Panduan Promosi Listing eBay untuk 2023

Promosi listing eBay memungkinkan penjual baru maupun berpengalaman memanfaatkan kekuatan lalu lintas berbayar untuk mendapatkan lebih banyak penjualan di toko eBay Anda.

Melakukan ini dengan benar dapat mengubah toko dari tidak melakukan penjualan sama sekali, menjadi toko yang melakukan penjualan secara konsisten hanya dengan beberapa klik mouse.

Dengan semua yang dikatakan ini, ini tidak semudah hanya menyalakan promosi listing dan menunggu lalu lintas datang, ada strategi khusus yang kami suka terapkan yang memungkinkan kami mengetahui kapan dan mengapa menggunakan promosi listing, dan kapan sebaiknya benar-benar melewatkannya.

Artikel ini akan membahas proses kami untuk berhasil menggunakan promosi listing eBay untuk mengembangkan toko-toko kami, dan akan merinci 5 tips eksklusif untuk mendapatkan yang terbaik dari promosi listing eBay.

Apa itu promosi listing

5 tips promosi listing
#1: Tentukan tujuan Anda
#2: Buat listing Anda menonjol
#3: Promosikan listing yang sedang tren
#4: Unggah listing secara massal
#5: Tinjau laporan rinci

Cara Menyiapkan Promosi Listing

Langkah 1: Kunjungi dasbor periklanan
Langkah 2: Pilih jenis kampanye
Langkah 3: Pilih tarif iklan
Langkah 4: Strategi Penawaran Promosi Listing
Langkah 5: Periksa lalu lintas toko Anda

FAQ’s

Apakah promosi listing efektif?
Siapa yang memenuhi syarat untuk promosi listing?
Bagaimana cara mempromosikan listing harga tetap?
Manfaat dari promosi listing eBay
Perbedaan antara listing organik dan promosi listing

 

Apa itu promosi listing eBay?

what are promoted listings

Menurut eBay, standar promosi listing membantu produk Anda menonjol di antara miliaran listing di jaringan eBay dan dilihat oleh jutaan pembeli aktif ketika mereka menjelajah dan mencari apa yang Anda jual.

Ketika Anda menggunakan standar promosi listing eBay, produk Anda hampir selalu menjadi yang pertama muncul dalam hasil pencarian ketika pengguna mencari kata kunci tertentu, terutama dibandingkan dengan listing organik.

Ini berarti bahwa ketika Anda mempromosikan listing, Anda akan menarik lebih banyak pembeli, dan akhirnya, lebih banyak penjualan. Bahkan, kami belum menyentuh bagian terbaiknya.

Bagian terbaiknya adalah bahwa Anda hanya membayar untuk promosi listing Anda saat Anda benar-benar mencapai penjualan.

 

5 Tips Unggul untuk Sukses dengan Promosi Listing eBay

Sekarang setelah kita telah membahas pertanyaan dasar tentang promosi listing, mari kita masuk ke dalam tips eksklusif kami agar Anda dapat memaksimalkan hasil dari iklan standar promosi listing Anda!

Tidak ingin membaca? Tidak masalah, Anda dapat menonton video lengkap di sini

 

 

Tip #1: Pertimbangkan Tujuan yang Ingin Anda Capai dengan Promosi Listing

Untuk tip pertama, kami ingin Anda terjun sepenuhnya ke dalam promosi listing, dengan keyakinan untuk mengetahui bahwa kami di sini untuk membimbing Anda melalui proses ini dan memberi Anda pengetahuan untuk melakukannya dengan sukses!

Jadi, hal pertama yang harus dipikirkan ketika Anda memulai dengan promosi listing adalah memiliki tujuan yang definitif ketika Anda menggunakan promosi listing dan menyiapkan kampanye yang mencerminkan tujuan tersebut.

Ini dapat berhasil, baik itu berdasarkan kategori merek, tingkat harga, atau musiman, pastikan Anda mengelompokkannya bersama-sama karena ini akan memudahkan untuk mengukur kinerja dan visibilitas.

 

Tip #2: Menonjolkan Listing Anda dengan Listing yang Hebat

Menonjol dari pesaing Anda adalah KEHARUSAN untuk bersaing dalam lanskap yang kompetitif di eBay.

Bagaimana caranya?

Nah, kami telah mencoba membuat proses ini se-sederhana mungkin untuk Anda.

