eBay vs Gumtree: Mana yang Lebih Baik untuk Berjualan Online?

Bayangkan ini: Anda membersihkan lemari pakaian dan menemukan jaket lama yang belum pernah Anda pakai dalam beberapa tahun!

Meskipun masih dalam kondisi baik, jaket itu tidak lagi muat dan bukan gaya Anda saat ini.

Daripada membuangnya, Anda memutuskan untuk menjualnya secara online.

Awalnya, Anda menetapkan harga barang tersebut sebesar $20, tetapi dengan kejutan, penawaran terus bertambah hingga penawar tertinggi membelinya seharga $75!

Itu jumlah uang yang cukup besar untuk sesuatu yang seharusnya berakhir di tempat sampah!

Jika Anda memiliki barang yang tidak diinginkan di rumah, Anda dapat mengubah sampah itu menjadi uang ketika Anda menjual barang secara online.

Anda memiliki banyak opsi, seperti Facebook Marketplace, eBay, dan Gumtree.

Namun, untuk tujuan ini, kita akan mengevaluasi eBay vs Gumtree jika Anda ingin menjual barang yang tidak terpakai atau tidak diinginkan untuk mendapatkan lebih banyak uang!

Saya akan membahas keuntungan dan kerugian dari masing-masing opsi sehingga Anda dapat membuat keputusan yang terinformasi tentang platform terbaik yang akan digunakan.

 

Ikhtisar Artikel

Bagaimana Gumtree Bekerja?
Mengapa Menjual Secara Online melalui Gumtree?
1. Tidak Ada Biaya Pendaftaran
2. Mudah Digunakan
3. Capai Pasar Target Anda
4. Interaksi dengan Pembeli
5. Kontrol Atas Penjualan
Bagaimana eBay Bekerja?
Mengapa Menjual Secara Online melalui eBay?
1. Reputasi eBay
2. Lebih Banyak Pelanggan
3. Berbagai Format Penjualan
4. Perlindungan Penjual
5. Sumber Pendapatan yang Beragam
Gumtree atau eBay: Mana yang Terbaik untuk Menjual Barang secara Online?
FAQs

 

Bagaimana Gumtree Bekerja?

Gumtree adalah pasar online di mana Anda dapat menjual barang atau jasa dan menemukan pembeli potensial. Platform online ini beroperasi di 11 negara, termasuk Australia, Inggris, dan Afrika Selatan.

Gumtree memiliki lebih dari 11 juta pengunjung unik setiap bulannya, menjadikannya salah satu pasar online yang paling populer.

Tetapi bagaimana cara kerja situs web ini?

Pertama, Anda harus membuat akun di situs web tersebut.

Setelah terdaftar, Anda dapat memposting “iklan” untuk barang-barang Anda.

Gumtree memungkinkan pengguna memposting berbagai hal untuk dijual, seperti pakaian, ponsel, perangkat elektronik, dan barang-barang lain yang mereka miliki di rumah dan tidak lagi mereka gunakan.

Ketika Anda memposting iklan atau barang untuk dijual, Anda harus menyertakan judul dan deskripsi. Pastikan untuk menyediakan foto barang yang Anda jual.

Pastikan untuk mencantumkan harga barang tersebut dan cara pengiriman yang diinginkan oleh pelanggan.

Ada juga opsi bagi pembeli untuk mengambil barang melalui lokasi penjemputan jika mereka lebih memilih itu (seperti kantor pos di daerah Anda).

Terakhir, yang terbaik adalah berkomunikasi dengan pembeli Gumtree tentang bagaimana mereka ingin mendapatkan barang dan bagaimana mereka dapat membayar Anda.

Komunikasi dengan calon pelanggan terjadi dalam sistem pesan situs web.

Fitur unik lainnya dari menggunakan Gumtree untuk berjualan online adalah kemampuan untuk menetapkan dan bernegosiasi harga dengan pelanggan.

Ini adalah cara yang bagus untuk menarik lebih banyak pembeli untuk barang Anda, memungkinkan mereka untuk mencapai kesepakatan.

Oleh karena itu, Anda harus realistis mengenai harapan harga Anda dan tahu cara menetapkan batasan untuk mendapatkan penjualan yang cukup.

Selain sepenuhnya gratis untuk memposting iklan, Anda tidak perlu membayar biaya atau komisi apa pun kepada Gumtree untuk mencantumkan barang yang dijual.

Anda dapat menyimpan sebagian besar keuntungan dari penjualan tersebut.

Anda hanya perlu membayar ketika Anda menggunakan layanan lain yang tidak tersedia dengan akun gratis.

Misalnya, jika Anda ingin mempromosikan daftar Anda agar lebih menonjol dari pesaing dan menampilkan produk Anda kepada lebih banyak pembeli.

Gumtree adalah platform yang sangat baik untuk mendapatkan uang tambahan dengan menjual barang tidak terpakai di rumah.

