.

Pada tahun 2020, Etsy memiliki lebih dari 4,3 juta penjual, sementara Amazon memiliki 6,4 juta penjual.

Ada 81,9 juta pembeli di Etsy dan 3,10 miliar pengunjung di Amazon pada tahun 2020. Pada tahun yang sama, Etsy melaporkan pendapatan tahunan sebesar $1,7 miliar, dan Amazon melaporkan pendapatan lebih dari $386 miliar.

Meskipun angka-angka ini menggambarkan ukuran relatif kedua platform, mereka bukanlah seluruh cerita.

Pengunjung Amazon tidak mencerminkan jumlah pembeli yang mencari produk handmade, sedangkan pembeli Etsy adalah mereka yang secara khusus mencari barang seni dan produk handmade.

 

Apa perbedaan antara eBay dan Etsy?

eBay adalah pasar online terkemuka dengan lebih dari 180 juta pembeli. Ini adalah pasar online terbesar kedua di dunia.

eBay menjual barang baru dan bekas kepada pelanggannya dan memiliki pangsa pasar yang besar di Amerika. Sebagian besar produk yang dijual di platformnya adalah produk baru, tetapi produk bekas juga tersedia di eBay.

Etsy adalah pasar global yang lebih kecil dengan sebagian besar pembeli dari Amerika. Selain itu, Etsy memiliki sebagian besar produk terkait seni, kerajinan, dan produk vintage dengan sentuhan kreatif.

Jadi, jika Anda mencoba menargetkan calon pelanggan yang menginginkan produk berkualitas dalam kategori seni dan kerajinan, Etsy adalah platform yang tepat untuk Anda.

Selain itu, Etsy adalah yang terbaik untuk membangun basis pelanggan yang setia. Namun, jika Anda ingin menjangkau khalayak yang lebih luas, dengan platform penjualan yang lebih kokoh dan dapat diandalkan, maka eBay adalah pilihan utama Anda.

 

Apakah Anda dapat menjual barang yang sama di Etsy dan eBay?

Jika Anda sudah menjual dan mendiversifikasi di Etsy atau eBay, memiliki produk Anda di beberapa lokasi, atau hanya ingin mencoba platform baru, ini adalah pilihan Anda!

Ingatlah, metode penjualan ini memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu Anda perhatikan. Dengan menjual di beberapa platform, Anda dapat menjangkau audiens pelanggan yang lebih luas dan meningkatkan penjualan Anda.

Anda juga dapat menggunakan platform baru sebagai kesempatan untuk melindungi diri dari penurunan peringkat dalam algoritma Etsy.

Menggunakan platform baru atau bahkan lokasi fisik memberi Anda diversifikasi dan melindungi Anda dari penurunan penjualan di satu sumber. Ini juga cara yang bagus untuk menjual inventaris berlebih – jika barang tidak laku di Etsy, coba jual di tempat lain!

Kerugian dari memiliki dua platform berbeda untuk bisnis adalah jumlah pekerjaan yang perlu Anda tambahkan untuk menjaganya tetap terkini.

Jika Anda tidak memiliki bantuan, Anda mungkin tidak ingin menjalani jalur ini untuk bisnis Anda.

Mengelola berbagai platform yang berbeda dan inventaris yang lebih besar dari yang Anda siap tangani dapat sangat melelahkan dan memakan waktu tanpa menggunakan alat manajemen inventaris dan perangkat lunak penayangan.

 

Apakah menguntungkan menjual di Etsy?

Nah, langit adalah batasnya. Beberapa perusahaan besar seperti “Simple Shapes” di Etsy menghasilkan satu juta dolar atau lebih setiap tahun!

Tentu saja, Etsy ingin Anda mencapai ketinggian ini sendiri (bisa dikatakan biaya penjualan?), namun kebenaran sederhana dari masalah ini adalah bahwa tidak setiap toko akan menguntungkan.

Toko Etsy seperti bisnis kecil lainnya, memiliki potensi kegagalan yang besar, dan Anda perlu bersedia melakukan sejumlah besar pekerjaan awal sebelum melihat uang mengalir.

Namun, ini adalah jalur yang sangat menguntungkan begitu toko Anda sudah diatur dan menjual, jadi ini seharusnya bukan sesuatu yang menghalangi Anda dari berjualan online.

