Panduan Terbaik untuk Menyewa Asisten Virtual eBay

Tidak dapat dipungkiri bahwa e-commerce adalah rajanya, dan eBay adalah salah satu platform yang paling memanfaatkan popularitas ini.

Baik Anda berencana untuk memulai bisnis eBay berbasis dropshipping atau sudah memiliki pengalaman di lapangan, Anda menyadari betul bahwa ada banyak tugas penting yang harus Anda hadapi setiap hari.

Tanggung jawab Anda sebagai penjual eBay melibatkan berbagai hal: mulai dari mengembangkan strategi untuk bisnis online Anda, riset produk dan pasar, menulis judul yang dioptimalkan dan deskripsi yang dioptimalkan untuk produk Anda, menjawab pertanyaan pelanggan, dan sebagainya.

Daftar tugas yang memakan waktu yang harus Anda hadapi tidak pernah berakhir, itulah sebabnya Anda perlu mempertimbangkan untuk menyewa dan melatih seorang asisten virtual eBay.

Sebelum Anda mempertanyakan apakah Anda mampu menyewa seorang eBay VA, luangkan waktu untuk memahami apa yang dilakukan asisten virtual dan bagaimana mereka dapat menghemat waktu berharga Anda sambil membantu mengembangkan toko online Anda.

 

Apa Itu Asisten Virtual?

Layanan asisten virtual disediakan oleh perorangan atau sebuah agensi – tergantung pada lingkup pekerjaan yang Anda butuhkan dan anggaran Anda. Asisten virtual untuk penjual eBay adalah pekerja jarak jauh dari negara-negara seperti India atau Filipina.

Tanggung jawab mereka mirip dengan seorang asisten pribadi dengan pengecualian bahwa mereka membantu menjalankan bisnis eBay Anda secara remote.

Ketika Anda menyewa asisten virtual eBay, mereka dapat menyediakan berbagai layanan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Layanan dari seorang asisten virtual eBay mencakup pemasaran digital, pengentrian data, manajemen inventaris, riset pasar, manajemen email, penulisan konten, dan tugas-tugas penting seperti menanggapi pertanyaan pelanggan dan membuat penawaran.

Jenis layanan yang ditawarkan oleh seorang eBay VA akan bergantung pada keahlian mereka. Namun, mereka dapat dilatih untuk melaksanakan tugas-tugas yang paling membantu Anda menjalankan toko online yang sukses.

Meskipun penjualan eBay mungkin terlihat seperti sumber penghasilan pasif; pada kenyataannya, ada banyak tugas yang terlibat jika Anda ingin meningkatkan penjualan e-commerce.

Di sinilah peran seorang VA menjadi penting – mereka dapat membantu dengan tugas-tugas yang berulang namun relevan untuk toko eBay Anda.

Memberikan tugas yang memakan waktu kepada asisten virtual Anda memungkinkan Anda fokus pada aspek inti bisnis yang memungkinkan Anda untuk berkembang dan tumbuh.

Ada banyak keuntungan ketika Anda menyewa eBay VA. Pertama, Anda harus memilih asisten virtual yang berasal dari negara-negara yang disebutkan sebelumnya karena ini memberi Anda akses ke pekerja dengan biaya rendah.

Biaya rata-rata untuk asisten virtual eBay adalah $2 per jam untuk mereka dengan pengetahuan dasar tentang tugas administratif atau mengelola akun eBay Anda.

Tarif mungkin naik untuk mereka yang memiliki lebih banyak keahlian dalam bisnis dropshipping, namun tetap terjangkau.

 

Kapan Saya Tahu Saya Siap untuk Menyewa Seorang VA?

Jika Anda baru memulai penjualan eBay, keputusan untuk menyewa asisten eBay mungkin bukan bagian dari rencana Anda. Setelah semua, Anda perlu menghasilkan arus pendapatan yang stabil dari penjualan e-commerce untuk dapat membayar seorang asisten virtual.

Timing sangat penting saat menyewa asisten penjualan eBay. Anda ingin dapat mengelola tugas-tugas harian yang penting sambil mengembangkan bisnis Anda.

Jika Anda serius tentang meningkatkan bisnis online Anda, seorang asisten virtual bisa menjadi alat paling berharga Anda.