Jadi, alih-alih memiliki barang-barang tersebut di sekitar rumah Anda, Anda dapat membersihkannya dan menghasilkan uang.

 

Mengapa Menjual Secara Online melalui Gumtree?

Selain dari Facebook Marketplace atau eBay, Gumtree menyediakan platform yang sangat baik bagi mereka yang ingin mendapatkan uang dari barang-barang tidak terpakai di rumah.

Tidak heran ini muncul sebagai salah satu alternatif terbaik dibandingkan dengan situs lain yang mengenakan biaya yang tinggi untuk mencantumkan produk Anda untuk dijual.

Anda dapat menikmati banyak manfaat saat menjual secara online melalui Gumtree, seperti yang berikut.

 

1. Tidak Ada Biaya Pendaftaran

Banyak penjual lebih memilih Gumtree karena Anda tidak perlu membayar biaya untuk mencantumkan barang untuk dijual. Ini adalah salah satu aspek paling menarik dari pasar online ini.

Sementara marketplace lain membebankan biaya atau memotong komisi dari penjualan Anda, Gumtree gratis digunakan, dan Anda dapat menyimpan semua uang yang Anda terima dari penjualan suatu barang.

 

2. Mudah Digunakan

Jika Anda baru dalam berjualan online, Anda tidak perlu khawatir menggunakan Gumtree karena memiliki antarmuka yang ramah pengguna. Mudah untuk membuat akun dan menjual barang Anda.

Anda dapat dengan mudah menjelajahi situs web dan menemukan alat yang Anda butuhkan untuk berjualan. Anda dapat memposting iklan Anda dan mulai menghasilkan uang dari barang tersebut.

 

3. Capai Pasar Target Anda

Gumtree adalah platform online yang beroperasi di banyak negara. Oleh karena itu, Anda dapat mencapai pasar target yang Anda tuju melalui platform ini, memudahkan penjualan barang Anda.

Gumtree memiliki lebih dari 15 juta kunjungan unik setiap bulannya, sehingga Anda dapat memanfaatkan popularitasnya untuk menghasilkan penjualan dan mendapatkan uang tambahan.

 

4. Interaksi dengan Pembeli

Keuntungan lain dari berjualan melalui pasar ini adalah berinteraksi langsung dengan pelanggan Anda.

Situs web ini memiliki sistem pesan yang memungkinkan Anda menjaga komunikasi langsung dengan calon pembeli, terutama jika mereka memiliki pertanyaan tentang kondisi suatu barang atau ketika Anda sedang bernegosiasi harga.

Berkomunikasi dengan penjual secara real-time membangun kepercayaan di antara pembeli. Hubungan ini tidak hanya membantu Anda menjual barang secara online tetapi juga memastikan pelanggan yang kembali.

 

5. Kontrol Atas Penjualan

Gumtree memberikan pemilik akun kontrol penuh atas proses penjualan, seperti kemampuan untuk bernegosiasi harga dan bagaimana barang dikirimkan kepada pembeli.

Ini memberdayakan penjual untuk mengetahui bahwa mereka memiliki tingkat kontrol tinggi terhadap bagaimana mereka dapat menetapkan harga terbaik saat menjual barang dan berapa keuntungan yang dapat mereka dapatkan.

 

Bagaimana eBay Bekerja?

eBay adalah salah satu platform e-commerce paling populer di seluruh dunia. Anda harus terlebih dahulu mendaftar akun ketika menjual barang di pasar eBay.

Setelah akun Anda diatur, Anda dapat mencantumkan barang dengan akun gratis Anda menggunakan jumlah penulisan yang diperbolehkan per bulan.

Anda juga dapat membeli langganan toko eBay. Ada berbagai tingkatan toko, masing-masing memungkinkan Anda mencantumkan sejumlah barang per bulan tanpa membayar biaya tambahan.

Tentu saja, Anda selalu dapat mempertimbangkan untuk membeli langganan tingkat berikutnya untuk mengembangkan bisnis Anda dan mencantumkan lebih banyak barang.

Namun, eBay mengenakan biaya setiap kali seorang pembeli membeli daftar Anda. Anda harus mempertimbangkan biaya ini saat menentukan harga barang di toko Anda karena eBay mengambil bagian dari setiap penjualan.

Saatsaat ini, terdapat lebih dari 185 juta pengguna dan pembeli aktif di eBay. Ini membuatnya menjadi salah satu pasar online paling populer untuk menjual barang.

Jika Anda ingin menjual barang dan menghasilkan uang, ini adalah tempat yang sangat baik untuk memulai karena situs web ini sudah populer, yang berarti Anda memiliki potensi untuk menargetkan pembeli ideal Anda.

 

Mengapa Menjual Secara Online melalui eBay?

Anda memiliki banyak pilihan untuk pasar online, jadi mengapa memilih eBay? Ada beberapa manfaat memilih eBay untuk menjual barang secara online.

