eBay vs Facebook Marketplace: Platform Mana yang Terbaik?

Jika Anda memiliki pola pikir berjiwa wirausaha seperti saya, kemungkinan Anda selalu mencari peluang untuk menghasilkan lebih banyak uang.

Ini seringkali melibatkan penjualan barang-barang yang tidak lagi Anda gunakan atau butuhkan di rumah!

Jika ini terdengar seperti Anda, pastikan Anda terus membaca karena saya akan membahas dua platform paling populer saat ini bagi siapa pun yang ingin menghasilkan uang dengan menjual secara online: eBay vs Facebook Marketplace.

Tentu saja, kedua situs web ini populer dengan banyak lalu lintas.

Facebook adalah media sosial paling populer, dan Facebook Marketplace adalah tempat di mana Anda dapat menemukan pembeli online untuk barang yang Anda jual.

Ini adalah tempat yang bagus untuk menarget pembeli lokal di area Anda karena berbasis lokasi. Ini berarti Anda dapat menggunakan Facebook Marketplace untuk menjual barang Anda sesuai dengan syarat dan tanpa biaya.

Di sisi lain, eBay adalah platform e-commerce dengan audiens global.

Ini memberi Anda akses ke lebih banyak pembeli untuk barang yang Anda jual, yang bagus tidak hanya untuk mendapatkan uang tambahan tetapi juga untuk menjadikan penjualan sebagai bisnis penuh waktu.

Jadi, platform mana yang merupakan pilihan ideal untuk Anda?

Tidak perlu menebak atau melakukan penelitian! Saya telah menyusun informasi yang Anda butuhkan untuk membuat keputusan yang terinformasi untuk menghasilkan uang dengan menjual secara online.

Ingin tahu platform mana yang cocok untuk Anda? Teruslah membaca…

 

Tinjauan Artikel:

Bagaimana Facebook Marketplace Bekerja?
Bagaimana eBay Bekerja?
eBay vs Facebook Marketplace
Kelebihan eBay
Kekurangan eBay
Kelebihan Facebook Marketplace
Kekurangan Facebook Marketplace
Pemikiran Akhir

 

Poin Penting

  • ✔ eBay menawarkan jangkauan global dan alat penjual yang kuat tetapi melibatkan berbagai biaya dan menghadapi persaingan tinggi.
  • ✔ Facebook Marketplace ideal untuk penjualan lokal tanpa biaya tambahan dan komunikasi langsung dengan pembeli, tetapi kurang memiliki perlindungan penjual.

 

Sebelum Anda Memulai

  • ✔ Pertimbangkan tujuan bisnis Anda: Facebook untuk sampingan, eBay untuk mengembangkan bisnis.
  • ✔ Kenali basis pengguna dan fitur penjualan masing-masing platform dengan baik.

 

Bagaimana Facebook Marketplace Bekerja?

Facebook Marketplace dapat diakses melalui media sosial paling populer di internet. Ini adalah tempat di mana Anda dapat menemukan pembeli lokal untuk barang yang Anda jual di komunitas lokal Anda.

Ini adalah platform yang dapat digunakan secara gratis melalui aplikasi Facebook atau situs webnya.

Oleh karena itu, Anda dapat mulai menjual atau melakukan dropshipping hampir apa pun di Facebook Marketplace dengan akun Facebook.

Anda tidak perlu membayar biaya pendaftaran atau penayangan untuk menempatkan produk Anda online dan menemukan pembeli.

Satu-satunya persyaratan untuk membuat akun Facebook adalah Anda harus berusia setidaknya 18 tahun.

Saat mengunggah barang ke marketplace, sertakan foto barang yang Anda jual, deskripsi listing, kondisi barang, dan harga, lalu daftarkan ke kategori yang sesuai.

Setelah Anda mendaftarkan produk Anda di marketplace, Anda dapat menetapkan harga tetap untuk barang tersebut, tetapi Anda juga dapat bernegosiasi harga dengan pembeli yang tertarik.