Anda dapat melihat video ini jika Anda ingin mengetahui cara membuat listing Anda menonjol, tetapi kami menyentuh beberapa poin di bawah ini.

 

Bagaimana cara membuat listing eBay yang hebat?

Judul produk yang baik

Tentu saja, produk Anda tidak akan menarik calon pelanggan tanpa judul yang kuat. Judul yang kuat seharusnya singkat dan langsung serta mencakup semua kata kunci yang sedang dicari pembeli.

Selain itu, meningkatkan judul dengan menggunakan alat seperti Zik’s Title Builder adalah suatu keharusan.

Maksimalkan semua 80 karakter yang diberikan kepada kita dan yang paling penting, selalu periksa kekuatan judul dan ketahui di mana perlu ditingkatkan sesuai dengan musim, liburan, dll.

 

Penelitian Pasar eBay Berkualitas

Produk yang Anda pilih untuk toko Anda adalah hal paling penting untuk profitabilitas bisnis Anda.

Mengetahui cara mengevaluasi kualitas produk, volume penjualan, profitabilitas tanpa pernah melihat produk tersebut memerlukan banyak pembelajaran dan pengalaman dari Anda.

 

product research tool

 

Layak untuk dilihat karena ada ratusan ribu pemasok untuk dipilih, dan banyak produk untuk dijual, itulah mengapa Anda harus memilih opsi terbaik di antara semuanya.

Seperti yang dapat Anda lihat, Alat Penelitian Produk Zik Analytics adalah alat yang luar biasa! Ini menyediakan segala yang Anda butuhkan untuk membangun mesin penjualan di eBay.

Manfaatkan sekarang!

 

Listing & Strategi Lalu Lintas

Seperti halnya dengan setiap toko, terkadang Anda perlu tahu bagaimana menarik pelanggan ke toko Anda. “Produk lalu lintas” adalah salah satu cara umum.

Tetapi, apa itu produk lalu lintas?

Produk lalu lintas adalah produk yang, dalam kebanyakan kasus, akan menjadi produk yang sangat murah dan memiliki volume penjualan yang sangat tinggi.

Produk seperti ini akan menghasilkan lalu lintas organik ke toko Anda, yang dalam banyak kasus akan membuat pelanggan membeli lebih banyak produk dari Anda, meskipun mereka datang melalui kategori yang sama tetapi dari produk lain.

Anda dapat mengetahui lebih lanjut tentang produk lalu lintas untuk meningkatkan penjualan eBay Anda di sini.

listing strategy

Strategi Kerugian Terkendali

Sebuah strategi yang sering kami ajarkan disebut Strategi Kerugian Terkendali

Strategi ini pada dasarnya sama dengan strategi produk lalu lintas di atas, namun kami menjual produk ini dengan kerugian yang diharapkan (minimal).

Perbedaannya adalah bahwa dalam strategi ini, Anda akan sering menggunakan produk yang lebih mahal untuk menarik pelanggan yang lebih relevan sambil memanfaatkan promosi listing.

 

Deskripsi Produk

Deskripsi produk yang rinci adalah bagian yang penting dari setiap halaman produk.

Di halaman produk, Anda biasanya melihat gambar yang bagus dari produk, dan dalam banyak kasus, gambar ini berbeda dari gambar utama.

Anda juga melihat penjelasan tentang produk dan atributnya, dan terkadang penjelasan penggunaan yang mudah.

Anda juga dapat melihat semua kebijakan penjual tentang pembayaran, pengiriman, pengembalian, dan semua opsi yang ditawarkan kepada pelanggan Anda.

Deskripsi produk pada dasarnya merupakan tambahan yang menambahkan ke setiap halaman penjualan untuk membuatnya terlihat lebih profesional.

 

Branding Toko

Membuat merek untuk toko Anda adalah pekerjaan jangka panjang yang akan membangun reputasi Anda, dan membuat pelanggan kembali lagi dan lagi ke bisnis dan produk Anda.

 

Ini agak jelas, tetapi memasukkan produk yang terbukti laku dengan baik adalah cara terbaik untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan konversi yang lebih tinggi pada promosi listing Anda.

Bagaimana cara menemukan produk yang menguntungkan?

Kami memang punya kecenderungan, tetapi kami percaya ZIK Analytics adalah cara tercepat dan paling pasti untuk melakukan hal tersebut.

