Menjual Produk Digital di eBay | Semuanya yang Perlu Anda Ketahui

Berjualan di eBay adalah model bisnis yang menguntungkan untuk bisnis online Anda.

Rahasia menjadi salah satu penjual teratas di eBay adalah mengidentifikasi produk-produk paling diminati untuk memastikan Anda dapat menghasilkan banyak penjualan digital.

Salah satu produk paling umum yang kini tersedia dari toko web adalah produk digital, seperti dalam bentuk buku teks digital, kartu perdagangan digital, dan lainnya.

Jika Anda ingin membangun bisnis yang sukses di eBay, Anda mungkin penasaran dengan kebijakan eBay terkait barang di eBay.

Memang, produk digital adalah salah satu produk paling banyak dikonsumsi di abad ke-21. Tetapi di pasar eBay, mereka bisa sedikit sulit untuk dijual.

Penting untuk dicatat bahwa eBay tidak melarang penjualan barang yang dikirimkan secara elektronik. Namun, kebijakan eBay sangat ketat dalam jenis produk digital yang dapat Anda jual.

Panduan ini akan memandu Anda melalui proses penjualan produk digital di eBay sehingga Anda dapat memaksimalkan penjualan digital Anda dan menghindari masalah hukum (bersama dengan risiko penangguhan akun).

 

Apakah Saya Diizinkan Menjual Barang Digital di eBay?

Am I allowed to sell digital goods on eBay

Ya, eBay memperbolehkan penjualan barang digital di platform marketplace-nya. Penting untuk memahami apa yang dimaksud dengan barang digital untuk membantu Anda menentukan jenis produk yang dapat Anda jual.

Menurut eBay, barang atau produk digital adalah segala konten yang dapat Anda unduh melalui situs web yang ditransfer melalui email.

Persyaratan utama dari eBay untuk penjualan produk digital adalah bahwa konten digital yang Anda jual harus sah dimiliki oleh Anda atau merupakan hak kekayaan intelektual Anda.

Anda juga dapat menjual produk digital jika Anda membelinya secara sah dan memiliki hak kepemilikan atas produk tersebut. Jika tidak, Anda bisa menghadapi masalah hukum karena pelanggaran hak cipta.

Pastikan Anda tidak melanggar persyaratan dasar ini sehingga Anda dapat menghasilkan uang dengan menjual barang digital di situs eBay Anda.

Penjualan kode digital dan film juga dilarang oleh eBay karena kekhawatiran akan pembajakan. Kebijakan ini juga dirancang untuk mencegah pembelian konten digital bajakan.

Jika Anda akan menjual film atau kode, penting untuk menjual disk fisik yang menyertainya.

 

Panduan Langkah demi Langkah untuk Menjual Produk Digital di eBay

Step by step guide to selling digital products on eBay

Sekarang bahwa Anda familiar dengan kebijakan eBay tentang penjualan barang digital, dan Anda yakin bahwa barang digital yang ingin Anda jual memenuhi syarat, Anda dapat beralih ke langkah berikutnya: membuat daftar barang Anda di situs eBay.

 

Langkah 1: Daftarkan barang digital di kategori yang benar

Penjualan barang digital diizinkan di eBay (untuk barang digital yang disetujui), selama Anda mendaftarkannya di bawah kategori yang benar.

Anda harus mencantumkan produk digital di bawah kategori Produk Informasi > Kategori Lainnya > Format Iklan Baris.

Format Iklan Baris berbeda dari format penjualan Buy it Now atau lelang tradisional di eBay. Dalam Iklan Baris, rincian pribadi calon pembeli akan dikirim langsung ke penjual eBay.

Sisanya dari transaksi dapat dilakukan di luar eBay. Sementara itu, penjual eBay tidak diizinkan untuk menghubungi calon pembeli atau berbagi informasi yang tidak terkait dengan penyelesaian penjualan digital.

Penjual yang ingin menjual produk digital menggunakan format ini tidak akan mendapatkan opsi umpan balik untuk item yang dijual.

Bagi penjual yang tidak ingin menggunakan format Iklan Baris, Anda dapat menjual barang digital melalui eBay, tetapi pertama-tama Anda harus menjadi salah satu penjual produk digital yang disetujui.

Untuk menjadi penjual produk digital yang sudah disetujui, Anda harus diverifikasi di Paypal.

Anda juga harus memberi tahu pembeli bahwa pembelian mereka tidak memenuhi syarat untuk kebijakan Money Back Guarantee di eBay. Pengambilan langsung tidak diizinkan untuk barang digital dan produk harus dikirimkan secara online saja.

Juga penting bahwa barang digital Anda di eBay tidak menyebabkan kerusakan pada komputer pembeli.

Ketika Anda adalah penjual eBay yang disetujui, Anda dapat mencantumkan barang digital di eBay di luar kategori Everything Else.

 

Langkah 2: Menulis deskripsi untuk barang digital di eBay

Ketika mencantumkan produk digital di eBay, Anda harus menyatakan dengan jelas dan tegas bahwa Anda adalah pemilik sah, pemilik intelektual, atau memiliki izin untuk menjual produk atas nama pemiliknya.

Pastikan untuk menyertakan bukti kepemilikan hak cipta Anda tanpa mengungkapkan rincian pribadi Anda sebagai bagian dari perlindungan pembeli dan untuk menjamin bahwa produk digital diperoleh secara sah.

