Cara Menghasilkan Uang dengan Menjual Kembali di eBay

Menghasilkan uang di eBay memerlukan sedikit investasi dan tidak memerlukan banyak pelatihan. Langkah utamanya adalah menjadi penjual eBay, membeli barang murah, dan menjualnya dengan harga yang lebih tinggi.

Membeli dan menjual mungkin terdengar mudah; namun, penjual eBay tidak memiliki pekerjaan yang mudah.

Posting ini akan memberikan tips untuk membantu Anda menghasilkan uang dengan menjual kembali di eBay.

Menurut statistik dari Oberlo, 80% dari semua barang yang dijual di eBay adalah baru; oleh karena itu, Anda mungkin perlu membeli barang baru dari sumber yang lebih murah untuk dijual kembali.

Namun, untuk mulai menghasilkan uang dengan menjual kembali di eBay, disarankan untuk memulai dengan barang bekas Anda sendiri.

Contohnya, Katie, yang dikenal sebagai Junkin Punkin di YouTube, mengakui bahwa perjalanannya di eBay dimulai ketika dia dan neneknya menjual tas plastik bekas dari kantor pos.

Seperti Katie, banyak penjual eBay memulai dengan menjual barang yang tidak lagi mereka gunakan.

Berikut adalah tips untuk menjadi penjual eBay yang sukses.

 

Tips Menjadi Penjual eBay yang Sukses

Berikut adalah 10 tips untuk menjadi penjual eBay yang sukses:

 

 

1. Jual Barang Anda

How to sell your own items first

 

Menjual barang yang tidak lagi Anda butuhkan atau gunakan dapat membantu Anda merasakan pengalaman berjualan di eBay tanpa tekanan. Ketika Anda mulai berpikir untuk menjual barang di eBay, Anda mungkin tergoda untuk memasang harga murah.

Namun, jika Anda tidak dapat melakukan penjualan, Anda akan kehilangan uang di eBay.

Salah satu cara termudah untuk memulai perjalanan Anda sebagai penjual di eBay adalah dengan mencoba menjual barang-barang berkualitas Anda. Anda dapat melakukan lelang atau daftar barang.

Pada dasarnya, tindakan ini membantu Anda mengembangkan keterampilan di eBay dan memungkinkan Anda memahami pembeli di eBay.

Selain dari mendapatkan lebih banyak uang, Anda dapat menggunakan proses ini untuk memahami apa yang berhasil untuk Anda di eBay.

Ketika Anda mengulangi proses ini beberapa kali, itu membantu Anda mendapatkan perhatian di platform eBay. Ini juga membantu menentukan apakah Anda cocok untuk berjualan di eBay.

 

2. Mulai Dengan Kecil, Hindari Pengambilan Risiko

How to start small to avoid risk

 

Alih-alih memulai dengan besar, Anda dapat memulai dengan barang murah. Untuk mengkonsolidasikan upaya Anda dalam memahami platform, coba beli dan jual kembali barang-barang kecil.

Jika Anda dapat menghasilkan keuntungan dengan barang-barang ini dengan harga yang baik, Anda sedang menuju bisnis eBay yang sukses.

 

3. Temukan Niche Anda

How to find your Niche

 

Sebelum Anda mulai berjualan di eBay, pastikan untuk menemukan niche yang cocok untuk Anda. Jangan mencoba menjual produk yang tidak Anda kenal.

Misalnya, jika Anda tahu cara memperbaiki barang elektronik rusak atau sangat ahli dalam suatu bidang. Anda dapat membeli barang-barang saat penjualan barang bekas untuk dijual kembali di eBay.

Selalu menjadi ahli dalam hal apa pun yang Anda jual. Beberapa pelanggan mungkin cerdik dan mencoba untuk mendapatkan pengembalian uang, dan jika Anda tidak memiliki pendapat ahli tentang masalah tersebut, Anda mungkin akan menyerah pada mereka.

Saat Anda memilih niche, beberapa sumber inventaris untuk toko online Anda adalah penjualan barang bekas dan toko barang bekas. Anda juga dapat membeli barang dalam jumlah besar dari pedagang grosir.

Pada dasarnya, jangan mencoba menjual barang karena terkenal atau sedang tren. Beberapa penjual melakukan kesalahan dengan mencoba mencapai kesuksesan cepat dengan menjual barang-barang dengan volume penjualan besar.