Periksa video berikut jika Anda tidak yakin bagaimana menggunakan ZIK Analytics untuk menemukan produk yang menguntungkan.

 

Tip #4: Unggah secara massal

Untuk tip berikutnya, jika penggunaan promosi listing di eBay benar-benar berhasil untuk Anda, Anda dapat mengunggahnya secara massal menggunakan file CSV.

Tidak ada aturan yang rumit dan, berbeda dengan metode CPC, Anda hanya membayar jika Anda melakukan penjualan.

eBay juga menawarkan fitur ‘Item Rekomendasi’ yang berguna dalam manajer kampanye Promosi Listing Standar yang terdapat di seller hub.

Ini menyoroti listing organik mana yang kemungkinan besar akan mendapatkan manfaat dari promosi. Jika suatu iklan berhasil, Anda bahkan dapat mempromosikannya secara internasional.

Penjual dapat mengiklankan di setiap pasar eBay yang mereka kirimkan.

Anda juga memiliki kendali penuh atas durasi kampanye Anda. Berhenti atau mulai iklan kapan pun yang Anda inginkan sehingga Anda juga memiliki kendali penuh atas biaya promosi listing standar Anda.

 

Tip #5: Laporan Rinci

Untuk tip terakhir kami, kami menyarankan Anda untuk menggunakan bagian laporan rinci di seller hub Anda.

Apa yang ada di dalam laporan rinci saya?

Data kinerja yang rinci siap digunakan untuk mengoptimalkan strategi kampanye Anda. Dasbor penjual Anda berisi:

✔️ Jumlah tayangan yang dihasilkan oleh iklan yang dipromosikan Anda

✔️ Klik dan tayangan dari calon pembeli pada listing yang dipromosikan Anda

✔️ Jumlah total listing yang dipromosikan yang menghasilkan penjualan

✔️ Tarif iklan untuk setiap item dan biaya iklan yang akan dibebankan

✔️ Total item yang dipromosikan yang dibeli dan jumlah yang diperoleh

Anda sebaiknya memantau metrik promosi listing ini dengan cermat saat melakukan percobaan untuk menyempurnakan kampanye Anda!

 

Cara Menyiapkan Promosi Listing eBay

Salah satu pertanyaan pertama yang mungkin Anda miliki adalah apakah sebaiknya Anda menaikkan atau menurunkan tarif iklan, dan apakah Anda perlu menyesuaikan tarif iklan?

Untuk menjawab ini, mari kita lanjutkan dan benar-benar atur kampanye promosi listing dari awal hingga akhir.

 

Langkah 1: Dari seller hub, pergi ke dasbor periklanan Anda

Dimulai dari seller hub kami dari dasbor kami, kita akan masuk ke pemasaran, yang berada di bagian atas halaman, dan dari sana, kita akan langsung klik dasbor periklanan.

 

Langkah 2: Pilih Tipe Kampanye Anda

Untuk langkah berikutnya ini, Anda dapat melihat bahwa Anda memiliki tiga opsi standar sebelum mengaktifkan promosi listing:

  • 🙂 Sederhana
  • 🛢️ Massal
  • 🤖 Otomatis

 

Sekarang, untuk panduan ini, kita akan menggunakan opsi sederhana, tetapi jangan khawatir – ini tidak berarti bahwa manfaat menggunakan promosi listing juga akan disederhanakan!

Kita akan menggunakan pengaturan sederhana karena ini adalah pilihan terbaik untuk penjual yang lebih memilih pengalaman yang dipandu, menarik pembeli menggunakan listing visual, dan untuk mengotomatisasi tarif iklan yang disarankan, serta fleksibilitas untuk memilih di antara listing dan strategi tarif iklan yang berbeda.

 

Setelah ini, mari kita lanjutkan dan klik “Buat Kampanye”.

create campaign

 

Langkah 3: Pilih tarif iklan Anda

suggested ad rate

Setelah mengklik “Buat Kampanye”, kita sebenarnya akan memilih semua listing Anda di seller hub.

ad rate strategy

Kemudian, di bagian bawah halaman, Anda sekarang akan mengklik “atur tarif iklan”.

