eBay vs Vinted: Di Mana Tempat Terbaik untuk Menjual Pakaian Online?

Ingin menghasilkan uang dengan menjual barang secara online?

Apakah Anda memiliki barang-barang tidak terpakai atau barang yang tidak lagi Anda gunakan di rumah yang ingin Anda buang?

Berita baik! Anda bisa mendapatkan uang ekstra dengan menjual barang-barang ini: pakaian, barang antik, atau hampir apa pun.

Namun sebelum Anda terlalu bersemangat, penting untuk mengetahui di mana menjual barang-barang ini dan dengan harga berapa!

Dua situs terbaik untuk menjual barang secara online adalah eBay vs Vinted. eBay adalah nama yang familiar, terutama bagi siapa pun yang suka membeli dan menjual secara online.

Anda dapat menemukan daftar harga tetap dan barang lelang di situs web tersebut.

Dengan lebih dari 185 juta pengguna, ini adalah platform pilihan bagi mereka yang ingin menjual barang dan menghasilkan uang.

Di sisi lain, Vinted adalah pemain baru di pasar.

Namun, meskipun baru, platform ini dengan cepat mendapatkan popularitas karena fokusnya pada pakaian bekas dan item fashion.

Saat ini, situs web tersebut memiliki lebih dari 45 juta pengguna di 13 negara.

Ini adalah tempat terbaik untuk mencari kesepakatan fashion online atau jika Anda ingin menghasilkan uang dengan menjual pakaian.

Aplikasi Vinted adalah platform yang berfokus pada niche, memungkinkannya untuk dengan cepat menetapkan tempatnya di dunia e-commerce.

Jadi, pertanyaannya selanjutnya adalah: Situs mana yang sebaiknya Anda pilih untuk menjual secara online?

Mari kita telusuri panduan komprehensif ini yang mengeksplorasi bagaimana kedua situs web ini dibandingkan satu sama lain!

 

Ikhtisar Artikel

Mengapa Memilih eBay
Mengapa Memilih Vinted
Perbandingan eBay vs Vinted
Fokus Produk
Opsi Penjualan
Biaya
Basis Pembeli
Perlindungan Penjual
Dukungan
Poin Penting
FAQs

 

Mengapa Memilih eBay

eBay adalah salah satu platform e-commerce tertua bagi penjual online. Didirikan pada tahun 1995 dan tetap sangat populer.

Terkenal sebagai platform yang sangat baik untuk menjual barang antik, termasuk barang fashion bekas dan pakaian.

Terdapat lebih dari 185 juta pengguna aktif di eBay di seluruh dunia, yang berarti Anda dapat mencapai lebih banyak calon pelanggan ketika menjual barang melalui platform ini.

Basis pengguna yang luas juga berarti Anda dapat menjual hampir apa saja dan menemukan pembeli potensial. Bahkan barang bekas dan barang koleksi dapat sangat sukses di eBay.

Daftar harga tetap di eBay menawarkan pengalaman penjualan yang langsung. Jika Anda memiliki barang untuk dijual, seperti pakaian bekas, Anda dapat mencantumkan barang di toko eBay Anda dan menetapkan harga.

Jika seorang pembeli tertarik, mereka dapat membeli barang tersebut, yang akan dibayarkan ke akun eBay mereka.

eBay juga memungkinkan Anda untuk mencantumkan barang dalam gaya lelang.

Ketika Anda mencantumkan barang untuk dijual, pembeli yang tertarik dapat melakukan penawaran pada barang tersebut untuk jangka waktu yang telah ditentukan.

Setelah periode lelang berakhir, Anda akan memberikan barang kepada pembeli dengan penawaran tertinggi. Ragam opsi penjualan yang luas di eBay menarik banyak penjual pribadi, memberi mereka kebebasan untuk memilih gaya penjualan yang paling cocok.

Namun, menjual di eBay tidak gratis, terutama jika Anda berencana menjual banyak barang. Ada akun gratis, tetapi Anda dibatasi dalam jumlah barang yang dapat Anda cantumkan di toko Anda.

Jika Anda ingin menjual lebih banyak barang di eBay, Anda harus membayar langganan toko untuk menghemat biaya pencantuman per item.
Biaya langganan bervariasi tergantung pada tingkat yang Anda pilih, jadi Anda harus merencanakan sesuai dengan tujuan penjualan jangka panjang dan keuntungan yang diinginkan.