 

Berapa pendapatan rata-rata penjual Etsy?

Menurut sebuah studi oleh Smart Money Mamas, seorang penjual Etsy rata-rata dapat menghasilkan sekitar $291 setiap bulan.

Bukan jumlah yang fantastis, tetapi mengingat sejumlah besar penjual Etsy tidak aktif, rata-rata ini cukup miring ke sisi negatif.

Jika Anda ingin berada di tingkatan penjual teratas di Etsy, Anda perlu berinvestasi dalam pemasaran dan fotografi produk Anda.

Memiliki produk-produk yang menarik dengan definisi tinggi di toko Etsy Anda akan berarti bahwa Anda dapat menarik sebanyak mungkin pembeli ke toko Anda.

Meskipun ada tingkatan gratis, jika dilakukan dengan benar, memulai toko Etsy bisa mahal. Anda perlu mempertimbangkan semua biaya yang terlibat dalam proses penjualan di platform Etsy.

Seperti bisnis lainnya, Anda memiliki biaya awal. Dengan Etsy, membuat barang kerajinan berarti Anda perlu berinvestasi dalam bahan baku pada awalnya untuk dapat membuat barang-barang Anda.

Namun, biaya dan hambatan untuk masuk cukup kecil dibandingkan dengan sebagian besar bisnis lainnya, ini adalah sesuatu yang patut dipertimbangkan saat mempertimbangkan pilihan Anda.

Jika Anda ingin melihat bagaimana penjual lain sedang berkinerja, Anda dapat melihat thread ini di success stories of Etsy di Reddit, memberikan contoh nyata dari berbagai perjalanan penjual.

 

Apakah biaya eBay lebih tinggi daripada Etsy?

Baik eBay maupun Etsy mengenakan biaya pendaftaran bagi penjual untuk mencantumkan produk di platform mereka.

Biaya eBay lebih baik untuk penjual baru, karena eBay memungkinkan penjualnya menggunakan 50 hingga 200 daftar gratis per bulan, artinya Anda tidak perlu membayar biaya penyetelan. Jumlah daftar gratis yang Anda dapatkan bervariasi dari negara ke negara.

Ingatlah bahwa Anda masih perlu membayar biaya nilai akhir berdasarkan harga produk yang terjual.

Etsy mengenakan biaya kepada penjualnya untuk setiap daftar, tetapi biayanya lebih terdefinisi dan terstandarisasi dibandingkan dengan biaya eBay. Meskipun kedua platform ini memungkinkan pengguna membuat toko online, toko pola Etsy lebih terjangkau secara keseluruhan dibandingkan dengan toko eBay.

 

Berapa biaya yang dikenakan oleh Etsy per transaksi?

Etsy menawarkan dua rencana untuk akun penjual – Rencana standar gratis dan Rencana Plus berbayar.

Rencana Standar

Rencana standar memungkinkan Anda mencantumkan produk Anda, membeli dan mencetak label pengiriman, memasarkan produk Anda dengan penjualan dan kupon.

Dengan rencana ini, Anda juga dapat menjual di aplikasi Etsy tanpa membayar biaya apa pun. Anda tidak perlu membayar biaya langganan bulanan, tetapi Etsy mengenakan biaya untuk alat dan layanan yang disediakannya kepada Anda.

Rencana Plus

Rencana Etsy Plus tersedia dengan harga $10 per bulan, dan dilengkapi dengan semua fitur yang Anda butuhkan untuk berjualan di Etsy.

Rencana ini mencakup semua fitur dari rencana standar serta beberapa fitur tambahan seperti kustomisasi lanjutan untuk toko Anda. Rencana Plus juga menawarkan kredit dan diskon untuk menggunakan layanan tambahan.

 

Apakah biaya Etsy tinggi?

Pada tahun 2018, Etsy meningkatkan biaya transaksinya dari 3,5% menjadi 5%, menyebabkan potensi bagi penjual untuk membayar 50 persen lebih banyak pada beberapa penawaran. Etsy juga menambahkan beberapa biaya pengiriman tambahan yang benar-benar memberatkan penjual.

Kemudian pada tahun 2020, mereka memperkenalkan model pemasaran baru yang diadopsi oleh hampir semua penjual, dengan hanya sedikit yang keluar dari model tersebut. Dalam model ini, penjual hanya membayar biaya jika penjualan terjadi, tetapi mereka tidak senang dengan rencana biaya baru tersebut.

