Poshmark vs. eBay

Platform belanja online dan aplikasi telah meledak ke popularitas dalam beberapa tahun terakhir, dan mengapa tidak, ketika mereka membuat pengalaman menjadi lebih nyaman dan mudah baik untuk pembeli maupun penjual.

Namun, dengan begitu banyak situs dan platform penjualan di luar sana, memilih salah satunya untuk memulai dapat menjadi menakutkan, terutama mengingat fakta bahwa platform yang Anda pilih dapat memiliki dampak terbesar pada kesuksesan Anda.

Entri ini akan membahas dua platform terbesar untuk menjual pakaian baru dan bekas secara online; Poshmark dan eBay. Manakah yang lebih baik?

Platform mana yang sebaiknya Anda pilih? Berikut adalah pandangan mendalam tentang penjualan di Poshmark vs eBay.

 

Poin Penting

  • ✔ Evaluasi Poshmark dan eBay berdasarkan demografi pembeli, batasan penjualan, biaya, kebijakan pengiriman, dan kemudahan penggunaan.
  • ✔ Pertimbangkan fitur dan audiens unik dari masing-masing platform untuk menentukan mana yang sesuai dengan kebutuhan penjualan Anda.

 

Sebelum Memulai

  • ✔ Pahami pasar target Anda dan jenis produk yang ingin Anda jual.
  • ✔ Kenali struktur biaya dan proses penulisan masing-masing platform dengan baik.

 

 

Membandingkan Poshmark dan eBay

Apakah Anda mencari sampingan dan ingin menghasilkan uang dari pakaian bekas Anda, atau menjadikan penjualan pakaian sebagai pekerjaan penuh waktu, Anda memerlukan platform yang akan membantu Anda memaksimalkan potensi Anda.

Setiap platform memiliki serangkaian nuansa tertentu yang membuatnya sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda.

Untuk membantu memahami dua pasar online ini, Anda perlu menguji mereka dengan menggunakan faktor-faktor berikut:

  • Demografi Pembeli dan Batasan Geografis
  • Batasan Penjualan
  • Biaya Penayangan
  • Biaya Penjualan
  • Biaya Pengiriman (dan kebijakan lainnya)
  • Kemudahan Penggunaan
  • Layanan Pelanggan

 

Demografi Pembeli

Didirikan pada tahun 1995, eBay jauh lebih tua dan memiliki lebih banyak pengguna aktif, yaitu sekitar 132 juta pada tahun 2022. Poshmark, di sisi lain, memiliki sekitar 80 juta pengguna aktif, yang cukup besar mengingat platform ini baru didirikan pada tahun 2011.

Poshmark telah menetapkan kehadiran yang kuat sebagai platform penjualan dalam jangka waktu yang singkat, dan tren pertumbuhannya terus meningkat setiap tahun.

Di sisi lain, eBay mengalami penurunan yang signifikan dalam jumlah pengguna aktif, meskipun masih memimpin persaingan dengan selisih yang cukup besar.

Antara kedua platform penjualan ini, eBay jelas unggul, karena dapat membantu Anda mencapai sebanyak mungkin pelanggan yang Anda inginkan.

 

Batasan Geografis

Hal lain yang perlu Anda pertimbangkan adalah batasan geografis, karena ini dapat memengaruhi jumlah orang yang dapat melihat dan membeli barang Anda.

eBay adalah platform penjualan global, artinya Anda tidak terbatas hanya pada negara tempat Anda menjual, pembeli yang tertarik dari sisi lain dunia dapat melihat dan membeli barang Anda.

Meskipun begitu, tidak jarang melihat daftar eBay di daftar Poshmark juga. Mengapa? Nah, dengan alasan yang jelas – semakin banyak orang yang dapat melihat daftar Anda, semakin besar peluangnya untuk dijual.

 

Batasan Penjualan

Juga, hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah pembelian pembeli. Meskipun eBay unggul jauh dari Poshmark dalam hal pengguna aktif, hanya segelintir pengguna tersebut yang benar-benar mencari pakaian dan aksesori fashion.