Komunikasi dilakukan melalui Facebook Messenger.

Anda bahkan dapat mengatur pengambilan lokal atau pengiriman barang yang terjual, tergantung pada kesepakatan Anda dengan aplikasi pesan pribadi.

Facebook adalah platform yang aman dan terjamin untuk penjual karena profil pembeli dan penjual terlihat oleh kedua belah pihak.

Anda dapat melakukan penelitian terhadap profil orang lain sebelum berinteraksi dengan mereka melalui pesan pribadi.

Facebook juga menyediakan berbagai alat untuk melaporkan kasus aktivitas penipuan.

Setiap detail transaksi terjadi antara penjual dan pembeli. Facebook tidak terlibat dalam rincian pembayaran dan pengiriman setiap transaksi.

 

Bagaimana eBay Bekerja?

eBay adalah pasar online terkemuka di mana orang datang untuk membeli atau menjual barang. Untuk memulai menjual di eBay, Anda harus terlebih dahulu mendaftar akun.

Setelah terdaftar, Anda dapat menampilkan barang untuk dijual. Jumlah barang yang dapat Anda daftarkan untuk dijual bervariasi tergantung pada tingkat langganan toko Anda dan biayanya.

Saat membuat daftar, Anda harus menyertakan judul, deskripsi daftar, dan foto. Anda juga harus menetapkan harga untuk barang jika Anda memilih daftar harga tetap.

Anda juga dapat mencantumkan barang untuk dilelang, yang dapat membantu menarik minat pembeli terhadap produk.

Jika Anda memiliki barang berharga, seperti koleksi dan produk serupa, lelang adalah cara terbaik karena Anda berpotensi menjual barang tersebut dengan harga yang jauh lebih tinggi.

eBay memudahkan Anda untuk menerima pembayaran dari pesanan Anda dan mentransfernya ke rekening bank Anda.

Anda juga akan mendapatkan perlindungan dari eBay terhadap penipuan dan masalah pelanggan lainnya.

Sementara eBay fokus pada membuat pelanggan mereka bahagia, mereka juga ingin memastikan bahwa penjual online berkembang, itulah mengapa mereka menetapkan kebijakan untuk melindungi mereka.

Dengan mengikuti kebijakan eBay dan memberikan layanan pelanggan berkualitas, Anda seharusnya dengan mudah dapat menghasilkan uang dengan menjual barang melalui platform ini.

 

eBay vs Facebook Marketplace

Sekarang bahwa Anda tahu bagaimana cara kerja eBay vs Facebook Marketplace, saatnya untuk lebih mendalam ke fitur masing-masing platform.

Berikut adalah perbandingan langsung tentang apa yang dapat ditawarkan setiap pasar untuk membantu Anda memutuskan di mana menjual barang Anda secara online untuk mendapatkan uang tambahan.

 

Kelebihan eBay

Akses ke Lebih Banyak Pembeli

eBay adalah platform e-commerce besar dengan jangkauan global. Pada saat penulisan ini, eBay memiliki lebih dari 185 juta pengguna aktif di seluruh dunia.

Penjual yang serius tentang mengembangkan bisnis atau menghasilkan uang dari penjualan harus mempertimbangkan jangkauan audiens yang lebih luas di eBay.

Ini adalah platform yang cocok bagi mereka yang ingin menjadikan penjualan sebagai bisnis penuh waktu daripada hanya sebagai sampingan.

 

Perlindungan Penjual

Platform eBay adalah tempat yang aman untuk membangun bisnis Anda karena situs web ini menerapkan kebijakan perlindungan penjual.

Berbeda dengan platform lain, seperti Facebook Marketplace, Anda dapat menggunakan program perlindungan penjual dan jaminan uang kembali untuk melindungi diri Anda dari pembeli dan aktivitas penipuan.