Pada saat penulisan artikel ini, pembaruan terbaru kebijakan biaya penjual mereka diperbarui pada bulan Juni 2021.

Namun, dibandingkan dengan kebijakan sebelumnya, struktur biaya tetap sama seperti yang diperbarui pada tahun 2020. Berikut adalah jenis biaya yang harus dibayar setiap penjual di Etsy.

  • Biaya Penawaran – $0,20 untuk penawaran baru atau diperbarui
  • Biaya Transaksi – Setiap kali Anda melakukan penjualan, Anda akan dikenai biaya transaksi sebesar 5%.
  • Biaya Periklanan – Anda membayar biaya periklanan untuk mempromosikan toko dan produk Anda di Etsy.
  • Biaya Langganan – Penjual dapat menggunakan Etsy Plus, layanan langganan dengan biaya $10/bulan.

 

Apakah Amazon lebih murah dibandingkan Etsy?

Semua penjual di Amazon dan Etsy memiliki beberapa biaya untuk menjual produk mereka kepada calon pembeli. Jadi mari kita lihat berapa biaya yang dikenakan oleh platform ini kepada penjual mereka.

 

Biaya Untuk Menjual di Etsy

  • Biaya pendaftaran sebesar $0,20 untuk setiap produk
  • Biaya 5% dari penjualan yang Anda buat
  • Biaya transaksi dikenakan pada biaya pengiriman
  • Tidak mengenakan biaya bulanan

 

Biaya Untuk Menjual di Amazon Handmade

  • Amazon Handmade mengenakan komisi 15% untuk setiap item yang Anda jual dan biaya referral minimal $1
  • Biaya transaksi juga dikenakan pada biaya pengiriman.
  • Biaya bulanan sebesar $39,99 juga berlaku jika Anda menjual lebih dari 40 item non-handmade dari satu akun.
  • Pendaftaran gratis dan tidak berakhir.

 

Walaupun Amazon Handmade menawarkan pendaftaran item secara percuma tanpa tarikh tamat, kadar komisen per jualan tiga kali ganda lebih tinggi daripada Etsy.

Bayaran sebanyak $39.99 sebulan untuk akaun tertentu dan bayaran rujukan sebanyak 1 peratus membuat kos penggunaan platform ini lebih tinggi. Akibatnya, kebanyakan pengrajin mendapati lebih murah untuk menjual produk di Etsy berbanding Amazon Handmade.

 

Apakah masih menguntungkan untuk berjual di Amazon?

JungleScout baru-baru ini menerbitkan artikel mengenai pendapatan bulanan purata penjual Amazon. Mereka menemukan bahawa separuh penjual di platform ini memperoleh antara $1,000 hingga $25,000 sebulan!

Ini adalah rentang yang agak luas, tetapi masih menunjukkan bahawa orang masih menguntungkan di platform ini.

Lebih lanjut, mereka mendapati bahawa hanya 26% dari semua penjual yang memperoleh kurang dari $1,000 bermakna bahawa sebahagian besar penjual Amazon mendapatkan keuntungan yang baik dengan pendapatan purata antara $12,000 hingga $25,000 setahun.

 

 

Apakah Etsy menjual barang palsu?

Etsy bekerja keras untuk mengesan penjual yang menjual barang palsu di platform ini. Selepas beberapa laporan pembeli, didapati bahawa platform ini mempunyai isu mengenai keaslian produk.

Kebanyakan produk yang dikerjakan tangan dan peribadi adalah produk yang tulen, tetapi penjual yang tidak bertanggungjawab cuba mengaut keuntungan dengan menjual barang palsu.

Untuk menangani masalah yang semakin berkembang ini, Etsy melaburkan $40 juta untuk meningkatkan pematuhan dan melindungi penjual yang tulen.

 

Adakah Etsy benar-benar berbaloi?

Apabila melibatkan bayaran penyelit, Etsy benar-benar menjadi pasaran kegemaran banyak penjual kerana ia hanya mengenakan $0.20 untuk setiap senarai selama empat bulan. Inilah kelebihan dan kekurangan Etsy yang perlu anda ketahui.