 

Mengapa Memilih Vinted

Aplikasi Vinted adalah pilihan platform yang sangat baik jika Anda ingin menjual barang tidak terpakai di rumah, seperti pakaian yang tidak lagi Anda kenakan atau item fashion.

Anda dapat mencantumkan barang dalam kategori-kategori ini di Vinted.

Banyak penjual telah menghasilkan pendapatan yang cukup besar dengan menjual pakaian di Vinted.

Fokusnya pada fashion merupakan keuntungan besar karena Anda dapat menarik pembeli yang tertarget untuk barang-barang Anda.

Platform ini dikhususkan untuk pakaian bekas dan merupakan tempat yang sempurna untuk menjual pakaian bekas dengan baik dan item fashion lainnya, seperti tas, sepatu, dan aksesori.

Anda perlu mendaftar akun Vinted untuk mulai menjual melalui platform ini. Situs web ini memiliki antarmuka yang ramah pengguna di mana Anda dapat mengunggah daftar barang dan mengelola penjualan Anda di satu tempat.

Pendekatan yang berfokus pada komunitas di Vinted membuatnya cocok untuk penjual pribadi atau mereka yang tidak menjalankan bisnis tetapi ingin menghasilkan uang tambahan dari barang-barang dan pakaian yang tidak diinginkan.

Pengguna membuatnya mudah untuk berinteraksi satu sama lain, memberikan dukungan, dan memberikan umpan balik pada daftar barang.

Aspek sosial ini di Vinted membedakannya dari eBay dan platform e-commerce besar lainnya.

Seperti eBay, Vinted juga menawarkan berbagai kebijakan perlindungan penjual kepada penggunanya.

Sebagai contoh, platform ini memiliki metode pembayaran yang aman, sehingga Anda dapat dengan mudah mengumpulkan uang untuk setiap barang yang terjual.

Ada juga proses penyelesaian sengketa yang disederhanakan jika Anda mengalami masalah dengan pesanan pelanggan. Kebijakan-kebijakan ini melindungi Anda dari pembeli yang tidak jujur dan memastikan Anda dapat menjual dengan aman.

 

Perbandingan eBay vs Vinted

Mana yang lebih baik: eBay vs Vinted? Mari akhiri debat ini dan tinjau faktor-faktor yang akan membantu Anda memutuskan platform penjualan yang lebih baik.

 

Fokus Produk

Vinted adalah platform penjualan yang berfokus pada pakaian dan item fashion. Beberapa barang yang dapat Anda jual di Vinted meliputi, tetapi tidak terbatas pada:

  • Pakaian termasuk gaun, atasan, rok, kaos, pakaian olahraga, setelan dan blazer, pakaian renang, dll.
  • Aksesoris seperti ikat pinggang, syal, dan kacamata hitam
  • Item fashion seperti anting, kalung, dan gelang
  • Tas, seperti tas tangan, tote, dompet, dan lainnya
  • Sepatu
  • Produk kecantikan, seperti riasan dan parfum

 

Situs web menyatakan bahwa Anda dapat menjual pakaian bekas dengan baik dan item fashion.

Di sisi lain, eBay juga memperbolehkan penjualan barang bekas, tetapi beberapa penjual mencantumkan barang baru.

Oleh karena itu, ada lebih banyak fokus pada produk yang tersedia di Vinted, menjadikannya berguna bagi penjual yang ingin menjual kepada audiens yang ditargetkan.

 

Opsi Penjualan

eBay memiliki keunggulan dalam hal ini. Selain dari daftar harga tetap, mereka juga memiliki daftar gaya lelang.

Ini memberikan pembeli lebih banyak fleksibilitas dalam cara mereka ingin membayar untuk barang tertentu dan juga bermanfaat bagi penjual, terutama mereka yang memiliki barang koleksi dan ingin menghasilkan uang yang baik dari mereka.

Vinted hanya menawarkan daftar harga tetap, yang berarti Anda harus menetapkan harga untuk barang Anda di Vinted, dan pembeli dapat membayar Anda di muka.

 

Biaya

Vinted adalah pemenang jelas dalam hal ini. Tidak ada biaya penjualan di Vinted, artinya penjual mempertahankan 100% pendapatan dari setiap penjualan.

Satunya biaya di Vinted adalah biaya datar sebesar 5% dari setiap jumlah transaksi.

Dengan eBay, penjual harus membayar berbagai biaya, termasuk langganan toko (untuk bisnis yang mencantumkan beberapa barang setiap bulan). Anda juga harus membayar biaya pencantuman dan biaya nilai akhir.