 

1. Reputasi eBay

Keunggulan paling khas dari menjual melalui eBay adalah kepercayaan dan kredibilitas pembeli terhadap situs web ini.

Ini adalah platform e-commerce yang sah, sehingga pembeli lebih percaya untuk berbelanja dari situs web ini dibandingkan dengan pasar online lainnya.

 

2. Lebih Banyak Pelanggan

eBay memiliki lebih dari 150 juta pengguna, dan angka ini terus bertambah. Oleh karena itu, mendirikan toko eBay dan memilih untuk berjualan melalui platform ini berarti Anda memiliki akses kepada lebih banyak pembeli untuk produk Anda.

 

3. Berbagai Format Penjualan

eBay berbeda dari jenis pasar online lainnya karena Anda memiliki berbagai format penjualan yang tersedia.

Sebagai contoh, Anda dapat membuat daftar eBay untuk barang-barang baru tradisional yang dijual, seperti elektronik konsumen, pakaian, dan barang konsumen lainnya.

Anda dapat menambahkan opsi Beli Sekarang, yang berarti barang tersebut tersedia untuk dibeli dengan harga tetap.

Di sisi lain, Anda juga dapat menjual barang melalui gaya lelang. Penawar tertinggi diberikan hak untuk membeli barang yang dijual dari toko Anda.

Berbagai format penjualan memberi Anda lebih banyak opsi untuk menjual barang dan menargetkan lebih banyak pembeli.

 

4. Perlindungan Penjual

Kebijakan perlindungan penjual di eBay adalah salah satu aspek paling menarik dari berjualan melalui eBay.

Anda memiliki perlindungan terhadap pembeli yang melakukan penipuan dan pembeli yang tidak membayar barang yang mereka beli.

Ini memberikan Anda ketenangan pikiran bahwa Anda akan dibayar untuk barang yang mereka beli.

 

5. Sumber Pendapatan yang Beragam

Selain memilih berbagai format penjualan, berbagai model penjualan tersedia melalui eBay. Anda dapat memulai toko Anda sebagai pengecer tradisional atau sebagai dropshipper.

Pilihan-pilihan ini menawarkan cara untuk mendiversifikasi sumber pendapatan Anda dan meningkatkan aliran pendapatan Anda.

 

Gumtree atau eBay: Mana yang Terbaik untuk Menjual Barang secara Online?

Secara keseluruhan, Gumtree dan eBay adalah pilihan yang sangat baik untuk pasar online.

Jika Anda menjual dalam wilayah lokal Anda dan ingin menghindari biaya pengiriman, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk berjualan melalui Gumtree.

Tetapi jika Anda serius tentang mengembangkan bisnis Anda sebagai penjual online, berinvestasi di platform ternama seperti eBay sangat berharga.

Anda dapat memanfaatkan lalu lintas dan popularitasnya untuk mencapai lebih banyak pembeli dan menutup penjualan.

Biaya tersebut adalah harga yang kecil untuk membayar potensi penjualan dari pembeli yang ditargetkan.

 

FAQs

Apakah ada biaya untuk berjualan di Gumtree?

Mencantumkan barang untuk dijual di Gumtree adalah gratis.

Oleh karena itu, ini adalah pilihan yang baik untuk penjual dengan barang tidak terpakai yang ingin dicantumkan di situs web karena Anda dapat memaksimalkan pendapatan penjualan Anda.

Namun, ada biaya tambahan untuk layanan lain. Layanan yang mencakup biaya akan jelas ditandai, dan Anda dapat meninjau persyaratan sebelum menerimanya.

 

Apakah Gumtree memiliki aplikasi?

Ya. Gumtree memiliki aplikasi yang tersedia untuk pengguna Android dan iOS.

 

Apakah Anda perlu memiliki akun untuk berjualan di Gumtree?

Ya. Anda perlu membuat akun di situs web Gumtree untuk mencantumkan barang untuk dijual.

 

Apakah Gumtree lebih baik daripada eBay?

Gumtree menawarkan beberapa keuntungan yang menjadikannya sebagai alternatif yang baik untuk eBay. Sebagai contoh, lebih murah untuk mencantumkan barang untuk dijual, dan juga lebih disederhanakan.

Ini adalah pilihan yang baik jika Anda hanya ingin menjual beberapa barang dan tidak berniat untuk mendirikan toko online yang sah.

Namun, eBay adalah platform online yang terkemuka untuk bisnis e-commerce.

Ini masih merupakan pilihan terbaik jika Anda serius tentang mengembangkan bisnis penjualan online Anda karena Anda dapat menggunakan kepercayaan dan kredibilitas situs web sebagai daya ungkit untuk mendapatkan pembeli dan mencapai pasar yang lebih luas.

×

Start your eCommerce Journey with ZIK

Start your eCommerce Journey with ZIK

Start your eCommerce Journey with ZIK