 

Kelebihan Etsy

Jika anda baru di Etsy, yuran ini rendah. Anda boleh menikmati tawaran anda di Etsy selama empat bulan berturut-turut, selepas itu anda perlu membayar yuran penyelarasan semula sebanyak 20 sen untuk tawaran tersebut.

 

Kekurangan Etsy

Rintangan terbesar yang akan anda hadapi juga berasal dari yuran penyenaraian berulang. Etsy adalah platform bagi orang kreatif untuk menjual barang yang dikerjakan tangan.

Apabila membayar yuran setiap empat bulan untuk senarai individu, itu mahal bagi pengrajin dan seniman untuk membayar yuran tersebut, terutama jika produk anda tidak laku.

Jika anda penjual baru di Etsy, mereka mungkin meminta banyak. Walaupun ini mungkin benar, manfaat daripada ini adalah anda mendapat audiens dan niche yang sangat spesifik untuk tawaran anda.

Dengan 160 juta pembeli, anda pasti akan ditemui apabila anda mencipta produk yang unik dan menarik pembeli.

 

Adakah Etsy dan eBay sama?

Etsy dan eBay adalah dua platform popular untuk menjual produk, tetapi mereka benar-benar berbeza untuk penjual.

Orang yang menjalankan perniagaan e-dagang atau merancang untuk memulakan perniagaan e-dagang mencari platform terbaik untuk memulakan.

Walaupun penjual boleh menghasilkan wang dari kedua-dua eBay dan Etsy, ramai dari mereka merungkai yang mana yang terbaik untuk mereka.

Perbezaan terbesar adalah kelompok pembeli anda.

Walaupun Etsy lebih tertumpu kepada produk yang dikerjakan tangan dan peribadi, eBay memberikan anda pasar yang lebih terbuka yang memberikan akses kepada kelompok pembeli yang jauh lebih besar, yang boleh ditafsirkan sebagai peluang kejayaan yang lebih tinggi.

 

Siapa yang memiliki Etsy sekarang?

Etsy Inc. memiliki platform e-dagang Etsy. Ia diasaskan oleh Chris Maguire, Haim Schoppik, Robert Kalin, dan kemudian Jared Tarbell. Syarikat ini dikendalikan dan dikelola oleh Chad Dickerson yang merupakan CEO, Pengerusi, dan Presiden.

 

Etsy atau eBay, platform mana yang menarik untuk semua penjual?

Etsy adalah pilihan terbaik untuk penjual yang membuat produk mereka sendiri. Banyak penjual dapat menjadikan penjualan di platform ini sebagai sumber penghasilan sepenuh masa.

Walau bagaimanapun, ia bukan pilihan terbaik jika anda menjual produk yang menarik kepada pasaran massa. Dalam kes ini, eBay hampir sentiasa merupakan pilihan yang lebih baik.

Etsy mempunyai penjual dari pelbagai negara tetapi utamanya dari Amerika Syarikat, Kanada, United Kingdom, dan Australia. Pada tahun 2020, terdapat 81 juta pelanggan aktif di platform ini, dan jumlah itu meningkat sebanyak 77 peratus berbanding tahun 2019.

Platform ini menyokong penjual Etsy dalam pelbagai cara, seperti mengenakan yuran jualan yang munasabah dan menyediakan sokongan pelanggan. Selain itu, ia menjadikan proses penghantaran sangat mudah dan mudah untuk penjual.

Seperti Etsy, eBay juga mempunyai kehadiran di seluruh dunia. Walau bagaimanapun, eBay tidak terhad kepada produk berjenama, dikerjakan tangan atau peribadi seperti Etsy.

Ini bermakna penjual boleh menyenaraikan dan menjual pelbagai produk.

 

Adakah eBay lebih mahal daripada Etsy?

Ya, pada pandangan keseluruhan, menjual di eBay mungkin lebih mahal berbanding Etsy – tetapi jawapannya adalah lebih rumit.

Untuk memulakan di eBay adalah percuma. Penjual baru boleh mendapatkan sehingga 50 senarai percuma setiap bulan, bergantung kepada negara mana mereka menjual.

Namun, terdapat yuran nilai akhir yang perlu dibayar serta yuran promosi lain yang juga perlu dibayar, contohnya jika anda menggunakan senarai yang dipromosikan atau jika anda memanfaatkan program eBay PPC Beta yang baru.