 

Sistem Umpan Balik

Sistem umpan balik di eBay bermanfaat bagi penjual karena membantu penjual online untuk mendapatkan kepercayaan pembeli.

Setiap pelanggan memiliki opsi untuk memberi penilaian kepada penjual berdasarkan pengalaman mereka.

Penilaian membantu penjual meningkatkan reputasi mereka di platform, sehingga pembeli yakin bahwa mereka adalah penjual yang sah.

 

Kekurangan eBay

Biaya Penjual

Biaya-biaya di eBay adalah salah satu kelemahan utama dari menjual melalui platform e-commerce ini. Anda harus membayar berbagai jenis biaya, seperti biaya penjualan, biaya penayangan, biaya sisipan, dan biaya nilai akhir.

Biaya-biaya ini bervariasi berdasarkan jumlah total barang yang dijual dan lokasi penjual. Sebagai contoh, penjual internasional memiliki biaya tambahan yang harus dibayar saat mereka menjual di eBay.

 

Persaingan

Dikarenakan popularitas dan lalu lintasnya, banyak orang yang ingin menjual di eBay.

Penting untuk mempertimbangkan tingkat persaingan yang tinggi ketika Anda menjual di eBay, karena hal ini dapat mempengaruhi strategi Anda dalam menjual secara online.

Anda harus memahami cara mengoptimalkan daftar Anda untuk menampilkan barang Anda kepada lebih banyak calon pembeli.

 

Pengiriman

Penjual bertanggung jawab atas pengiriman pesanan kepada pelanggan.

Oleh karena itu, Anda harus mempertimbangkan biaya pengiriman saat menentukan harga barang Anda untuk memastikan Anda dapat mendapatkan cukup keuntungan dari setiap penjualan.

Proses mengelola pengiriman barang dapat menjadi konsumsi waktu dan melelahkan.

 

Kebijakan eBay

Jika Anda ingin menjual di eBay dan menghasilkan uang, Anda harus mematuhi aturan dan regulasi di situs web ini untuk semua penjual.

Sebagai contoh, Anda sebaiknya tidak mencantumkan barang-barang yang dilarang di eBay, atau Anda bisa berisiko memiliki akun Anda ditangguhkan.

Mempelajari kebijakan eBay penting sebelum Anda membuat daftar untuk produk tertentu.

 

Kelebihan Facebook Marketplace

Mengincar Pembeli Lokal

Jika Anda memiliki produk untuk dijual yang ditargetkan pada komunitas lokal, Facebook Marketplace adalah pilihan yang tepat.

Facebook adalah platform yang bagus untuk menemukan pembeli potensial yang tertarik pada barang Anda, terutama jika mereka ingin melihat produk sebelum membelinya.

Ini juga ideal jika Anda memiliki pembeli yang mungkin lebih memilih pengambilan lokal agar mereka dapat memeriksa barang sebelum menyelesaikan penjualan.

Ini adalah situasi yang menguntungkan kedua belah pihak karena Anda tidak perlu menghadapi kejutan ketika barang tiba di depan pintu pembeli.

Sebagai penjual, ini berarti Anda tidak akan menghadapi terlalu banyak permintaan pengembalian.

 

Mudah Digunakan

Sebagian besar orang memiliki akun Facebook, sehingga mereka tahu cara memposting barang untuk dijual di Facebook Marketplace.

Memposting barang Anda untuk dijual dan menetapkan harga menjadi lebih sederhana.

Anda dapat melakukannya dari mana saja dan menggunakan ponsel Anda melalui aplikasi Facebook.

 

Tidak Ada Biaya Tambahan

Berbeda dengan biaya eBay, Anda tidak perlu membayar sepeser pun ketika memposting di Facebook Marketplace.

Oleh karena itu, Anda dapat mengambil semua keuntungan dari penjualan online dan tidak perlu khawatir tentang menaikkan harga untuk memastikan Anda tidak kehilangan uang dari transaksi.

