Panduan Langkah demi Langkah untuk Menemukan Niche eBay yang Menguntungkan

Bayangkan memiliki sebuah van es krim, di tengah hari yang sangat panas di pertengahan musim panas.

Sebuah hari di mana pantai dipadati wisatawan sehingga Anda hampir tidak bisa melihat sejengkal pasir. Dan beruntung bagi Anda — sebuah hari di mana tidak ada penjual lain yang terlihat.

Anda mulai memutar lagu es krim dari van Anda, dan sebelum Anda menyadarinya, kerumunan orang berkumpul bersedia membayar hampir setiap harga untuk membeli es loli dari Anda. Atau apapun jenis es krim.

Ternyata, menjual es krim di hari yang panas tidaklah berbeda dengan menemukan niche eBay yang menguntungkan.

Ketika Anda menemukan kategori barang dengan permintaan tinggi dari pelanggan tetapi pasokan penjual yang rendah, Anda mendapatkan kesempatan besar untuk menghasilkan banyak keuntungan.

Jadi, apa item yang paling menguntungkan untuk dijual di eBay? Nah, es krim mungkin bukanlah niche yang menguntungkan… mereka akan mencair dalam pengiriman!

Namun, Anda mungkin menemukan ada keuntungan dalam segala hal mulai dari kabel komputer hingga pembasmi rumput.

Jadi, biarkan saya menunjukkan kepada Anda proses kami untuk menemukan niche yang menguntungkan.

 

Cara Mendapatkan Ide untuk Niche eBay yang Menguntungkan

 

[Metode 1] Temukan Ide Niche Menguntungkan dengan Mengikuti Kompetitor

Cara tercepat dan termudah untuk menemukan niche yang menguntungkan adalah dengan mengikuti penjual lain dan mencari melalui barang-barang mereka.

Jika Anda tidak yakin cara menemukan kompetitor yang cocok, berikut adalah metode yang sangat sederhana.

  1. Pergi ke Amazon dan pilih kategori apa pun dari menu dropdown
  2. Ketikkan “bestseller” dan tekan enter
  3. Pilih item terlaris dari hasil Amazon, salin item ke eBay, dan catat nama penjual yang telah banyak menjualnya.

bestseller2

Setelah Anda menemukan seorang penjual, Anda bisa mulai menggulir semua barang yang mereka jual. Jika Anda memiliki ZIK Analytics, Anda dapat melihat barang-barang penjual dengan memasukkan nama mereka ke dalam alat penelitian kompetitor.

Dan jika Anda belum memiliki ZIK, Anda dapat mendaftar untuk uji coba 7 hari di sini untuk mencobanya sendiri. Statistik penjualan keseluruhan (misalnya, tingkat penjualan) penjual tidak terlalu penting untuk tujuan menemukan ide niche.

 

[Metode 2] Hasilkan Ide Niche dari Pemasok seperti Amazon, Walmart, AliExpress

Jika Anda mencari ide buku bagus untuk dibaca, Anda mungkin akan pergi ke perpustakaan karena banyaknya pilihan buku yang akan Anda temukan.

Demikian pula, jika Anda mencari ide produk niche, tidak ada salahnya mencari di tempat dengan pilihan terbesar juga – seperti Amazon, Walmart, atau AliExpress.

Anda tidak perlu menciptakan ulang roda untuk melakukannya. Dengan cara yang sama seperti Anda dapat menemukan penjual untuk dianalisis dengan memilih kategori barang dan mengetikkan “bestseller” ke Amazon, Anda dapat melakukan hal yang sama untuk menghasilkan daftar cepat ide niche juga.

 

Mencantumkan Item Terlaris yang Cocok dari Sebuah Niche

Jika Anda adalah pembeli yang mencari penghapus papan tulis, Anda mungkin akan mengetik sesuatu seperti “penghapus papan tulis” ke eBay. Tetapi jika Anda membeli ponsel, Anda akan lebih cenderung mencari merk dan model ponsel yang Anda inginkan daripada hanya “ponsel”.

Saat mencari item populer, penting untuk hanya mencari item tanpa merek. Khususnya, item dan niche di mana merek memiliki pengaruh sangat kecil pada jumlah penjualan dan keputusan pembelian pelanggan.

Melakukan hal ini akan membuat lebih mudah untuk mencari item alternatif untuk niche yang menguntungkan seperti yang akan Anda temukan nanti.

Baru memulai dan bertanya-tanya bagaimana pemula menjual di eBay dengan ZIK? Lihat panduan sumber daya kami hari ini dan temukan jawabannya.

Mulailah mencatat judul-judul dari item-item yang:

  • Tidak bermerk
  • Nampak mudah digantikan dengan produk alternatif di masa depan
  • Terjual dengan harga lebih dari $5 (semakin tinggi harga, semakin besar potensi peluang keuntungan)

 

Berikut adalah contoh item yang tidak bermanfaat bagi kita, perhatikan bagaimana nama merek “Repel 100” menjadi faktor besar dalam penjualan?