Poshmark, bagaimanapun, sepenuhnya terfokus pada penjualan pakaian, pakaian fashion, aksesori, dan sepatu. Baru-baru ini mereka mulai memperbolehkan penjualan elektronik dan barang rumah tangga.

eBay, di sisi lain, memungkinkan Anda menjual apa pun dan segala sesuatu di bawah matahari, tidak ada batasan sama sekali.

Inilah sebabnya Anda dapat melihat kolektor vintage dan langka di platform penjualan ini, seperti kartu Pokemon, kartu NBA, koin kuno, poster film lama, konsol game vintage, tiket olahraga, memorabilia yang ditandatangani, surat kabar lama, dll.

Sebagai penjual eBay, Anda dapat menjual pakaian dan bahkan barang langka yang Anda sukai.

 

Biaya Penayangan

Listing Fees

Biaya Pendaftaran eBay

Penjual mendapatkan 50 pendaftaran gratis setiap bulan di toko eBay. Setelah itu, Anda harus membayar untuk setiap pendaftaran tambahan di eBay.

Biaya pendaftaran adalah aspek penting yang perlu Anda pertimbangkan ketika Anda ingin mendaftarkan puluhan barang di platform tersebut.

Pendaftaran di eBay, bagaimanapun, cukup rinci dan memakan waktu, karena ada beberapa langkah yang harus Anda lalui untuk mendaftarkan barang. Sebagai penjual eBay, Anda juga dapat memilih apakah akan melelang barang atau tidak.

 

Pendaftaran gratis Poshmark

Di sisi lain, Poshmark menawarkan pendaftaran gratis setiap bulan, dan penjual dapat mendaftarkan sebanyak yang mereka inginkan.

Proses pendaftaran dibuat lebih mudah melalui aplikasi, yang harus Anda lakukan hanyalah mengambil foto barang Anda menggunakan smartphone, menulis deskripsi yang baik, mengetuk beberapa tombol, dan voila!

Barang Anda telah terdaftar.

Fitur penjualan Poshmark juga cukup menarik. Mereka menampilkan barang; penjual dapat memberikan diskon untuk pembelian lebih dari satu, menawarkan diskon pribadi, dan bahkan membagikan barang langsung dengan orang yang berminat.

Juga, mereka melindungi pembeli dengan menawarkan otentikasi gratis untuk barang dengan harga lebih dari $500, yang merupakan fitur yang sangat baik yang memberikan kepercayaan kepada pembeli untuk pembelian besar mereka.

 

Biaya Penjualan

Faktor lain yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih platform penjualan adalah biaya penjual.

Seller Fee

Biaya eBay yang Berharga

Biaya eBay biasanya tergantung pada barang yang dijual. Untuk pakaian, mereka mengenakan biaya tetap sebesar 10%, dan penjual harus menutupi Biaya PayPal sebesar 3% juga.

Ini adalah total potongan sebesar 13% dari penjualan Anda, biaya eBay cukup adil mengingat eksposur dan perhatian yang dapat Anda dapatkan dari platform dan layanan mereka.

 

Biaya penjualan berat Poshmark

Biaya Poshmark, di sisi lain, cukup besar, karena mereka mengenakan biaya sebesar 20% dari setiap penjualan yang Anda buat. Ini berarti Anda hanya akan mendapatkan potongan sebesar $16 untuk penjualan $20 yang Anda lakukan.

Item di bawah 15%, bagaimanapun, memiliki biaya penjualan tetap sebesar $2.29.

Inilah mengapa penjual menetapkan harga barang mereka lebih tinggi dari harga sebenarnya, untuk mengompensasi biaya penjualan Poshmark.

 

Biaya Pengiriman

Shipping Fees

Pengiriman Poshmark

Poshmark menyederhanakan proses pengiriman; harga pengiriman Poshmark adalah $4.99 untuk pesanan di atas $25 dan $6.99 untuk biaya pengiriman pada semua pesanan.

Mereka juga memiliki label pengiriman pra-bayar standar yang mencakup paket yang tidak melebihi 2 lbs.

Pengguna juga dapat meningkatkan label mereka jika melebihi 2 lbs.

Pengiriman pakaian dan item fashion dengan Poshmark juga dibuat lebih mudah, karena semuanya langsung menuju kotak USPS Priority Mail, dan Anda dapat menggunakan label pengiriman yang akan mereka kirimkan kepada Anda.