 

Komunikasi Langsung dengan Pembeli

Komunikasi penting bagi banyak pembeli karena mereka suka membeli dari penjual yang responsif. Dengan Facebook, Anda dapat berbicara dengan pelanggan Anda melalui aplikasi messenger.

Ini membantu membangun kepercayaan dan hubungan dengan calon pelanggan Anda. Jika Anda dapat memberikan pengalaman pembelian yang baik, ada peluang besar bahwa mereka akan memilih Anda lagi dalam transaksi masa depan.

 

Kekurangan Facebook Marketplace

Audiens Terbatas

Jika Anda menjual melalui Facebook Marketplace, audiens target Anda untuk produk tersebut terbatas pada penjualan lokal. Oleh karena itu, Anda tidak memiliki jangkauan global yang sama seperti marketplace online seperti eBay.

 

Kurangnya Perlindungan

eBay memiliki kebijakan dan regulasi yang ketat untuk melindungi penjualnya. Dalam program perlindungan penjual, Anda dilindungi dari pembeli penipu di situs web.

Tetapi ketika Anda menggunakan Facebook Marketplace, Anda tidak memiliki dukungan.

Ada risiko tambahan yang terlibat saat menjual melalui platform Facebook karena Anda tidak memiliki perlindungan jika pembeli tidak menyelesaikan pembayarannya.

 

Keterbatasan Fitur Penjualan

eBay adalah platform e-commerce dengan fitur-fitur yang kuat untuk menjual dan mempromosikan produk Anda. Dengan Facebook, Anda tidak memiliki akses ke kumpulan alat dan fitur yang sama.

Anda bebas menetapkan harga dan syarat lainnya, tetapi Anda tidak memiliki alat untuk mempromosikan daftar Anda agar dapat mencapai lebih banyak pembeli online.

 

Tidak Ada Umpan Balik

Tanpa sistem umpan balik eBay, akan sulit membangun reputasi Anda sebagai penjual. Umpan balik yang baik akan membantu menarik pembeli, meyakinkan mereka bahwa Anda adalah penjual yang sah.

 

Hal yang Harus Dihindari

  • ✘ Hindari mengabaikan biaya dan lingkungan persaingan di eBay.
  • ✘ Jangan mengabaikan kurangnya perlindungan penjual dan fitur terbatas di Facebook Marketplace.

 

Bagaimana Mencegah Masalah

  • ✔ Gunakan sistem umpan balik dan perlindungan penjual eBay untuk membangun kepercayaan dan mengamankan transaksi.
  • ✔ Di Facebook Marketplace, pastikan komunikasi yang jelas dengan pembeli dan pertimbangkan pengambilan lokal.

 

Pemikiran Akhir: eBay vs Facebook Marketplace

Jadi, mana yang lebih baik: eBay vs Facebook Marketplace? Jawabannya tergantung.

Saya telah memberikan daftar potensi keuntungan dan kelemahan dari setiap platform. Anda harus menggunakan informasi tersebut untuk memutuskan platform yang tepat untuk tujuan bisnis Anda.

Jika Anda ingin menghasilkan uang dengan menjual barang sebagai sampingan, Anda dapat menggunakan Facebook untuk itu. Ini adalah cara yang baik untuk mengubah barang ekstra yang Anda miliki di rumah menjadi uang ekstra.

Tetapi jika Anda ingin membangun bisnis dan merek online, Anda bisa mendapatkan manfaat dari menjual di eBay. Ini adalah platform yang terkemuka dan terpercaya yang menawarkan fitur dan alat yang kuat untuk mengembangkan bisnis Anda.

Anda harus menggunakan alat dan peluang ini untuk maksimalkan penjualan online dan mencapai target keuntungan Anda!

×

Start your eCommerce Journey with ZIK

Start your eCommerce Journey with ZIK

Start your eCommerce Journey with ZIK