Pada halaman berikutnya, sekarang kita akan mengklik “ubah strategi tarif iklan”. Kita akan menggunakan promosi listing rendah dan mengabaikan “terapkan tarif iklan yang disarankan” serta “sesuaikan opsi tarif iklan yang disarankan”, dan memilih “terapkan tarif iklan tunggal”.

apply single ad rate strategy

Karena kita hanya ingin menarik pembeli ke listing eBay Anda secara sederhana, kita akan menetapkan tarif iklan sebesar 2,5 persen untuk semua biaya iklan listing Anda.

Setelah Anda melakukan semua itu, klik terapkan dan Anda akan disambut dengan layar sukses yang mengkonfirmasi promosi listing Anda.

Di sana, Anda dapat melihat bahwa semua produk Anda memiliki tarif iklan 2,5 persen yang diterapkan pada mereka, serta bagian di mana biaya iklan dari tarif iklan dihitung dan di mana tarif iklan rata-rata yang terjual dapat dilihat.

Anda juga dapat melihat di sebelah kanan setiap produk tarif iklan yang disarankan untuk produk tertentu tersebut, tetapi sebenarnya tidak begitu diperlukan.

 

Langkah 4: Strategi Penawaran Promosi Listing

Selanjutnya, di bagian kanan bawah dasbor promosi listing Anda, klik tinjau yang akan membawa Anda ke layar ini.

new campaign name

Selama musim liburan, kita hanya ingin mendapatkan sebanyak mungkin tayangan! Di sini, Anda dapat memberi nama kampanye Anda, kita akan menggunakan “quarter-four Sunday” tetapi Anda praktis dapat memberi nama kampanye promosi listing Anda apa pun yang Anda inginkan. Setelah itu, cukup klik “Luncurkan”.

 

Langkah 5: Periksa lalu lintas toko Anda

Setelah meluncurkan kampanye promosi listing Anda, gulir ke bagian bawah dasbor iklan Anda dan pilih kampanye atau salah satu promosi listing yang dapat Anda gunakan untuk melihat statistik yang relevan untuk memantau promosi listing mana yang berperforma baik.

Anda juga dapat memilih “lalu lintas” pada menu drop-down “kinerja” dan melihat dasbor lalu lintas Anda.

review your traffic

Jadi, kita akan melihat semua data, mulai dari tayangan hingga tampilan halaman hingga jumlah terjual, dan sebagainya. Dan di sini, kita juga memiliki tayangan organik serta tayangan yang dipromosikan.

Anda dapat melihat persentasenya juga.

Sekarang, pada grafik, Anda dapat melihat bahwa bagian hijau mewakili promosi listing dan bagian biru mewakili listing organik sehingga Anda dapat mengkaji efektivitas promosi listing Anda.

Kemudian kami memiliki tampilan halaman di bawahnya, dan di bawah itu, kami memiliki jumlah terjual.

 

Pemikiran Akhir

Menggunakan promosi listing eBay sebagai penjual di atas rata-rata atau penjual berperingkat tinggi dapat meningkatkan peluang Anda untuk menarik pelanggan karena kemampuannya untuk menampilkan produk Anda di bagian atas hasil pencarian.

Dengan semua yang telah dikatakan, Anda perlu diingat bahwa margin keuntungan Anda harus mencakup biaya iklan Anda sehingga Anda tidak berakhir dengan saldo negatif setelah memperhitungkan semua biaya (kecuali jika itu bagian dari strategi Anda).

Anda dapat mengontrol ini dengan menetapkan tarif iklan Anda rendah dan kemudian meningkatkannya satu persen setiap kali. Bahkan penawaran minimum 1% dapat meningkatkan penjualan eBay.

choosing ad rate

Kemudian, jika Anda merasa membayar terlalu banyak untuk promosi listing eBay, Anda dapat mengurangi biaya iklan Anda sebesar satu persen dan memantau penjualan Anda sesuai dengan itu.

Anda dapat menyesuaikan kampanye Anda sesuai dengan tujuan bisnis pribadi Anda. Hanya ingat untuk berpikir dalam jendela waktu 30 hari.

 

Pertanyaan Umum

 

Apakah mempromosikan listing di eBay efektif?

Seringkali orang bertanya-tanya apakah promosi listing benar-benar efektif. Jawabannya adalah ya!

Penting untuk menggunakan strategi yang disesuaikan dengan biaya produk dan harga penjualan Anda.

Ingatlah bahwa Anda hanya membayar sekali produk terjual, dan Anda menetapkan biaya iklan Anda sebelumnya. Karena Anda selalu tahu berapa biaya Anda, Anda dapat merencanakan harga Anda secara sesuai.