Ada dua skenario di mana menyewa seorang asisten untuk toko online Anda terbukti bermanfaat:

1. Anda dapat menyewa seorang asisten penjual eBay virtual jika Anda telah membangun pendapatan yang stabil untuk bisnis Anda.

Mengalokasikan tugas-tugas tertentu kepada asisten eBay Anda akan membebaskan waktu berharga Anda, sehingga Anda dapat fokus untuk mengembangkan bisnis Anda.

2. Anda dapat menyewa seorang asisten penjual eBay virtual jika Anda ingin memulai bisnis dropshipping tetapi tidak memiliki waktu untuk menangani tugas-tugas yang diperlukan untuk menghidupkan bisnis eBay Anda.

Tugas-tugas dasar seperti membuat daftar produk dan mengelola akun eBay Anda dapat memakan waktu berjam-jam setiap harinya. Jika Anda menjalankan bisnis ini sebagai sampingan, dapat menjadi sulit untuk mengelolanya sendiri.

 

Tips Penting Sebelum Anda Menyewa Asisten Virtual eBay

Apakah Anda serius tentang memulai toko eBay Anda? Jika Anda ingin menjual secara online sebagai sumber pendapatan utama, ada hal-hal penting yang perlu dipertimbangkan sebelum Anda memutuskan untuk bekerja dengan seorang asisten virtual eBay.

• Anda harus memiliki aliran pendapatan yang stabil.

• Anda harus familiar dengan bagaimana model bisnis dropshipping eBay berfungsi dan menghasilkan keuntungan dari itu.

• Anda harus menggunakan keuntungan Anda untuk mengembangkan bisnis eBay Anda.

Jika anggaran bukan masalah, maka lanjutkan dan sewa seorang asisten virtual untuk membantu mengembangkan bisnis eBay Anda. Anda dapat melatih eBay VA yang Anda sewa untuk membantu menjalankan dan mengelola bisnis online Anda.

Namun, Anda harus selalu menyadari bahwa ini adalah investasi finansial yang besar dan Anda harus menimbang manfaat dan kerugian sebelum mengambil risiko. Atau, Anda bisa berakhir dalam hutang jika Anda tidak membuat penjualan e-commerce yang cukup untuk toko online Anda.

 

Tempat Mencari Asisten Virtual eBay

Langkah selanjutnya adalah mencari asisten virtual eBay secara online. Ada banyak platform yang tersedia yang memungkinkan Anda menemukan sejumlah bakat untuk dipertimbangkan sebagai asisten virtual eBay Anda.
Dua dari platform terkemuka secara online adalah Upwork dan OnlineJobs.ph.

Upwork adalah platform internasional untuk pekerja jarak jauh, bukan hanya asisten virtual eBay. Anda dapat menggunakan pasar online ini untuk menyewa orang yang sesuai dengan deskripsi pekerjaan yang Anda butuhkan untuk mengembangkan bisnis Anda.

Sebagai contoh, Anda dapat menemukan bakat yang dapat membantu dengan penulisan konten, pemasaran digital, dan asisten virtual dengan pengetahuan dasar hingga keahlian tingkat lanjut dalam tugas administratif dan dropshipping.

OnlineJobs.ph adalah pasar khusus untuk menemukan asisten virtual terutama di Filipina. Jika Anda lebih suka menyewa eBay VA dari Filipina, Anda dapat memulai pencarian Anda di platform ini.

Selain dua platform di atas, Anda juga dapat menemukan asisten virtual eBay dari grup Facebook yang didedikasikan untuk penjual eBay yang melakukan dropshipping.

Sebagai contoh, grup ZIK Analytics di Facebook memiliki banyak asisten virtual berpengalaman sebagai bagian dari komunitasnya.

Anda dapat mempublikasikan pos mencari asisten eBay dan Anda akan dapat menjangkau banyak VA potensial dengan pengalaman yang cukup.

 

Proses Perekrutan 5 Langkah

5 step via hiring process

Mari kita beralih ke proses aktual perekrutan asisten virtual eBay untuk bisnis dropshipping Anda.

 

Langkah 1: Pembuatan Lowongan Pekerjaan

Posting your job

Langkah pertama untuk merekrut asisten virtual eBay adalah membuat postingan pekerjaan. Anda dapat memilih platform yang akan menargetkan keterampilan dan bakat yang Anda butuhkan dari seorang asisten penjualan eBay.