Cara Meneliti Apakah Sebuah Niche Menguntungkan

Pada saat ini, seharusnya Anda sudah memiliki beberapa judul item yang tercatat atau disalin ke dokumen Word, jadi sekarang saatnya untuk melihat apakah ada keuntungan di dalamnya.

Judul produk sering mengandung banyak kata kunci dan informasi tambahan tentang produk. Tugas kita adalah memotong kata-kata apa pun dari judul yang tidak penting sehingga kita hanya ditinggalkan dengan deskripsi niche.

Berikut adalah 3 contoh:

Niche dalam judul ini sederhana: “termometer daging digital”. Jika Anda melakukan pencarian untuk ini, Anda akan melihat ratusan jenis termometer daging digital yang berbeda.

 

Listing ini adalah untuk kabel HDMI, jadi Anda dapat menganggap niche umumnya adalah “Kabel HDMI”.

Tapi berhati-hatilah. Jika Anda hanya menganalisis niche “kabel HDMI”, Anda akan menemukan ribuan jenis kabel HDMI, beberapa jauh berbeda dari yang lain.

Mungkin saja satu jenis kabel HDMI tertentu memiliki penjualan tinggi, tetapi yang lain tidak. Jadi, untuk item populer seperti ini, Anda akan menemukan lebih bermanfaat untuk mencari micro-niche yang sedikit lebih spesifik.

Dalam contoh ini, Anda mungkin memilih untuk memotong judul menjadi “Kabel HDMI 6 kaki”.

Dan yang terakhir, untuk item di atas, fitur utama yang mendefinisikan adalah bahwa itu adalah speaker bluetooth, dan lampu tidur. Jadi frasa yang diambil dari judulnya akan menjadi “lampu tidur bluetooth speaker”.

 

Menganalisis Niche dan Micro-Niche Anda untuk Keuntungan

Ingat saat saya mengatakan kepada Anda bahwa menemukan niche yang populer seperti menjual es krim di hari panas musim panas?

Nah, bagian selanjutnya adalah untuk mengetahui apakah niche yang Anda temukan seperti hari yang panas dengan pantai penuh pembeli atau jika ada badai petir dan orang-orang tinggal di rumah.

Untuk melakukannya, Anda perlu menggunakan alat penelitian produk seperti ZIK Analytics sehingga Anda dapat melihat statistik penjualan dari niche yang telah Anda temukan. (Ingat, jika Anda belum memiliki alat penelitian pasar, Anda bisa mencoba ZIK selama 7 hari di sini).

  1. Ambil istilah niche Anda misalnya “termometer daging digital”
  2. Cari informasi penjualan dari 100 listing teratas dalam niche ini dalam 30 hari terakhir


Agar suatu niche berpotensi menguntungkan, Anda ingin itemnya cepat laku dan persentase tinggi item yang berhasil terjual.

Ketika persentase listing yang berhasil tinggi, itu merupakan tanda bahwa mungkin masih ada ruang bagi lebih banyak penjual untuk masuk ke dalam niche.

Secara umum, Anda ingin memeriksa setidaknya:

  • Paling tidak 60% listing yang berhasil
  • Paling tidak 1000% Sell Through Rate

 

Jika rata-rata harga jual cukup tinggi, Anda bisa sedikit fleksibel karena hal itu bisa berarti peluang untuk margin keuntungan yang lebih tinggi. Pendapatan penjualan yang lebih tinggi dalam suatu niche biasanya berarti potensi keuntungan yang lebih besar.

 

Jika niche Anda memenuhi kriteria ini – pertahankan di daftar Anda! Jika tidak, hapus dan cari yang lain.

 

Cara Menemukan Item yang Menguntungkan dalam Niche Anda

Ketika seorang detektif masuk ke dalam sebuah rumah dengan darah di dinding, lubang peluru di langit-langit, dan kaca pecah di jendela, dia akan berasumsi tidak akan lama sebelum dia menemukan mayat.

Pada saat ini, seharusnya Anda telah menemukan niche yang populer. Tetapi untuk menemukan produk dengan permintaan tinggi dan persaingan rendah, Anda perlu waspada terhadap petunjuk. Berikut beberapa tanda yang mengisyaratkan bahwa Anda akan menemukan “mayat” yang Anda cari:

 

Umpan Balik Rendah tapi Penjualan Tinggi

Sebagian besar pembeli eBay lebih memilih untuk membeli dari penjual dengan jumlah umpan balik tinggi karena mereka merasa lebih aman.

Jadi, jika Anda menemukan penjual eBay dengan jumlah umpan balik yang rendah, tetapi penjualan yang tidak wajar tinggi, itu adalah pertanda baik bahwa mereka telah menemukan item yang laris atau menulis judul yang dioptimalkan untuk SEO dengan baik.