Walau bagaimanapun, Etsy hanya mengenakan yuran senarai untuk memulakan, bermakna yuran untuk menggunakan platform ini cukup dapat diramalkan untuk permulaan.

Etsy sentiasa mengenakan yuran penghantaran, tetapi yuran ini lebih ditakrifkan dan piawai berbanding yuran eBay, yang boleh berbeza-beza bergantung kepada pelbagai faktor yang ditentukan oleh penjual.

Kedua-dua platform membenarkan pengguna untuk membuat kedai dalam talian, tetapi kedai corak Etsy lebih murah daripada eBay.

Selain daripada itu, untuk kedua-dua platform, anda juga perlu membayar yuran pemprosesan pembayaran atas penjualan anda.

Jadi, dengan semua yuran tambahan untuk menjual di eBay, anda mungkin berfikir bahawa eBay adalah mahal untuk digunakan. Di sinilah anda perlu mempertimbangkan MENGAPA anda membayar yuran tersebut.

Kecuali yuran kedai dan senarai umum, yuran eBay biasanya dikenakan selepas jualan. Ini bermakna anda hanya membayar lebih banyak wang apabila anda membuat keuntungan.

Ini penting, kerana jika anda menentukan harga produk anda dengan betul dan mempunyai margin yang sihat, anda sepatutnya ingin membayar eBay sebanyak mungkin wang – kerana ini bermakna anda mempunyai kemampuan untuk mengembangkan kedai anda kepada jumlah yang lebih tinggi berbanding dengan Etsy yang lebih bergantung kepada jualan organik.

Etsy juga mempunyai platform pengiklanan, tetapi ia tidak sekuat eBay.

 

Berapa peratus yang diambil Etsy pada tahun 2021?

Jika anda ingin mengetahui kos menjual di Etsy dan yuran yang dikenakan kepada penjual, terdapat dua jenis yuran Etsy:

1. Yuran Etsy yang perlu anda bayar:

  • Yuran Senarai ($0.20)
  • Yuran Transaksi (5%)
  • Yuran Pemprosesan Pembayaran (3% + $0.25)

 

2. Yuran yang berubah mengikut lokasi, mata wang, dan pengunjung:

  • Yuran Autorenew ($0.20)
  • Yuran Multi-kuantiti ($0.20 setiap kuantiti tambahan dalam satu transaksi)
  • Yuran Penukaran Mata Wang (2.5%)
  • Iklan di Laman Luar (15%)

 

Apa yuran eBay pada tahun 2021?

eBay adalah yang terbaik dari segi yuran, kerana ia membolehkan penjualnya menggunakan 50 hingga 200 senarai percuma setiap bulan. Jumlah senarai percuma yang anda dapat berbeza dari negara ke negara.

eBay mengenakan yuran dari 2 hingga 12% daripada harga jual akhir (kos barang + penghantaran).

Peratusan yuran bergantung kepada kategori di mana barang tersebut muncul dan sama ada anda (penjual) mempunyai akaun peribadi atau perniagaan. Yuran tempahan, yuran pindahan, dan cukai jualan tidak termasuk dalam Peratusan Yuran eBay.

Penjual purata membayar eBay antara 12% dan 14% daripada yuran keseluruhan. Peralihan ke sistem pembayaran terkini eBay tidak banyak mengurangkan yuran.

Banyak penjual mengharapkan untuk mengelakkan tambahan 2.9% PayPal ditambah $0.30 setiap transaksi tetapi dengan cepat beralih ke platform pembayaran eBay.

Jika anda seorang penjual yang mendapat penilaian tinggi atau memiliki langganan kedai eBay, yuran anda akan sedikit lebih rendah.

 

Kesimpulan

eBay, Etsy, dan Amazon adalah platform hebat untuk penjual baru dan berpengalaman. Mereka semua mempunyai kelebihan dan kelemahan masing-masing, yang bermakna penjual baru perlu mencari yang paling sesuai untuk mereka bergantung kepada situasi khusus mereka.

Jika anda adalah pembuat atau pencipta produk yang peribadi atau dibuat tangan, maka anda lebih baik menjual di platform seperti Etsy berbanding eBay atau Amazon.

 

×

Start your eCommerce Journey with ZIK

Start your eCommerce Journey with ZIK

Start your eCommerce Journey with ZIK