Postingan pekerjaan harus berisi deskripsi pekerjaan yang rinci.

Jelaskan dengan jelas keterampilan apa yang Anda cari dalam seorang asisten virtual eBay. Dengan menetapkan harapan Anda dari awal, Anda akan dapat menyaring pelamar dan memastikan Anda mendapatkan asisten virtual yang tepat untuk pekerjaan tersebut.

Selain memilih seorang eBay VA berdasarkan keterampilan, pastikan bahwa mereka memiliki koneksi internet yang baik.

Layanan asisten virtual profesional harus dilengkapi dengan PC, tablet, atau perangkat apa pun yang memungkinkan mereka untuk melakukan tugas-tugas harian.

 

Langkah 2: Penyaringan Pelamar

Screening applicants

Jika Anda ingin menjalankan toko online yang sukses, Anda perlu memilih asisten virtual eBay yang paling berkualifikasi. Anda dapat menyaring pelamar berdasarkan beberapa faktor:

  • Kemahiran dalam bahasa Inggris penting. Komunikasi menjadi penting saat mempekerjakan asisten virtual dan kemahiran berbahasa sangat penting untuk itu.
  • Usaha yang mereka lakukan dalam menulis surat lamaran kerja juga krusial. Ini mencerminkan komitmen mereka terhadap pekerjaan dan perhatian terhadap detail. Ini adalah kualitas penting yang Anda butuhkan dalam seorang asisten virtual eBay.
  • Tingkat pengalaman asisten virtual penjual eBay merupakan keuntungan. Jika Anda dapat menemukan seseorang dengan pengalaman dalam dropshipping, itu sangat menguntungkan dalam mengembangkan akun eBay Anda.

 

Setelah Anda membuat daftar pendek asisten virtual, Anda dapat menyiapkan wawancara Skype.

 

Langkah 3: Proses Wawancara

The interview process

Seperti yang disebutkan di atas, Anda perlu melakukan wawancara tatap muka dengan calon asisten virtual Anda. Anda dapat melakukan pertemuan di Skype.

Tujuan dari pertemuan ini adalah untuk mempelajari lebih lanjut tentang kualifikasi dan pengalaman setiap pelamar. Pada saat yang sama, Anda perlu memperhatikan beberapa hal yang akan membantu Anda menemukan kandidat terbaik:

  • Periksa siapa yang datang tepat waktu untuk pertemuan
  • Periksa kualitas koneksi internet mereka
  • Periksa setup kerja mereka
  • Periksa tingkat kecakapan berbahasa Inggris mereka
  • Periksa motivasi mereka untuk bekerja dan kenali mereka secara pribadi

 

Sulit mengetahui keahlian seseorang sebagai asisten virtual dari satu wawancara video. Oleh karena itu, langkah berikutnya dari proses perekrutan sangat penting untuk menemukan asisten yang tepat untuk bisnis penjualan eBay Anda.

 

Langkah 4: Pengujian

Testing your vas

Bagian ini sangat penting dalam menemukan asisten virtual eBay terbaik.

Uji keterampilan VA dengan memberikan mereka pekerjaan uji. Saat menilai kualitas pekerjaan mereka, fokus pada tiga faktor penting:

1) apakah mereka memahami instruksi, dan

2) kemampuan untuk memenuhi tenggat waktu, dan

3) kualitas output pekerjaan.

Anda juga dapat menyediakan materi pelatihan untuk asisten virtual eBay yang telah Anda pilih untuk pekerjaan ini. Materi pelatihan harus dapat mendukung keterampilan dan tugas yang Anda perlukan setelah mereka resmi dipekerjakan.

Anda dapat merekam video yang dapat mereka tonton kapan saja, yang menjelaskan tugas yang perlu mereka lakukan. Gunakan loom.com untuk merekam tutorial video.

Anda juga dapat menuliskan brief rinci dengan instruksi tentang cara melaksanakan tugas tertentu. Berikan akses kepada mereka ke lembar CSV yang dapat Anda periksa nantinya untuk mengevaluasi hasil kerja mereka.