Ini adalah langkah proaktif saat menjual barang digital di eBay karena menghilangkan kemungkinan barang yang tercantum diuji oleh eBay.

 

Langkah 3: Tentukan pengiriman produk digital

Ada beberapa alat dan layanan yang tersedia untuk mengirim atau menyampaikan produk digital dan menghindari risiko penipuan. Pastikan untuk memilih layanan distribusi otomatis dan layanan penyaringan penipuan untuk ini.

Apa pun metode pengiriman yang Anda pilih untuk konten digital, penting untuk menjelaskannya dalam deskripsi item. Dengan begitu, pembeli Anda juga akan tahu apa yang diharapkan saat mereka terlibat dalam transaksi.

Anda harus ekstra hati-hati saat mengirimkan tautan unduhan untuk salinan digital produk yang Anda jual melalui eBay. Anda tidak ingin merusak komputer seseorang dalam prosesnya.

 

Apakah Layak Menjual Barang Digital di eBay?

Berbeda dengan format penjualan lelang tradisional yang langsung, ada banyak larangan ketat dalam kategori barang digital di eBay. Anda harus memiliki hak kekayaan intelektual sebelum Anda dapat menjual konten digital.

Namun, kerumitan proses penjualan sangat sepadan karena kategori barang digital adalah salah satu kategori dengan pertumbuhan tercepat di eBay.

Ada banyak konsumen yang mencari barang digital online, dan Anda dapat memanfaatkan popularitas eBay sebagai platform e-commerce untuk mendapatkan penghasilan pasif dari sana.

Ya, menjual produk digital itu layak. Hanya sedikit rumit di awal saat Anda menavigasi kompleksitas kebijakan eBay.

Setelah Anda familiar dengan tujuan dan kebijakan eBay terkait penjualan barang digital, Anda akan dapat memaksimalkan potensi peningkatan penjualan digital Anda dengan produk ini.

Itulah kebijakan saat ini untuk eBay jika Anda ingin menjual produk digital. Pastikan selalu mendapatkan informasi terkini jika ada perubahan kebijakan di masa depan.

 

Pemikiran Akhir Sebelum Anda Menjual Produk Digital

Gunakan informasi di atas sebagai panduan jika Anda tertarik untuk menjual produk digital di eBay.

Ada kebijakan khusus yang mengatur penawaran Anda, jadi pastikan untuk mengikuti aturan dengan cermat agar tidak dihentikan ketika Anda menjual barang digital yang melanggar kebijakan.

Jika ragu, Anda selalu dapat menghubungi tim dukungan eBay untuk membantu Anda membangun bisnis yang sukses.

Jika Anda mengikuti kebijakan dengan cermat, Anda bisa dengan mudah menghasilkan pendapatan pasif jika menjual produk digital, karena saat ini merupakan salah satu barang paling dicari di eBay.

 

Pertanyaan Umum tentang Menjual Produk Digital di eBay

Apa produk digital terbaik untuk dijual di eBay?

Terdapat berbagai pilihan produk digital dan barang digital yang dapat Anda jual di eBay. Jika Anda ingin memaksimalkan keuntungan, berikut beberapa item digital yang paling diminati:

eBook, program perangkat lunak, foto digital, nama domain, buku teks digital, kartu perdagangan digital, tutorial video, tiket elektronik, seni digital, dan musik (yang Anda hasilkan atau buat sendiri).

 

Bisakah Anda Menjual File PDF di eBay?

Sebuah file PDF masuk dalam kategori barang digital di eBay. Anda dapat menjual barang digital seperti file PDF di eBay selama Anda memiliki hak cipta untuk konten dalam file PDF tersebut.

Jika PDF tersebut berupa buku, maka Anda harus menjadi penulis buku tersebut sebelum dapat menjual konten digital melalui format PDF.

 

Apakah Anda Bisa Menjual Barang In-Game di eBay?

Popularitas item virtual dalam permainan online telah mendorong banyak penjual eBay untuk mempertimbangkan menjualnya sebagai produk digital.

Namun, penjualan item virtual dalam permainan online dilarang sesuai kebijakan eBay tentang penjualan barang digital.

Segala barang digital yang merupakan bagian dari permainan online adalah kepemilikan hak cipta dari permainan tersebut.

Menjual konten digital yang terkait dengan permainan, seperti mata uang digital, akun, atau item dalam permainan, merupakan pelanggaran terhadap syarat layanan permainan tersebut.

Oleh karena itu, Anda tidak diizinkan untuk mencantumkan barang-barang tersebut dalam bisnis online eBay Anda.

 

Apa yang Tidak Boleh Saya Jual di eBay?

Produk digital di eBay bukan satu-satunya yang diatur dengan ketat.

Beberapa barang digital bukan satu-satunya produk yang dibatasi di eBay karena Anda juga tidak diizinkan menjual senjata (seperti pisau dan senjata api), perangkat pembuka kunci, bahan berbahaya, barang terkait kegiatan ilegal, konten pornografi, barang terkena embargo, dan narkoba (atau barang-barang terkait narkoba).

Anda juga tidak diizinkan menjual foto eksplisit di eBay.

Anda dapat memeriksa kebijakan eBay untuk mengetahui lebih lanjut tentang produk yang dibatasi di eBay dan menghindari risiko penangguhan akun.

×

Start your eCommerce Journey with ZIK

Start your eCommerce Journey with ZIK

Start your eCommerce Journey with ZIK