Pandu diri Anda dengan seberapa banyak pengetahuan yang Anda miliki tentang barang tersebut.

 

4. Tetap Tertata Sejak Awal

How to be organized

 

Dari saat Anda mulai berjualan di eBay, pastikan untuk mengorganisir setiap bagian dari bisnis Anda. Mulai mengambil foto berkualitas tinggi dari barang-barang Anda, pastikan Anda memiliki perlengkapan kemasan yang tepat untuk barang-barang Anda, dan miliki penyimpanan yang sesuai.

Perlakukan bisnis ini seperti usaha yang serius, berikan pelayanan pelanggan, dan pastikan pengiriman layanan berkualitas. Pantau keuangan Anda dengan spreadsheet di mana Anda mencatat harga pokok, harga jual, dan semua biaya lainnya.

Pastikan juga untuk menjaga catatan yang baik tentang inventaris dan penerimaan Anda.

 

5. Kurangi Pengembalian Barang

How to minimize your results

 

Jika terlalu banyak pelanggan mengembalikan barang dan meminta pengembalian, itu akan menimbulkan biaya tambahan bagi Anda. Ambil langkah-langkah pencegahan untuk meminimalkan pengembalian dari pembeli.

Sebelum Anda menjual, cobalah untuk menghilangkan gelembung dari pakaian, potong benang yang longgar, hilangkan noda dari barang, dan perbaiki lubang, antara lain.

Pastikan barangnya dalam keadaan mendekati sempurna, karena ini akan mempengaruhi kemampuan Anda untuk menjual dengan harga tinggi.

Ketika barang Anda dalam kondisi bagus, Anda dapat mencantumkannya di eBay dengan harga tetap bukan dalam lelang dengan harga rendah.

 

6. Bangun Rutinitas

How to develop a routine

 

Buatlah rutinitas untuk bisnis eBay Anda. Pilih sumber inventaris yang konsisten dan waktu tertentu untuk membeli barang-barang yang akan dijual kembali. Rencanakan kapan Anda akan memposting dan mencantumkan barang.

Untuk membantu Anda mengembangkan rutinitas, salah satu alat terbaik yang dapat Anda gunakan adalah Zik Analytics. Ini adalah alat yang sangat baik untuk riset produk, riset pesaing, dan pembangun judul halaman, antara lain.

Ketika berjualan di eBay, Anda membutuhkan informasi yang akurat berdasarkan riset yang efisien, yang disediakan oleh Zik Analytics.

 

7. Jangan Mengandalkan Satu Sumber

How to not rely on one source

Jika barang tidak tersedia di toko barang bekas, Anda dapat mencoba penjualan barang bekas atau penjualan garasi. Jangan membatasi diri hanya pada satu sumber untuk barang-barang yang akan dijual kembali.

Sumber-sumber ini diklasifikasikan sebagai arbitrase ritel, yang berarti membeli dari satu pengecer untuk dijual kembali dengan keuntungan.

Anda bahkan dapat mendapatkan barang bekas dari keluarga dan teman jika Anda tidak dapat membelinya.

Opsi lain untuk mendapatkan barang untuk dijual termasuk

  • Dropshipping mengimplikasikan pabrikan mengirimkan langsung ke pembeli mereka.
  • Bisnis kecil lokal juga merupakan sumber bagus untuk barang yang akan dijual di eBay.
  • eBay dan platform lainnya adalah tempat yang bagus untuk mencari barang yang akan dijual kembali. Jika Anda dapat menemukan barang dengan biaya lebih murah di Amazon, Buy, atau Newegg, Anda dapat menjualnya kembali di eBay. Bahkan eBay memungkinkan Anda untuk menjual kembali barang yang didapatkan di eBay.
  • Pasar loak adalah sumber yang sangat baik untuk barang-barang yang akan dijual di eBay. Orang-orang melakukan perdagangan barang bekas dan tidak terpakai seperti koleksi dan barang antik di pasar-pasar ini. Beberapa barang dapat dijual di eBay untuk mendapatkan keuntungan setelah dibersihkan atau dipulihkan.
  • Pedagang kaki lima adalah sumber lain untuk barang murah yang dijual untuk mendapatkan keuntungan di eBay.
  • Lelang pemerintah adalah sumber barang-barang lama dan tidak terpakai yang dapat Anda jual di eBay.
  • Craigslist
  • Toko gadai
  • Pameran dan Pameran Dagang
  • Facebook Marketplace adalah sumber lain yang bagus untuk barang yang akan dijual di eBay.