Biaya ini dapat bervariasi tergantung pada total jumlah penjualan barang yang terjual.

 

Basis Pembeli

Basis pelanggan untuk setiap platform penjualan ini bervariasi secara signifikan. Karena Vinted adalah platform penjualan yang berfokus pada fashion, sebagian besar pembeli berbelanja dari situs web ini mencari barang fashion dan pakaian.

Berbeda dengan eBay yang menawarkan berbagai produk – dari pakaian hingga perangkat elektronik dan perabotan. Oleh karena itu, Anda dapat menjangkau jumlah basis pembeli potensial yang besar dengan eBay.

Tetapi itu juga berarti Anda memiliki banyak pesaing, membuatnya lebih sulit untuk menonjol.

 

Perlindungan Penjual

Kedua situs web menawarkan perlindungan yang memadai bagi penjual terhadap penipuan dan kecurangan. Oleh karena itu, Anda dapat merasa aman ketika memilih platform ini untuk menjual secara online.

 

Dukungan

Vinted memiliki basis pelanggan yang lebih kecil, sehingga ada pendekatan berfokus pada komunitas untuk menjual melalui platform ini.

Sementara itu, eBay memiliki basis pelanggan yang besar, sehingga kurang memiliki rasa komunitas seperti yang dimiliki Vinted.

 

Poin Penting

Tidak ada pilihan yang benar atau salah antara Vinted dan eBay. Anda dapat memilih platform mana pun untuk menjual pakaian bekas dan item fashion lainnya.

Semuanya bergantung pada strategi pemasaran dan penetapan harga Anda, yang akan menentukan seberapa banyak uang yang Anda hasilkan.

Tidak ada solusi yang cocok untuk semua dalam menjual secara online dan menghasilkan pendapatan. Anda dapat mencapai kesuksesan di kedua platform atau memilih untuk tetap berpegang pada salah satu dari keduanya.

Keputusan ada pada Anda, tergantung pada tujuan jangka panjang Anda dalam menjual secara online.

 

FAQs

Mana yang terbaik, Vinted atau eBay?

Dari sudut pandang penjual, Vinted mudah digunakan. Namun, harga di Vinted lebih rendah dibandingkan dengan yang dijual di eBay.

Ini berarti Anda mungkin potensial menghasilkan uang lebih sedikit di Vinted untuk barang yang sama di eBay. Namun demikian, Anda juga harus mempertimbangkan biaya untuk mencantumkan barang di eBay.

Meskipun banyak orang lebih suka eBay, sama banyaknya orang mungkin lebih suka Vinted karena alasan lain.

 

Apa kelemahan Vinted?

Beberapa orang yang telah menggunakan Vinted mengeluhkan masalah umum, seperti kurangnya dukungan saat menghadapi masalah dengan pesanan dan penggunaan situs.

Umumnya, banyak barang dibiarkan tidak digunakan kecuali Anda secara aktif mempromosikan produk Anda. Ini tidak memiliki basis pengguna besar seperti yang dimiliki eBay.

 

Apakah Vinted mengambil persentase dari penjualan Anda?

Vinted tidak mengenakan biaya penjualan apa pun. Oleh karena itu, penjual dapat mempertahankan semua yang mereka hasilkan dari setiap penjualan.

 

Apakah barang lebih laku di Vinted atau eBay?

Ini tergantung seberapa baik Anda mempromosikan produk yang Anda jual. Tetapi karena eBay memiliki lebih banyak pengguna, Anda dapat memanfaatkannya untuk mendapatkan paparan yang lebih tinggi untuk produk Anda.

Namun, Vinted berfokus pada fashion dan pakaian. Ini adalah platform yang baik untuk digunakan jika Anda ingin menargetkan pembeli yang mencari barang-barang ini.

 

Apakah orang benar-benar menghasilkan uang dengan menjual di Vinted?

Ya. Lagi pula, kemampuan Anda untuk menghasilkan uang dengan menjual di Vinted tergantung pada seberapa baik Anda mempromosikan produk Anda untuk mencapai audiens target Anda.

Dan karena Anda tidak membayar biaya apa pun, Anda dapat menyimpan lebih banyak penghasilan Anda daripada jika Anda menjual melalui eBay.

×

Start your eCommerce Journey with ZIK

Start your eCommerce Journey with ZIK

Start your eCommerce Journey with ZIK