Mengambil contoh “termometer daging digital” kita – mari kita saring penjual berdasarkan jumlah umpan balik yang mereka miliki:

Hmm, perhatikan sesuatu? Ada penjual dengan 212 umpan balik yang memiliki 100 penjualan dalam 30 hari terakhir, sementara sebagian besar penjual lain dengan umpan balik serupa memiliki kurang dari 10 penjualan.

Ketika Anda menemukan daftar seperti ini, catatlah. Lihatlah dan cobalah untuk mencari tahu mengapa itu terjual dengan baik. Apakah itu harga, judul, keunikan item, kecepatan pengiriman?

Mengetahui informasi ini juga akan berguna saat Anda ingin menghitung keuntungan Anda

 

Harga jual rata-rata tinggi dan jumlah penjualan tinggi

Bagaimana dengan kedua penjual ini?

Satu penjual memiliki 1600 umpan balik dan yang lainnya memiliki 784.185 umpan balik.

Namun, penjual dengan umpan balik lebih rendah masih berhasil menjual 100 item dengan harga jual yang jauh lebih tinggi – $8,89 dibandingkan $4,99.

Sekali lagi, catatlah daftar ini dan periksa – bisakah Anda menemukan apa yang membuat item ini terjual begitu baik?

 

Menjual produk yang sama dan dengan harga yang mirip tetapi dengan penjualan yang jauh lebih tinggi

Terkadang Anda akan melihat bahwa 2 penjual akan menjual item yang sama persis, dengan harga yang sangat mirip tetapi satu penjual akan memiliki penjualan jauh lebih banyak dari yang lain. Jika Anda melihat ini, pasti periksa lebih dekat.

 

Dalam kasus ini, itu hanya karena satu penjual memiliki ribuan umpan balik lebih banyak dari yang lain – tetapi terkadang itu mungkin berarti mereka memiliki judul item yang lebih baik, sesuatu yang bisa Anda pelajari ketika kita mencari masuk ke dalam niche dalam sekejap.

Tips Tambahan: Juga catat semua penjual populer yang Anda temukan saat menelusuri niche sehingga Anda dapat memasukkan mereka ke dalam alat penelitian pesaing dan melihat item lain di toko mereka untuk lebih banyak ide niche.

 

Menyusun Item dengan Keuntungan Tinggi dalam Niche

Ini adalah bagian yang telah Anda tunggu-tunggu, saatnya menghasilkan uang!

Jika Anda seorang dropshipper, cara yang kami sarankan untuk melakukannya adalah dengan mencari item serupa Anda sendiri untuk beberapa daftar penjualan terlaris yang Anda temukan.

Anda dapat membaca lebih lanjut tentang metode ini dalam artikel kami tentang menetapkan harga lebih tinggi di sini.

Untuk memulai, kembali ke salah satu daftar penjualan terlaris yang Anda temukan sebelumnya.

Seperti contoh ini, misalnya:

Sebelum kita menemukan item pengganti kita sendiri, kita perlu memastikan bahwa kita mengganti item serupa dengan serupa. Tidak akan berguna jika kita mengganti, misalnya, termometer bayi ketika yang ini adalah untuk BBQ.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

 

  • Apa fitur khusus yang dimiliki item ini, misalnya tampilan digital instan
  • Apa yang dapat Anda pelajari dari judul item? misalnya, item ini untuk memasak dan bbq
  • Apa yang dapat Anda pelajari dari gambar? Itu berwarna merah, berukuran saku, memiliki satu jarum, dan nirkabel

 

Ketika Anda pergi mencari item pengganti dari pemasok Anda, pastikan bahwa item tersebut dapat memenuhi kebutuhan pasar dan sebanding atau lebih baik dari item yang Anda gantikan.

 

Anda dapat menggunakan pemasok mana pun yang Anda inginkan, tetapi ingat Anda juga bersaing dalam hal waktu pengiriman.

 

Berikut adalah alternatif yang lebih murah dari Amazon yang dapat kita dapatkan. Yang harus Anda lakukan hanyalah melakukan pencarian cepat dan menyaring harga dari rendah ke tinggi.

Selama fitur utamanya sebanding, Anda dapat langsung mencantumkannya di eBay dengan judul yang sama seperti pesaing – dan dengan harga pokok hanya $5.99 – harapkan keuntungan besar dari item ini, tanpa perlu menaikkan harga di eBay.

 

Butuh bantuan untuk menemukan niche dan item yang menguntungkan untuk dijual? Pastikan untuk mendaftar uji coba 7 hari ZIK dan tinggalkan komentar dan pertanyaan Anda di bawah

 

×

Start your eCommerce Journey with ZIK

Start your eCommerce Journey with ZIK

Start your eCommerce Journey with ZIK