 

Jangan membatasi diri hanya pada satu sumber untuk barang yang akan dijual kembali di eBay.

 

8. Buat Toko eBay

How to set up an eBay store

 

Salah satu cara untuk berjualan di eBay adalah dengan memanfaatkan opsi toko di platform tersebut.

Dengan membuat toko di eBay, Anda memiliki akses ke alat tambahan untuk bisnis Anda dan hak istimewa yang lebih tinggi di eBay. Beberapa manfaatnya termasuk biaya eBay yang lebih rendah, lebih banyak akses untuk penyesuaian, dan bahkan persaingan yang lebih rendah.

Sebelum Anda membuat toko Anda, ada beberapa dasar yang perlu Anda atur, seperti

  • Nama toko Anda
  • Produk yang Anda jual.
  • Mengatur inventaris Anda
  • Ada lima jenis langganan toko yang bernama Starter, Basic, Premium, Anchor, dan Enterprise untuk langganan toko.

 

Untuk membuat toko Anda di eBay, kunjungi halaman ini untuk menyelesaikan prosesnya.

Panduan Terkait: Cara Membuat Akun eBay pada 2022

 

9. Melakukan Riset Pasar

How to carry out market research

 

Salah satu alat yang paling efektif untuk riset pasar di eBay adalah Zik Analytics. Platform ini memberi Anda akses ke riset produk, riset pesaing, riset kategori, pembangun judul, dan pencari barang.

Riset pasar adalah kunci untuk mengorganisir bisnis Anda di eBay, karena membantu Anda mengembangkan rutinitas bisnis Anda. Untuk menghasilkan uang di eBay, Anda harus memahami cara menavigasi pasar, dan riset pasar adalah salah satu cara untuk melakukannya.

Tanpa melakukan pencarian di eBay, Anda dapat mengetahui barang terlaris setiap bulan dengan Zik Analytics.

Informasi seperti ini dapat membantu Anda mengembangkan rutinitas karena memberikan informasi bagi keputusan Anda tentang jenis barang yang sebaiknya Anda jual.

Zik Analytics membuat informasi yang tersedia di situs webnya mudah dipahami dengan infografis. Selain Zik Analytics, Terapeak, alat riset pasar lainnya, sudah terintegrasi ke dalam eBay.

Alat-alat ini krusial untuk kesuksesan penjual di eBay.

 

10. Jangan Coba Ini

Avoid this mistake

 

Secara keseluruhan, sebagai penjual di eBay, ada aturan dan regulasi yang harus diikuti untuk menghindari dipecat dari platform. Beberapa aturan ini termasuk

  • Anda tidak boleh melanggar kontrak: Jika Anda menjual barang melalui lelang, pastikan untuk mengirimkan barang kepada pemenang lelang, pembeli akhir. Tindakan lain dapat melanggar kebijakan penjualan eBay. Kontrak juga melibatkan pengiriman barang sesuai dengan deskripsi kepada pembeli.
  • Jangan Coba Jual Barang Terbatas: Beberapa barang tidak diizinkan dijual di eBay. Barang dengan regulasi dan pembatasan yang ketat atau barang yang tidak dapat melintasi batas negara bagian atau nasional akan masuk daftar ini. Aturan umumnya adalah Anda tidak dapat menjual barang yang tidak dapat Anda temukan di supermarket biasa di eBay.
  • Jangan Coba Mengurangi atau Menghindari Biaya eBay: Penjual ingin menghasilkan uang di eBay; namun, jangan lakukan ini dengan merugikan pelanggan. Anda sebaiknya tidak mencoba bermain cerdas dengan menetapkan biaya pengiriman tinggi pada barang yang sangat didiskon.
  • Jangan Jual ke Diri Sendiri atau coba Bid selama Lelang Anda: Melanggar kebijakan eBay bagi penjual untuk membida pada lelang mereka sendiri atau menjual barang kepada diri sendiri. Membida pada lelang Anda sendiri akan menciptakan ketidakpercayaan dari pembeli.

 

Apa tips lain yang Anda miliki untuk orang yang ingin menghasilkan uang di eBay? Selain Zik Analytics, alat apa lagi yang menurut Anda seharusnya dimanfaatkan oleh mereka yang ingin berjualan di eBay?

×

Start your eCommerce Journey with ZIK

Start your eCommerce Journey with ZIK

Start your eCommerce Journey with ZIK