 

Langkah 5: Pekerjakan Asisten Virtual eBay

Hiring your virtual assistant

Setelah wawancara dan pekerjaan uji, Anda dapat mengevaluasi hasilnya dan mempekerjakan seorang asisten virtual (atau dua). Ini tergantung pada anggaran Anda dan seberapa banyak waktu yang dapat Anda alokasikan untuk proses perekrutan.

Beritahu asisten virtual Anda bahwa mereka berada dalam periode percobaan. Berikan mereka beberapa minggu atau sebulan untuk bekerja untuk Anda sehingga mereka dapat berintegrasi dengan lebih baik.

Periode percobaan ini akan memberi Anda waktu untuk sepenuhnya menilai kemampuan mereka sebelum Anda memutuskan siapa yang akan tetap untuk jangka panjang (jika Anda hanya memiliki anggaran untuk satu asisten penjual eBay).

 

Mengelola Asisten Virtual Setelah Penerimaan

Pekerjaan Anda belum selesai setelah Anda mempekerjakan asisten virtual eBay Anda. Anda perlu mengembangkan sistem yang efisien untuk memaksimalkan layanan asisten virtual guna mengembangkan bisnis Anda.

Pantau kinerja VA secara berkala. Jika Anda dapat melakukannya setiap hari, itu bahkan lebih baik. Minta mereka untuk mengisi lembar CSV saat melakukan riset produk dan pasar.

Anda dapat memeriksa ulang hasil riset mereka melalui lembar CSV dan melacak seberapa baik produk-produk ini performa di toko online Anda.

Hitung angka-angka untuk menentukan keuntungan yang Anda peroleh dari produk-produk yang dicantumkan oleh asisten virtual Anda. Tujuan Anda adalah menghasilkan lebih banyak keuntungan daripada uang yang Anda bayarkan untuk gaji eBay VA Anda.

Ini adalah cara terbaik untuk menentukan apakah ada pengembalian investasi untuk layanan asisten virtual.

Sebagai contoh, asisten virtual Anda telah mencantumkan 810 produk dan menghasilkan 220 penjualan dari produk tersebut. 220 produk yang terjual setara dengan penjualan senilai $750.

Jika gaji bulanan VA Anda adalah $400, ini berarti Anda menghasilkan keuntungan sebesar $350 per bulan.

Kinerja penjualan e-commerce sebenarnya akan bervariasi berdasarkan niche dari toko eBay Anda, tetapi Anda mendapatkan ide tentang cara melacak dan mengevaluasi kinerja seorang VA.

Anda dapat melihat panduan lengkap tentang cara mempekerjakan asisten virtual untuk bisnis eBay Anda dalam video dari ZIK Analytics.

 

FAQs tentang Mempekerjakan dan Melatih Asisten Virtual eBay

Apa yang sebenarnya dilakukan oleh seorang asisten virtual?

Asisten virtual eBay dapat melakukan berbagai tugas yang Anda butuhkan untuk mengembangkan bisnis Anda. Mereka dapat dilatih untuk membantu membuat daftar produk, melakukan riset pasar, mengelola email, atau tugas-tugas dasar untuk mengelola akun penjual eBay Anda.

 

Bagaimana cara menemukan asisten eBay?

Anda dapat menemukan asisten virtual berbakat dari platform online seperti Upwork dan OnlineJobs.ph. Ada juga grup Facebook khusus di mana Anda dapat menemukan dan mempekerjakan asisten virtual eBay.

 

Berapa biaya untuk menyewa asisten virtual untuk eBay?

Asisten virtual dapat membebankan biaya antara $1 hingga $20 per jam. Ini akan bervariasi berdasarkan pengalaman dan keahlian VA yang Anda pilih, serta lingkup tugas yang Anda tentukan untuk mereka lakukan.

 

Bagaimana cara saya mempekerjakan asisten virtual eBay yang baik?

Anda perlu mengikuti proses perekrutan dan pelatihan yang tercantum di sini. Penting untuk menyaring pelamar Anda dengan benar, jadi memberi mereka pekerjaan uji adalah cara yang bagus untuk menilai keterampilan dan pengetahuan mereka dalam mengelola bisnis eBay.

×

Start your eCommerce Journey with ZIK

Start your eCommerce Journey with ZIK

Start your eCommerce Journey with ZIK