Artinya, Anda dapat mengantarkannya ke lokasi pengambilan USPS mana pun.

 

Pengiriman eBay

Namun, eBay adalah cerita yang berbeda; mereka sebenarnya memberikan opsi pengiriman yang berbeda kepada penjual, dan berbagai cara untuk menghitung biaya pengiriman (berdasarkan ukuran paket pembeli, kode pos, dll.), Anda juga dapat menawarkan pengiriman gratis atau berbayar.

Penjual dapat menanggung biaya pengiriman, yang dapat memudahkan penjualan item di bawah $15.

Secara keseluruhan, pilihan yang lebih baik dalam hal pengiriman tergantung pada total biaya (dan berat) produk.

Poshmark menawarkan proses yang lebih sederhana, tetapi bisa dengan mudah membuat pembeli enggan membeli item dengan harga rendah.

Opsi pengiriman eBay mungkin agak kompleks, tetapi setidaknya, Anda memiliki opsi.

Namun, kebanyakan pembeli senang melihat banyak penjual menawarkan pengiriman gratis di platform tersebut.

 

Kemudahan Penggunaan

Kemudahan penggunaan bagi penjual juga merupakan faktor yang sangat penting untuk dipertimbangkan.

Tentu saja, Anda akan banyak bekerja pada platform penjualan manapun yang Anda pilih, mulai dari mengambil dan memposting foto, membuat deskripsi barang, menjawab pertanyaan, mengemas barang, pengiriman, dll.

Itu banyak pekerjaan untuk hanya satu item, dan jika Anda memiliki banyak daftar, Anda akan melakukan semua hal tersebut beberapa kali. Inilah mengapa kemudahan penggunaan platform sangat penting.

 

Proses yang disederhanakan oleh Poshmark

Poshmark awalnya adalah aplikasi, yang membuatnya lebih mudah digunakan; mulai dari mengambil foto barang Anda dan mendaftarkannya di platform. Pada dasarnya, Anda dapat melakukan semua hal hanya dengan smartphone Anda.

Namun, orang (pembeli) seringkali akan melihat barang-barang yang baru saja diposting di aplikasi Poshmark mereka.

Inilah mengapa jika Anda ingin barang Anda terlihat, Anda harus mempostingnya secara teratur, dan Anda harus aktif di aplikasi Poshmark.

Dan itu memerlukan banyak waktu dan usaha.

 

Daftar barang berkategori di eBay

Di sisi lain, eBay menampilkan daftar barang dalam kategori dan subkategori. Hal ini membuat proses pendaftaran menjadi lebih rumit, tetapi pastikan bahwa orang yang tertarik pada barang Anda pasti akan melihatnya berdasarkan kategori yang Anda input.

Ini berarti pekerjaan pemeliharaan yang lebih sedikit dari pihak Anda.

Selain itu, eBay memungkinkan Anda menggunakan fitur Easy Pricing mereka, yang menurunkan harga barang Anda jika tidak terjual dalam 5 hari.

Ini membuatnya jauh lebih nyaman daripada mengunggah ulang barang yang sama dan mengubah harganya hanya untuk mendapatkannya terjual.

 

Proses pembayaran

Dalam hal pembayaran, Poshmark unggul dalam kategori ini, karena pembayaran Anda diproses segera setiap kali Anda melakukan penjualan.

Anda hanya perlu menunggu tiga hari untuk menerima barang, setelah itu, proses pembayaran secara otomatis disetujui.

Ini berarti Anda tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan uang Anda.

Pembayaran eBay, di sisi lain, sedikit lebih lambat. Setelah penjualan atau pelelangan suatu barang, Anda harus menunggu pembeli membayar.

Jika pembeli atau pemenang lelang tidak membayar, maka Anda harus mengirim email kepada mereka atau mengirimkan faktur kepada mereka untuk memberi tahu (mengingatkan) mereka tentang pembayaran mereka.

Selain itu, Anda harus membuka kasus terhadap pembeli jika mereka membuang-buang waktu Anda.

 

Layanan pelanggan

Layanan pelanggan Poshmark dilakukan melalui email, yang dapat memakan waktu hingga beberapa hari untuk direspon, dan sayangnya, sebagian besar tanggapan mereka cukup generik.