 

Siapa yang memenuhi syarat untuk promosi listing di eBay?

eBay memiliki batasan untuk siapa yang dapat menggunakan promosi listing eBay di toko eBay mereka. Hanya penjual berikut yang dapat mempromosikan listing eBay mereka:

  • Penjual Above Standard
  • Penjual Berperingkat Tinggi

 

Namun, jangan biarkan itu membuat Anda patah semangat!

Alasan situs eBay membatasi siapa yang dapat mengiklankan produk mereka menggunakan promosi listing adalah karena mereka ingin memastikan bahwa penjual terpercaya yang menjual produk berkualitas mendapatkan lebih banyak paparan dengan produk mereka muncul lebih sering kepada konsumen.

Jika Anda belum mencapai standar tersebut, Anda selalu dapat melakukan langkah-langkah untuk meningkatkan peringkat penjual eBay Anda dengan memberikan pelayanan pelanggan yang luar biasa dan menjual produk berkualitas, sehingga Anda juga dapat menikmati manfaat penjualan ekstra yang dapat terjadi dari mengiklankan listing eBay Anda!

 

Saya memiliki toko eBay di atas rata-rata/berperingkat tinggi, bagaimana cara mempromosikan listing dengan harga tetap?

Setelah Anda memenuhi standar eBay sebagai penjual di atas rata-rata atau berperingkat tinggi, maka Anda juga dapat menggunakan promosi listing! Belum mencapai standar tersebut?

Tidak masalah – eBay menghitung ulang peringkat penjual Anda pada tanggal 20 setiap bulan, sehingga Anda selalu dapat bekerja untuk memperoleh kepercayaan mereka.

Sekarang, dalam hal cara menetapkan harga item dengan tarif tetap, strategi yang bagus adalah menambahkan biaya promosi listing di atas harga jual akhir produk Anda.

Dengan cara ini, Anda tidak mengurangi keuntungan Anda, dan meskipun Anda mungkin melihat konversi yang lebih rendah dari beberapa pelanggan karena harga yang lebih tinggi – secara keseluruhan, Anda seharusnya melihat peningkatan penjualan karena paparan produk Anda yang lebih besar.

Dengan cara ini, Anda dapat mengimbangi biaya iklan promosi listing Anda, dengan menyerapnya dalam harga jual akhir. Kurangi kerugian dari biaya promosi listing dengan menetapkan harga produk Anda berdasarkan biaya promosi listing!

 

Apa keuntungan menggunakan Promosi listing eBay?

Meningkatkan Keterlihatan

Barang Anda lebih mungkin terjual ketika lebih banyak orang melihatnya. Promosi Listing Standar menempatkan barang Anda di depan lebih banyak pelanggan, dan dengan demikian, meningkatkan keterlihatan hingga 36 persen!

Bayar hanya untuk penjualan

Anda tidak akan dikenakan biaya sampai pembeli mengklik promosi listing Anda dan membeli barang yang dipromosikan dalam waktu 30 hari.

Penyiapan Terpandu

Alat bimbingan terintegrasi eBay membantu menghilangkan kebingungan dan menyarankan barang apa yang harus dipromosikan dan dengan biaya berapa.

Lebih baik lagi, memanfaatkan dan menggunakan alat-alat Zik Analytics yang tersedia juga akan membantu Anda mendapatkan hasil maksimal dari listing produk Anda dengan lebih cepat dan mudah!

 

Apa perbedaan antara Listing Organik dan Listing yang Dipromosikan?

Listing Organik

Listing organik atau produk organik pada dasarnya adalah hasil pencarian yang muncul di bawah iklan dalam pencarian mesin pencari biasa.

Listing atau situs web ini muncul berdasarkan kontennya, relevansinya, dan kualitas keseluruhan.

Listing yang Dipromosikan

Di sisi lain, listing yang dipromosikan atau listing berbayar adalah iklan yang selalu muncul di bagian atas hasil pencarian.

Seperti yang telah kita bahas pada bagian awal artikel, listing yang dipromosikan muncul di bagian atas karena memiliki biaya iklan yang, dalam hal ini, didasarkan pada tarif iklan eBay.

×

Start your eCommerce Journey with ZIK

Start your eCommerce Journey with ZIK

Start your eCommerce Journey with ZIK