Ini bisa menjadi masalah yang menantang jika Anda menghadapi masalah dengan daftar, pembayaran, dll.

Di sisi lain, eBay menawarkan layanan pelanggan melalui telepon, yang berarti Anda dapat berbicara dengan seseorang dan mendapatkan jawaban untuk pertanyaan Anda serta menyelesaikan masalah Anda sesegera mungkin.

Para perwakilan layanan pelanggan mereka tersedia melalui telepon mulai pukul 5 pagi hingga 10 malam.

Ketika membahas pengembalian dan pengembalian dana, Poshmark menghemat Anda dari masalah apa pun segera setelah pembeli menerima barang Anda.

Uang langsung masuk ke akun Poshmark Anda kecuali jika pembeli membuka kasus terhadap Anda (untuk produk yang disajikan secara tidak benar, barang rusak, dll.).

eBay di sisi lain, menawarkan opsi pengembalian opsional. Penjual tidak diwajibkan untuk menawarkan pengembalian.

Namun, Paypal memungkinkan pengembalian dalam waktu 180 hari, terlepas dari apakah Anda dengan jelas menyatakan: “tidak menerima pengembalian” pada daftar Anda.

 

Apa yang Harus Dihindari

  • ✘ Hindari mengabaikan audiens khusus dan kekuatan masing-masing platform.
  • ✘ Jangan mengabaikan dampak biaya dan kebijakan pengiriman pada keuntungan Anda.

 

Cara Mencegah Masalah

  • ✔ Rutin perbarui pengetahuan Anda tentang kedua platform untuk tetap bersaing.
  • ✔ Pantau kinerja penjualan dan umpan balik pelanggan Anda di setiap platform.

 

Kesimpulan

Poshmark benar-benar membuat proses penjualan barang menjadi lebih mudah dan nyaman, mulai dari penulisan daftar, pengiriman, hingga pemrosesan pembayaran.

Selain itu, bundling barang juga jauh lebih mudah di Poshmark, yang dapat dengan mudah menarik minat pembeli Anda.

Proses pengembalian juga sangat mudah, karena mereka dapat menangani segalanya untuk Anda.

Tantangan terbesar dalam platform penjualan ini, bagaimanapun, adalah biaya penjualan dan biaya pengiriman. Tarif mereka cukup besar, dan pembeli dapat dengan mudah merasa terhalang oleh biaya pengiriman yang mahal untuk beberapa barang.

Penjualan di eBay jauh lebih mudah, Anda akan disediakan dengan alat dan audiens untuk barang Anda, dan pembeli di seluruh dunia akan memiliki banyak opsi pembelian dan pengiriman.

Namun, proses penulisan daftar dapat rumit dan membutuhkan waktu, biaya dapat sulit dihitung, dan pembeli dapat mundur, yang dapat menyebabkan banyak stres untuk ditangani.

Tidak lupa bahwa Anda selalu berada di bawah kebijaksanaan umpan balik pelanggan, yang dapat berdampak pada penjualan Anda.

 

Jadi, mana yang sesuai untuk Anda?

Keduanya, Poshmark dan eBay, adalah platform penjualan yang hebat, masing-masing dengan kelebihan mereka sendiri.

Jika Anda menginginkan proses yang disederhanakan dan disederhanakan, maka Poshmark adalah pilihan yang tepat. Ini lebih mudah digunakan dan pilihan yang lebih baik untuk penjual pemula.

Tetapi jika Anda ingin barang-barang Anda mencapai skala global, Anda tidak keberatan sedikit bekerja, dan Anda ingin menghemat uang pada setiap barang yang dijual, maka eBay menang.

Namun, siapa bilang Anda harus membatasi diri hanya pada satu platform penjualan?

Jika Anda serius tentang menghasilkan dari pekerjaan sampingan Anda atau menjadikannya sumber penghasilan utama Anda, maka Anda tidak keberatan melakukan pekerjaan di kedua platform, bukan?

Sebenarnya, sebagian besar penjual menampilkan item yang sama di kedua platform.

 

Ingin membandingkan marketplace lainnya? Lihat panduan-panduan berguna ini:

 

 

×

Start your eCommerce Journey with ZIK

Start your eCommerce Journey with ZIK

Start your eCommerce Journey with ZIK